Page 2 of 7
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Posted: 22 May 2012, 13:26
by Abdinik
kemarin waktu akan naikan ketinggian saya mau geber throtle dulu suhu, tapi keburu pesawat melintir ke kanan.
throtle masih +/-65%, saya counter ke kanan tapi tetap ja akhirnya pesawat nyungsruk tanah...
mungkin kalo gak salah tangkap, dari penjelasan suhu semua
throtle kurang besar alias kurang power...akhirnya stall
dah gak sabar pengen praktekin apa wejangan dari para suhu, tapi harus sabar tunggu 2 minggu lagi.
karena hari minggu ini harus nyangkul di kebun dulu...
terima kasih suhu sudah mau berbagi ilmu kepada newbie seperti saya ini

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Posted: 22 May 2012, 13:33
by iwan21
adityabizz wrote:om iwan, ini pesawat nya kan pke aileron, mungkin ga ya kalo pas
berusaha untuk terbang lebih tinggi ga sengaja nggerakin aileron nya, jadinya guling kanan / kiri...?? nebak" aja sih..

kalo terbang lebih tinggi kan asumsinya pake elevator om
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Posted: 22 May 2012, 13:37
by adityabizz
0ooooo.....yayaya hehehehe
om abdinik coba pke pesawat yg kecil2an dl ukuranya macam keluaran nine eagle , kl jatuh ga parah2 amat rusaknya

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Posted: 22 May 2012, 16:37
by fadliray
Abdinik wrote:kemarin waktu akan naikan ketinggian saya mau geber throtle dulu suhu, tapi keburu pesawat melintir ke kanan.
throtle masih +/-65%, saya counter ke kanan tapi tetap ja akhirnya pesawat nyungsruk tanah...
mungkin kalo gak salah tangkap, dari penjelasan suhu semua
throtle kurang besar alias kurang power...akhirnya stall
dah gak sabar pengen praktekin apa wejangan dari para suhu, tapi harus sabar tunggu 2 minggu lagi.
karena hari minggu ini harus nyangkul di kebun dulu...
terima kasih suhu sudah mau berbagi ilmu kepada newbie seperti saya ini

jgn2 kena cross wind ga om??
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Posted: 22 May 2012, 16:45
by Abdinik
fadliray wrote:Abdinik wrote:kemarin waktu akan naikan ketinggian saya mau geber throtle dulu suhu, tapi keburu pesawat melintir ke kanan.
throtle masih +/-65%, saya counter ke kanan tapi tetap ja akhirnya pesawat nyungsruk tanah...
mungkin kalo gak salah tangkap, dari penjelasan suhu semua
throtle kurang besar alias kurang power...akhirnya stall
dah gak sabar pengen praktekin apa wejangan dari para suhu, tapi harus sabar tunggu 2 minggu lagi.
karena hari minggu ini harus nyangkul di kebun dulu...
terima kasih suhu sudah mau berbagi ilmu kepada newbie seperti saya ini

jgn2 kena cross wind ga om??
perkiraan awal saya seperti itu om, cross wind
tapi di bawah saya rasa angin tidak begitu kencang, tapi di atas mungkin juga...tapi ketinggian baru +/-4m
terima kasih suhu atas masukannya...

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Posted: 23 May 2012, 07:50
by ipin17
Rasanya pesawat ini karakternya mirip dengan fms big cessna, high wing tanpa dihedral, bedanya hanya piper j3 adalah tail dragger, benar gak?.
Seperti big cessna, pesawat ini float nya bagus, namun hati2 saat take off, jangan angkat elevator terlalu cepat walaupun sudah full throttle, apabila daya angkat msh belum cukup namun sudah dipaksa naik, memang dia akan naik, namun cenderung akan stall ke kiri atau ke kanan, untuk pilot yang mahir dengan koreksi aileron masih bisa naik walaupun sempoyongan, namun untuk pilot yang belum pengalaman hanya satu hasilnya, crash...
Solusinya cuman satu, biarkan dia rogging dulu dengan kecepatan full sampai kira2 cukup gaya angkat lalu naikkan elevator secukupnya sudah itu aja, bisa juga dilempar dengan kekuatan sedang dalam keadaan full throttle dengan sudut agak mendongak keatas sedikit saja, sisanya fun....fun....fun...
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Posted: 23 May 2012, 08:35
by topankaltim
Betul Suhu...itu tipikal banyak pesawat take off yang kurang daya angkat (lift) dipaksakan airborne akan berakhir wing tip stall walaupun power sudah digeber full, tapi kalo speed belum dapat pasti akan terjadi juga. TB 20 pun pernah saya uji coba dengan trotel kurang, saya paksa airborne akan cenderung mlintir kanan atau kiri, itu pun berlaku ketika landing flare speed..kalo dipaksa naik lagi...pasti akan terjadi mlintir juga..kayaknya memang sudah hukum alam
semoga tidak salah he..he...
salam
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Posted: 23 May 2012, 08:47
by topankaltim
nah ..sekarang yang menjadi pertanyaan....
gimana ya tahu kecepatan berapa itu pesawat udah bisa airborne atau belum?udah siap bisa di pencet itu gimbal elevator atau belum?
kalo saya.. ini kalo saya loh ya...newbie forever...jika memang belum tahu sama sekali karakter pesawat dan power yang di miliki...biasanya saya trim sedikit elevatornya agak mendongak sedikit(ilmu kira kira

) dan saya rogging full...selanjutnya saya biarkan itu pesawat airnborne sendiri...didapat kira kira berapa meter ngabisin lapangan ketika roda pesawat udah tinggal landas...sebelum lokasi itu yang saya tandai sebagai awal pencet gimbal elevator...yah..selisihnya gak jauh jauh amat biasanya..he...he...maklum ilmu sotoy..tapi yang penting tip stall yang bikin puyeng tidak terjadi..deket ground gicu loh....susah recoverynya..he..he...
salam
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Posted: 23 May 2012, 09:15
by ipin17
Menurut pengalaman saya sih, setelah beberapa detik rogging dengan kecepatan penuh, dengan bantuan elevator up sedikit saja, itu pesawat sudah naik, biarkan naik terus dalam keadaan full speed dengan menambah elevator sedikit, insya allah gak akan tip stall. Stall terjadi kalau baru saja pesawat lari full speed trus elevator up terlalu besar atau bahkan gimbal elevator di tarik full, yang lebih parah baru aja lari sudah full up elevator, pasti naik, tapi .....

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Posted: 23 May 2012, 10:41
by toto
selamat siang .... pemula ingin bagi pengalaman nih mohon maaf kalau tidak tepat apalagi salah .... ini juga saya loh yg masih pemula untuk memperhatikan apakah pesawat sudah mendapatkan lift yg cukup kalau diperhatikan keliatan dari pesawat gerakannya lebih enteng dengan diwakili akselerasinya yang nambah dengan posisi throttle yang sama .... kira2 gitu deh bener enggak sih ya. ......

..... mohon koreksinya para suhu nih
salam