om nedi : ayo om kita gabung ke cinere... kalo ga salah... ada rencana dabnyak yang mau datang kesana seminggu atau dua minggu kedepan
CENDOL (next progress)
- x wing
- Senior Airman

- Posts: 109
- Joined: 06 Mar 2007, 10:23
- Location: Pamulang
- Contact:
- iwan21
- Administrator

- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
nedi wrote:x wing wrote:progress: wing tip dah di pasang... aileron siap di aktifkan sesuai posisi (sayap jadi aga' lebar)
elevator & rudder deh di perlebar...
tapi sepertinya Prop nya harus pake prop elektrik deh biar daun prop nya aga' lebar, kemerin ini kan pake' prop engine yang daun nya kecil.... pengaruh kali yeee??
gimana menurut Om om pakar di sini ??
ya kemingkinan agak berat putarannya sehingga daya angkatnya kurang,
ah kapan2 saya mau main bareng juga nih dengan om x wing......
Sebenernya ada cara sederhana buat liat apa thrust yg dihasilkan cukup atau enggak buat pesawat ini :
1. Pesawatnya dg tangan.
2. Coba full throttle sebentar.
3. rasain apa ada tarikan yg cukup kuat dari porpeller.
4. kalo tarikannya terasa, maka dipastikan thrustnya cukup .
5. Kalo tarikan kurang terasa/lemah, maka thrust motor kurang, dg sebab :
a. Ukuran propeller gak cocok utk motor tsb (kombinasi pitch dan diameternya)
b. Propeller terlalu berat hingga motor enggak berputar maksimal
c. AUW terlalu berat
bang Nedi, putaran/rpm enggak berhubungan dg gaya angkat.
, putaran/rpm berhubungan dg thrust dan speed.- Syafik
- Major General

- Posts: 4021
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
- iwan21
- Administrator

- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Syafik wrote:Wah jadi agak2 ngerti dikit, maklum gak mudeng ilmu pesawat.
Kalau bandingannya motor yang menggunakan gearbox dan direct harusnya diberi beban propeler seperti apa bandingannya pak? apakah yang tanpa gearbox menggunakan prop lebih kecil diameter dan pitchnya dibanding yang dengan gearbox
Saya coba jawab ya om, kalo salah mohon dikoreksi
secara umum
1. Motor gearbox, mengkonversi rpm jadi torque (rpm tinggi-> torque kecil, sedang rpm rendah -> torque gede)
Nah karena low rpm high torque, maka motor dg gearbox mampu memikul propeller diameter besar dg pitch kecil.
Hasilnya adalah high thrust dan low speed.
Kalo dikasih prop diameter besar dg pitch juga besar,maka diperlukan power yg besar utk memutar nya
2. Motor direct drive, ,low torque karena high rpm maka hanya mampu memikul beban propeller diameter kecil dg pitch besar dan akan menghasilkan low thrust - high speed.
Kalo dikasih prop diameter kecil dg pitch kecil, perlu take off dg kecepatan tinggi (dg metode katapel)
Thrust diatas adalah static thrust, kalo dah terbang udah beda lagi karena pengaruh gerak laju pesawat, hambatan udara dll.
diatas saya tulis secara umum, karena ada pengecualian untuk motor brushless outrunner
Brushless outrunner ada 2 macem :
1. Low KV (low rpm) ini ekivalen dg motor bergearbox
2. high kv (high rpm) ini ekoivalen dg motor direct drive
begitu yg pernah saya baca.
- x wing
- Senior Airman

- Posts: 109
- Joined: 06 Mar 2007, 10:23
- Location: Pamulang
- Contact:
om iwan thx bgt ya
a. Ukuran propeller gak cocok utk motor tsb (kombinasi pitch dan diameternya)
b. Propeller terlalu berat hingga motor enggak berputar maksimal
c. AUW terlalu berat
a. yap, ukuran ga sesuai karena aku pake prop engine yang daun nya kecil dan motor nya sepertinya lebih berat dari motor brushless 11,1Volt E-sky nya om HADI/gundul400
b. tepat sekali
c. AUW yang pastinya belum di timbang, kalau di timbang tangan siy sama dengan pesawat nya om Joko
dan sayap sudah menjadi lebar, karena wingtip dan trailingedge nya saudah terpasang
THX BGT ya om iwan, om... ikut ngumpul ke cinere dooonk
a. Ukuran propeller gak cocok utk motor tsb (kombinasi pitch dan diameternya)
b. Propeller terlalu berat hingga motor enggak berputar maksimal
c. AUW terlalu berat
a. yap, ukuran ga sesuai karena aku pake prop engine yang daun nya kecil dan motor nya sepertinya lebih berat dari motor brushless 11,1Volt E-sky nya om HADI/gundul400
b. tepat sekali
c. AUW yang pastinya belum di timbang, kalau di timbang tangan siy sama dengan pesawat nya om Joko
dan sayap sudah menjadi lebar, karena wingtip dan trailingedge nya saudah terpasang
THX BGT ya om iwan, om... ikut ngumpul ke cinere dooonk
- x wing
- Senior Airman

- Posts: 109
- Joined: 06 Mar 2007, 10:23
- Location: Pamulang
- Contact:
- Joker
- Senior Airman

- Posts: 100
- Joined: 24 Jul 2007, 11:56
- Location: Surabaya
- Contact:
- Redblur
- Captain

- Posts: 1655
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- coyo
- Chief Master Sergeant

- Posts: 808
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:

