CHUCK GLIDER ( OHLG ) ? GIMANA NERBANGIN NYA ?

Pesawat glider , rubber powered , free fly ..
User avatar
x wing
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 06 Mar 2007, 10:23
Location: Pamulang
Contact:

Post by x wing »

xixixixixi aku juga heran :-) ayo2x ada yang mau bikin????
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1655
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

hmm itu lemparnya berlawanan dengan angin yah om NF??

Coba2 buat OHLG aah!
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

lemparnya lawan arah angin yang effektip, tapi, ada juga setelah jadi ,itu pesawat maunya malah side atau down wind.....
yang penting coba dulu.................
User avatar
Adrian
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 75
Joined: 16 Sep 2007, 04:59
Location: yogyakarta
Contact:

Post by Adrian »

Om NF
uda ta' coba terbang lawan angin kok sering stall ya? ...... Ampe tangan pada pegel2
o ya chuk glider juga ada yang pake carbon ya?....... Mantaf.....
User avatar
coyo
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 808
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

klo sy dlu nerbangin agak dimiringin ke kanan (arah angin dari depan kiri) , jadi di ketinggian nanti cenderung belok kanan lalu terbang searah angin. akhirnya bisa terbang lama kebawa angin.

kadang2 sy nerbanginnya cross wind, jadi arah angin dari kiri.
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1655
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

nah saya juga kejadian seperti adrian....malah itu pesawat langsung loop dan maunya terbang invert.....

apa mau nya invert ??

hehehe......btw CG dibuat Imbang/Nose/Tail heavy ??
User avatar
sakti
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 268
Joined: 27 Aug 2007, 10:07
Location: Yogyakarta
Contact:

Post by sakti »

Dari cara bikin sampai cara nerbangin masing masing person akan sangat beda, tapi yang di cari adalah duration flightnya. Untuk mencapai duration flight yang max itulah diperlukan tehnik dan pengalaman.

@ Mas Adrian, sebelum diterbangkan, cek posisi CG, biasanya 1/3 chord dr LE. Level wing sama stabilo harus Nol derajat (segaris lurus dr depan ke belakang). Pesawat harus seimbang kiri kanan dan sama ukuran bagian kiri dan depannya. Fin di bengkokkan ke arah kanan sedikit saja supaya nanti kalo pesawat sudah terbang, dia akn cenderung muter muter di atas sana dan tidak terbang jauh. (capek ngejarnya kan? hi hi hi).Test glide dilakukan dengan melempar pesawat melawan arah angin rata rata air pelan saja (jangan full trhotle) untuk mengetahui glidenya. Setelah test glide dianggap bagus, baru deh dilempar ke langit full throtle dengan arah yang tepat seperti yang diuraikan Suhu NF.
User avatar
sakti
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 268
Joined: 27 Aug 2007, 10:07
Location: Yogyakarta
Contact:

Post by sakti »

sakti wrote:Pesawat harus seimbang kiri kanan dan sama ukuran bagian kiri dan depannya. .


Maaf, koreksi: Pesawat harus seimbang kiri kanan dan sama ukuran kiri dan kanannya.

Bagaimana Suhu NF? Kalo salah mohon dikoreksi.
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

juga jangan lupa.."nembak"nya jangan terlalu tegak.., inget, wing ada airfoilnya, jadi ada tendensi loop.
coba terbangin mendatar dulu, makin lama sudut "tembak" di tambah untuk bisa mencari titik terbaiknya.
malah kalo ada temen / klub yg main ohlg, gabung saja, pasti tambah pinter....
salam ,NF.
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1655
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

hmm tadi saya buat lagi 1 dari plan Minimax OHLG nya om Tjipto.....

tapi om kok aku Lempar malah puter2 nge loop gitu....??

apa CG nya belum benar??
Post Reply