weits. pesawat ini susah 3D. dijamin bakal stall mulu. kecuali aileron nya diperlebar lagi. sayapnya juga terlalu kecil untuk ukuran pesawat 3D.
yah...landing nya bisa pendek koq, asal waktu final speed dijaga jangan sampai stall dan jangan sampai kekencengan.
Tolong Review TWM CAP232 46S
- flytosky
- Senior Master Sergeant

- Posts: 578
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
- Budi
- Colonel

- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
saya pernah coba hover dgn cap ini, tapi nggak bisa diem cenderung muter kekiri terus (torque roll nggak sengaja) walau throw aileron udah maximum. mungkin dasar jempol saya yg nggak bisa barangkali?
btw, engine 50-55 sepertinya PLF(prop loading Factor) yg cocok 66 (11X6) untuk speed.
idle problem cenderung mungkin dari setting low needle pak atau glow plug lemah....
btw, engine 50-55 sepertinya PLF(prop loading Factor) yg cocok 66 (11X6) untuk speed.
idle problem cenderung mungkin dari setting low needle pak atau glow plug lemah....
- andre
- Airman

- Posts: 39
- Joined: 21 Jun 2007, 09:12
- Location: Jak- Pus
- Contact:
spyspeed wrote:Oh iya Pak Abi pake simulator apa? kok simulator saya (REFLEX XTR) gak ad pesawat CAP232 ya? atau bisa di download dimana software pesawat CAP232 tsbt n bisa diterapin di sim Reflex Xtr gak? Thanks
spyspeed : Om download di WWW.rc-sim.de..buannnyakkk modelnya gak harus yang CAP asal karakter 3D ...bisa katana, Edge dll....Oh ya kata teman - teman dilapangan CAP ini Tips Stallnya tinggi dan sering masuk spin..jadi trotlle harus dijaga ...selamat mencoba
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Pemula 1 wrote:
................
pakai prop 13x4W dijamin bisa hover pak ...... selamat terbang ....
Saya setuju banget dengan penggunaan propeller 13x4W seperti yang disarankan oleh om Pemula 1, pengalaman saya selama ini saya gunakan engine 2C tipe OS55AX atau JBA56AR dipasangkan dengan 13x4W maknyussss untuk diajak aneh2, cuman waktu pakai Saito 72/4c saya rasakan lebih cocok dengan 13x4 tanpa W tapi kali jempol saya aja yang tidak bisa mengimbangin kelincahannya, engine tersebut saya pasangkan dengan pesawat Katana-3D wayang V2, Tentang CAP 232 selama ini ngeliat yang pada menerbangkan kayanya saya lempar handuk deh karena memang begitulah karakternya untuk kelas tersebut dan ini hasil nguping2 kalo mau yang nurut ambil kelas atasnya (CAP 232 yang 27%) baru deh tuh jempol bisa tenang cuman bebannya di psikologi aja tapi lama2 biasa kok ............ he he he ........
Nah kira2 gitu deh sharing pengalaman dan infonya semoga bermanfaat dan suhu2 koreksi ya kalo saya kurang ato malah mlenceng .... halo om Pemula 1

- Budi
- Colonel

- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
wah.......dapet ilmu baru nih......tepat tuh apa yg di sarankan Oom Toto, saya baru mau nyoba OS55 di Katana V2 nya Arief HAC Sabtu ini............soalnya saya udah sedih banget nunggu NIMBUS nggak kebagian gilirannya........
Back to topic, Akhhirnya saya pindah ke CAP232 SuperKRAFT pakai YS 140 4C Prop 16X4W sedang di modif Aileron dan Elevatornya........
Halo juga Oom Toto, oleh2 dari Canada -nya mana?
Back to topic, Akhhirnya saya pindah ke CAP232 SuperKRAFT pakai YS 140 4C Prop 16X4W sedang di modif Aileron dan Elevatornya........
Halo juga Oom Toto, oleh2 dari Canada -nya mana?
- Syafik
- Major General

- Posts: 4021
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Pemula 1 wrote:wah.......dapet ilmu baru nih......tepat tuh apa yg di sarankan Oom Toto, saya baru mau nyoba OS55 di Katana V2 nya Arief HAC Sabtu ini............soalnya saya udah sedih banget nunggu NIMBUS nggak kebagian gilirannya........
...............................
Halo juga Oom Toto, oleh2 dari Canada -nya mana?
Aduh jadi malu aku .......... om su-31 bantuin dunk .......... ngumpet lagi ah
Dari kanada bawa salmon asap tadi niatan mau di bagi2 kok enak ya di buka dikit2 eh tahunya abis untuk sendiri .......... maap ya om, entar lagi deh masih ada kok rencana di suruh jalan2 ............. he he he
Nah sekedar info itu Katana V2 perlu beberapa utak atik supaya lebih maknyuss yang terang kalo pakai OS55AX posisinya dimundurin abis om Pemula 1 ......... loh kok saiya ngajarin pak guru nanggung ah dari pada nanti dibilang pak guru pemula 1 tidak mengamalkan ilmu oleh beliau ......... seluruh gap pada surface control dipatch biar aerodinamic flownya lebih mulus abis itu terus posisi baterai berubah dipindah ke dalam sayap kiri pake yang kecil saja (saya pakai 600mAh tripple A 6V) demikian juga servo throttle pakai HS81MG juga sekalian servo rudder pakai high tourqe kalo bisa yg digital (saya bisanya beli royal DS) yang intinya semua untuk membalance pesawat tanpa perlu nempelin timah pemberat .......... dari hasil itu saya yang embahnya pemula alias pemulanya pemula banget tiba2 kok bisa ya menerbangkang pesawat yg demikian gesit, nah nambahin dikit lagi ah utk rudder untuk kontrolnya dibantuin sama GYA-350 liatnya jadi lucu itu rudder kaya ekor binatang kobat kabit yang lagi kesenengan ................
Loh kok nyelonong ya ..........
............. saya mohon dimaapin ya om Pemula 1 ini bukan menggurui tapi mohon koreksinya untuk saya bisa belajar menerbangkan si Katana V2 nya lebih baik ............... ma kasih om Pemula 1 ...............

- arief
- Airman First Class

- Posts: 60
- Joined: 29 Jan 2007, 01:26
- Location: Jakarta
- Contact:
saya baru baca thread ini hari ini dan baru lihat nick pemula1
lagi lihat2 fotonya, gelap tapi kok mirip2 seseorang
nicknya sih pemula1, setelah merenung sesaat baru sadar kalo itu bukan pemula tapi expert1 cocoknya
lapangan cibubur bersih karena disapu terus pake elevator dan rudder hehehe
om Budi, Katana V2 ternyata sudah dijual marketing saya, jadi saya gak bisa terbang nih
besok mau coba bongkar2 gudang lagi deh sapa tau nemu pesawat lainnya hehehe
dan terbangnya jgn sabtu ini, saya lagi ada acara di Mekarsari
atau mau coba hover diatas danau?
lagi lihat2 fotonya, gelap tapi kok mirip2 seseorang
nicknya sih pemula1, setelah merenung sesaat baru sadar kalo itu bukan pemula tapi expert1 cocoknya
lapangan cibubur bersih karena disapu terus pake elevator dan rudder hehehe
om Budi, Katana V2 ternyata sudah dijual marketing saya, jadi saya gak bisa terbang nih
besok mau coba bongkar2 gudang lagi deh sapa tau nemu pesawat lainnya hehehe
dan terbangnya jgn sabtu ini, saya lagi ada acara di Mekarsari
atau mau coba hover diatas danau?
- Budi
- Colonel

- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
He..he..he......nick emang sesuai dgn actual koq pak, sy harus tahu diri dibanding dgn para Suhu dan Senior Grage sy nggak ada apa2nya.........
Yaaah........padahal tadi malem dah mimpi nerbangin Katana biar bisa berguru dan jago spt Oom Wisnu dan Oom Toto, kalo masih ada please ya...please.......
ok, kita lihat mudah2an bisa ke mekarsari........
Yaaah........padahal tadi malem dah mimpi nerbangin Katana biar bisa berguru dan jago spt Oom Wisnu dan Oom Toto, kalo masih ada please ya...please.......
ok, kita lihat mudah2an bisa ke mekarsari........
- Budi
- Colonel

- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
toto wrote:
1. seluruh gap pada surface control dipatch biar aerodinamic flownya lebih mulus
2. posisi baterai berubah dipindah ke dalam sayap kiri pake yang kecil saja (saya pakai 600mAh tripple A 6V)
3. throttle pakai HS81MG (high speed/responsif untuk recovery/maintain level)
4. servo rudder pakai high tourqe dan Hi Speed (6kilo dan 0.1-0.15sec, biasanya digital)
5. utk rudder untuk kontrolnya dibantuin sama GYA-350
Wah...ini baru disebut Wangsit........kalo Oom (lebih tepatnya Suhu) Toto sudah mengeluarkan Jurus maut, dijamin mak nyusss......
(ketahuan kan siapa Suhu sebenarnya???)
Oom Toto, dimana beli GY-352nya(350) dah diskontinyu....
@oom Spyspeed, coba terapkan wangsit dari Suhu diatas di Cap232 anda, InsyaAllah bisa lebih mudah untuk 3D.......
sekedar info, utk pswt yg lebih besar arrangement nya nggak jauh beda dan lebih stabil....