Page 2 of 8
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 24 Dec 2011, 06:01
by handoyo6299
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 24 Dec 2011, 06:19
by handoyo6299
Cerita yang terpotong dilanjutken......
Besok sorenya, hari sabtu yang cerah, angin sangat-sangat bersahabat, sepertinya si gembul lagi males mainan baloon, jadi tidak ada angin sama sekali ( kok bisa ya... padahal di pinggir pantai... ) bersama om Bayu yang juga siap terbang, dan pak Agus yang sedang menata hati katanya, bersiap untuk terbang heli.

Sayap mulai dipasang.....

check and re-check... terbang dech.....
setelah dua menit terbang.........loh kok ESC cut off, ndak ada tenaga sama sekali.... hadooooohhhh piye iki.... upaya landing......
untunglah ketinggian cukup jadi bisa landing dengan selamat....
setelah di check lagi, didapati beberapa hal :
1. ESC Panass hampir ndak bisa dipegang
2. motor panasss
mulai bingung. padahal ukuran propeler digunakan 16x8, biasanya 17x8 paling setelah landing motor dan ESC anget.....
mohon bantuan saran pendapat, atas kebingungan ini,
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 24 Dec 2011, 08:45
by NF
kondisi prop yg diremake mungkin getar krn ga balance , rotasi motor / prop yg terhambat (nggepok ~jw) / seret bisa juga , coba bearing blnya ditetesin minyak mesin jahit S*ng*r dan coba tambah lobang angin yg bisa niup escnya
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 24 Dec 2011, 09:04
by Yagee
coba pak han di cek saat propnya berputar di 50% throttle dilihat dari samping apakah twist ( berbayang )??
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 24 Dec 2011, 09:20
by Budiman
Ijin menyimak,Mas Han..

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 24 Dec 2011, 09:31
by handoyo6299
NF wrote:kondisi prop yg diremake mungkin getar krn ga balance , rotasi motor / prop yg terhambat (nggepok ~jw) / seret bisa juga , coba bearing blnya ditetesin minyak mesin jahit S*ng*r dan coba tambah lobang angin yg bisa niup escnya
Pakdhe NF, siapppppp ini tak clingak clinguk untuk cari minyak siri ech.... minyak mesin jahitnya punya direktur dulu dech...h.e..he..h.e. matur nuwun.
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 24 Dec 2011, 09:33
by NF

....sami sami........
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 24 Dec 2011, 09:35
by handoyo6299
Yagee wrote:coba pak han di cek saat propnya berputar di 50% throttle dilihat dari samping apakah twist ( berbayang )??
Lah ini yang belum tahu... matur nuwun Pakdhe Yagee.. nanti sore tak incenge nek gitu... lah kalau twist.. terus diapain ya pakdhe, apa shaftnya harus dilurusin dulu.....
Sebagai informasi, motor shaft menggunakan adapter pada back motor, jadi nempel pada bell dibagian belakang body motornya.... wuah mumet daach....
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 24 Dec 2011, 09:38
by handoyo6299
Budiman wrote:Ijin menyimak,Mas Han..

Monggo suhu Budiman.... he..h.e.he ini berbagi pengalaman, siapa tahu berguna buat temen-temen semua.
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 24 Dec 2011, 09:43
by handoyo6299
NF wrote::thx

....sami sami........
Oh iya saya baru ingat... kondisi waktu menggunakan Propeler yang di revise pakai CA yg ukuran 17x8 malah oke Pakdhe, terbang sekitar 10 menit, waktu landing langsung check ESC, cuma anget, motor juga demikian, kalau battere, nyaman banget, adeeem.
ESC panas waktu menggunakan propeler baru ukuran 16x8 APC elektrik. pertanyaan berikut muncul :
apakah kalau propeler kita potong total 1" berarti 1/2" kiri-kanan, ( Jadi dari 16x8, jadi 15x.... ) lah sebenarnya pitchnya khan jadi malah berkurang juga yaa.. hmm. mohon pencerahan....