The worst tasting "Kamput" I have ever had........
- martin
- trainee

- Posts: 24
- Joined: 09 May 2007, 15:35
- Location: balikpapan
udara msk dalam tubuh melalui pembuluh darah(kayak kasus diatas) kurang dari 2 cc biasanya tubuh bisa mengatasinya,diikat oleh darah.......yang ditakutkan pada kasus tersebut adalah EMBOLI udara yang menyumbat pblh darah kecil.....nah tergantung deh yang tersumbat dimana jika diotak jadi STROKE,jika dijantung jadi serangan JANTUNG........lem CA kena dimata,,lemnya langsung kering karna kena air mata yang selalu ada alhasil bisa lepas sendiri......
- Budi
- Colonel

- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Oom Dom's, saya pernah merasakan coolpower 15% hijau waktu test bocor nggak stoper dari fuel tank (ditiup
), ternyata klunk line terlipat kedepan, akibatnya ada tekanan balik masuk kemulut bersama fuel, rasanya pahit...nggak hilang2 walau sudah kumur2 1 botol aqua.....(pas lagi puasa)......untung nggak tertelan, tapi kalau tertelan kata Pak Dokter minum aja air banyak2 untuk menetralisir methanol yg sifatnya hygroscopic.......
Tapi amit2...jgn sampai terulang deh.....
), ternyata klunk line terlipat kedepan, akibatnya ada tekanan balik masuk kemulut bersama fuel, rasanya pahit...nggak hilang2 walau sudah kumur2 1 botol aqua.....(pas lagi puasa)......untung nggak tertelan, tapi kalau tertelan kata Pak Dokter minum aja air banyak2 untuk menetralisir methanol yg sifatnya hygroscopic.......
Tapi amit2...jgn sampai terulang deh.....

- zq
- trainee

- Posts: 10
- Joined: 10 May 2008, 08:26
- Location: Bekasi Utara
- Contact:
Lho... ternyata bukan cuma saya doank yang pernah icip2 fuel, kejadiannya sama seperti yang dialami Oom Dom's,
waktu itu pas lg di lap. mau ngetes fuel tank heli, bocor apa enggak, selang ke engine ditutup lalu selang pressure ditiup tapi gak ada yang bocor, lalu saya refleks buka selang ke engine dgn selang pressure msh d mulut,
alhasil wildcat 15% msk k mulut, lumayan seger... dah lama gak minum arak cap tikus
u rekan2 yang lain pls be carefull klo mo ngetes fuel tank, pastikan tank dlm keadaan kosong.
waktu itu pas lg di lap. mau ngetes fuel tank heli, bocor apa enggak, selang ke engine ditutup lalu selang pressure ditiup tapi gak ada yang bocor, lalu saya refleks buka selang ke engine dgn selang pressure msh d mulut,
alhasil wildcat 15% msk k mulut, lumayan seger... dah lama gak minum arak cap tikus
u rekan2 yang lain pls be carefull klo mo ngetes fuel tank, pastikan tank dlm keadaan kosong.
- MrDoms
- Second Lieutenant

- Posts: 1078
- Joined: 18 Jan 2007, 13:50
- Location: Pekanbaru
wah... rame juga ya?! wellcome.. wellcome to the club... hehehe
yang zero nitro aja bikin kebas dan tebal bibir apa lagi yang 15%... pasti panjang umur nih apa lagi kalau pake jarum (mesti lama sekali di aeromodelling... hehehehe)
Harus benar2 kosong tanki... jangan anggap sepele sisa minyak yang tinggal sedikit (sisa pump out) kalau pas lagi nggak punya tool dan mau blow sendiri
Air yang banyak memang benar2 ampuh (methanol-air saling melarut), kalau kena mata usahakan langsung dibilas om. Kalau kelapangan minimal bawa air mineral 1.5 liter (1botol gede)
yang zero nitro aja bikin kebas dan tebal bibir apa lagi yang 15%... pasti panjang umur nih apa lagi kalau pake jarum (mesti lama sekali di aeromodelling... hehehehe)
Harus benar2 kosong tanki... jangan anggap sepele sisa minyak yang tinggal sedikit (sisa pump out) kalau pas lagi nggak punya tool dan mau blow sendiri
Air yang banyak memang benar2 ampuh (methanol-air saling melarut), kalau kena mata usahakan langsung dibilas om. Kalau kelapangan minimal bawa air mineral 1.5 liter (1botol gede)
- su-31
- Chief Master Sergeant

- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
flytosky wrote:wah, kasus om Wiz berbahaya tuh.
iyalah kalo soal bahaya...
Waktu itu saya ada rasa takut juga mikirin akibatnya...
Tunggu punya tunggu, sehari.., 2 hari, gak ada apa2 ya udah, diem2 aja gak lapor sapa2
Tapi kasus saya itu kan pure methanol.., gak/belum ada Nitro dll nya.
Jadi saya kira mirip alcohol lah.., iya nggak ???
Bukan nganggep trivial.., atau cuek.., saya sangat taulah.., methanol masuk tubuh itu ndak bener.
Anyway, safety ya iyalah..., gak boleh dikasi toleransi dikit pun.., gak bisa ditawar tawar !!!
- MrDoms
- Second Lieutenant

- Posts: 1078
- Joined: 18 Jan 2007, 13:50
- Location: Pekanbaru
Saya tunggu 2 jam nggak apa2 trus 3 jam juga masih biasa... berarti oke, masalahknya kalau minum kamput (masih ingat nggak om Wiz.... hehehe) nggak sampai 5 menit dah on. Masak Metanol 80% (embahnya alkohol) nggak masalah, berarti jeroan didalam memang dah dispek kan buat para aeromodeling hobyist... hehehehe....
berikut MSDS (Material safety data sheet) buat Methanol penting dibaca buat para aeromodeler, tapi saya nggak tau mana yang bener ini MSDS nya. Dulu yang saya tau itu, kesenggol dikit saja bisa mati dan bikin buta...... makanya saya sempat panik. Saya pernah start enjin, fuel dari carby muncrat kena mata... tapi langsung saya bilas cepat2 pakai air.... semoga sampai sekarang mata saya masih nanar dan nakal.......
http://www.methanol.org/pdf/MethanolMSDS.pdf
http://avogadro.chem.iastate.edu/MSDS/methanol.htm
http://www.southernchemical.com/downloads/msds.pdf
http://www.sensorcleaning.com/MSDS_CANenglish.pdf
http://www.unitedsuppliers.com/Portals/ ... Airgas.pdf
Walaupun begitu yang perlu diutamakan adalah safety.
berikut MSDS (Material safety data sheet) buat Methanol penting dibaca buat para aeromodeler, tapi saya nggak tau mana yang bener ini MSDS nya. Dulu yang saya tau itu, kesenggol dikit saja bisa mati dan bikin buta...... makanya saya sempat panik. Saya pernah start enjin, fuel dari carby muncrat kena mata... tapi langsung saya bilas cepat2 pakai air.... semoga sampai sekarang mata saya masih nanar dan nakal.......
http://www.methanol.org/pdf/MethanolMSDS.pdf
http://avogadro.chem.iastate.edu/MSDS/methanol.htm
http://www.southernchemical.com/downloads/msds.pdf
http://www.sensorcleaning.com/MSDS_CANenglish.pdf
http://www.unitedsuppliers.com/Portals/ ... Airgas.pdf
Walaupun begitu yang perlu diutamakan adalah safety.
- su-31
- Chief Master Sergeant

- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
- justinus
- Second Lieutenant

- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
- Arrayan
- Airman First Class

- Posts: 70
- Joined: 27 Aug 2008, 19:14
- Location: Green Rock
- Contact:
Sharing Pengalaman pribadi saya ...
Waktu cek blade tracking ada baut di blade case set kendor melenting ke mata ... untung saya pake safety goggles
... bener-bener nyaris!!!! Gak kebayang kalo saat itu mata saya telanjang wuiihh.... nearmiss . Kebiasaan pake Job hazard analysis (JHA) di kerjaan terbawa ke rumah. Setiap mau ngapa2in (termasuk di aero) ada baiknya selalu membiasakan bikin list sederhana seperti ini :
- mau ngapain ..
- bahaya yang mungkin timbul
- control atau pencegahan atas bahaya yg mungkin timbul itu
- PPE / alat pelindung diri
seperti Nah pada kasus baut melenting itu ... saya terselamatkan oleh safety goggles
THINK SAFE - ACT SAFE
Waktu cek blade tracking ada baut di blade case set kendor melenting ke mata ... untung saya pake safety goggles
... bener-bener nyaris!!!! Gak kebayang kalo saat itu mata saya telanjang wuiihh.... nearmiss . Kebiasaan pake Job hazard analysis (JHA) di kerjaan terbawa ke rumah. Setiap mau ngapa2in (termasuk di aero) ada baiknya selalu membiasakan bikin list sederhana seperti ini :
- mau ngapain ..
- bahaya yang mungkin timbul
- control atau pencegahan atas bahaya yg mungkin timbul itu
- PPE / alat pelindung diri
seperti Nah pada kasus baut melenting itu ... saya terselamatkan oleh safety goggles
THINK SAFE - ACT SAFE
berarti oom Dom's suka ato paling tidak pernah minum Kamput