Page 2 of 2

Re: EXTRA 260 crash

Posted: 14 Jan 2013, 09:27
by eki_sianto
sutavijaya wrote:Iya om eki,......padahal pilotnya sudah senior, itulah indahnya rc, kita selalu dituntut persiapan yang matang dengan segala perangkat yang harus terkontrol dan bisa memastikan semua perangkat layak untuk dioperasikan.
Dulu persis saya alami seperti ini, ternyata servo aileron ngelock karena gear rompal dan tidak bisa ke posisi semula, padahal cuma satu servo bermasalah berakibat fatal satu unit pesawat crash.
Terimakasih om sudah mampir, salam buat rekan2 di sampit
:aji2 :aji2 :aji2 :aji2


Iya om dan thanks udah menerima ane bergabung, ane jg pernah ngalamin hal yg sama jg om servo ngelock, tapi untungnya ketahuan saat prepare saat pengecakan rutin saat sebelm take off, saat itu ane ngelakukan sicklik dan servo elevator gak mau kembali kesemula, dan beruntung tidak terjadi saat terbang,
Ane blm lihat komunitasnya di sampit om, paling ane kalau mau gabung nimbrung ke palangka atau ke banjar om (padahal blm pernah kesana), ane masih main sendiri di sampit om (mungkin blm tahu kali ya kalau udah ada komunitas di sampit) maklum om ane masih pendatang hanyar masih butuh informasi banyak

Re: EXTRA 260 crash

Posted: 14 Jan 2013, 09:29
by Arya m 1991
Msh bingung, maksud servo ngelock itu gmn??
Apa bisa d bilang servo udh ga layak pake?

Re: EXTRA 260 crash

Posted: 15 Jan 2013, 06:48
by rosgana
Arya m 1991 wrote:Msh bingung, maksud servo ngelock itu gmn??
Apa bisa d bilang servo udh ga layak pake?


saya juga masih pemula ni....
sepertinya ini bisa diakibatkan karena kurangnya pasokan listrik atau ngelock yang pernah saya alami karena gear dalem di servo rompal karena crash sebelumnya....

Re: EXTRA 260 crash

Posted: 15 Jan 2013, 13:10
by mulyadi
Sy jg ikut menyimak saat itu pak oke,menurut pak irsan suplay batt banyak tersedot mtr jd servo kebagian dikit jd deh servo unjuk rasa :snm

Re: EXTRA 260 crash

Posted: 15 Jan 2013, 13:13
by rosgana
sepertinya begitu Pak Mul.... kemarin saat diperjalanan ngobrol soal itu... pesawatnya ada 5 yang belum sempet dibenerin kata beliau...

Re: EXTRA 260 crash

Posted: 15 Jan 2013, 22:09
by inul12
Crash-nya pesawat Extra Electric disebabkan oleh factor umur sang pilot....
Pada saat install ulang electric system, kelupaan memasang UBEC sehingga pada saat
full throttel terjadi drop/surging di servo yang berakibat pesawat susah untuk dikontrol.
..>>Batt lippo 5cell 5000 mAh

Re: EXTRA 260 crash

Posted: 16 Jan 2013, 10:45
by rosgana
inul12 wrote:Crash-nya pesawat Extra Electric disebabkan oleh factor umur sang pilot....
Pada saat install ulang electric system, kelupaan memasang UBEC sehingga pada saat
full throttel terjadi drop/surging di servo yang berakibat pesawat susah untuk dikontrol.
..>>Batt lippo 5cell 5000 mAh


difoto ini Bapak terlihat beda Pak hehehehe... saya tidak mengenali :)

Re: EXTRA 260 crash

Posted: 16 Jan 2013, 13:30
by BZ123456
Servo locked kalau rx punya fail safe sehingga servo akan diam tidak mengikuti perintah pada saat signal lost...diam dimana servo berada bisa di preset
Kalau rx gak punya fail safe kaya servo ppm jaman dulu...ya servonya akan jitter...geter
Kalau dulu saya belajar (sendiri lewat baca buku), bec yang ada di esc mempunyai keterbatasan dalam supply power ke rx dan servo....oleh karena itu dalam manual selalu disertakan berapa jumlah servo yang diperbolehkan kalau memakai batt dengan voltase tertentu....
Nah kalau servone buanyak apalagi mintanya gede (arusnya) misal speed, high torque, atau servo gaban, yaaaaa bec di esc gak cukup, sehingga bisa terjadi brown out...alias rx mati gak dapet power seperti kalau rx kehilangan signal...terus servo jadi locked
oleh karena itu penting menghitung kebutuhan sebelum menentukan cukup atau tidak bec dari esc saja atau perlu bec external atau malah ubec.....atau.....kalau mau ya kaya saya saja...tambahin batt khusus buat rx kaya pesawat engine

salam

Re: EXTRA 260 crash

Posted: 16 Jan 2013, 14:34
by sutavijaya
BZ123456 wrote:Servo locked kalau rx punya fail safe sehingga servo akan diam tidak mengikuti perintah pada saat signal lost...diam dimana servo berada bisa di preset
Kalau rx gak punya fail safe kaya servo ppm jaman dulu...ya servonya akan jitter...geter
Kalau dulu saya belajar (sendiri lewat baca buku), bec yang ada di esc mempunyai keterbatasan dalam supply power ke rx dan servo....oleh karena itu dalam manual selalu disertakan berapa jumlah servo yang diperbolehkan kalau memakai batt dengan voltase tertentu....
Nah kalau servone buanyak apalagi mintanya gede (arusnya) misal speed, high torque, atau servo gaban, yaaaaa bec di esc gak cukup, sehingga bisa terjadi brown out...alias rx mati gak dapet power seperti kalau rx kehilangan signal...terus servo jadi locked
oleh karena itu penting menghitung kebutuhan sebelum menentukan cukup atau tidak bec dari esc saja atau perlu bec external atau malah ubec.....atau.....kalau mau ya kaya saya saja...tambahin batt khusus buat rx kaya pesawat engine

salam


ya om dari awal saya setuju, dan mau mencobanya :mtp :mtp :mtp