The worst tasting "Kamput" I have ever had........

Diskusi pesawat rc tenaga engine
User avatar
martin
trainee
trainee
Posts: 24
Joined: 09 May 2007, 15:35
Location: balikpapan

Post by martin »

udara msk dalam tubuh melalui pembuluh darah(kayak kasus diatas) kurang dari 2 cc biasanya tubuh bisa mengatasinya,diikat oleh darah.......yang ditakutkan pada kasus tersebut adalah EMBOLI udara yang menyumbat pblh darah kecil.....nah tergantung deh yang tersumbat dimana jika diotak jadi STROKE,jika dijantung jadi serangan JANTUNG........lem CA kena dimata,,lemnya langsung kering karna kena air mata yang selalu ada alhasil bisa lepas sendiri......
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

Oom Dom's, saya pernah merasakan coolpower 15% hijau waktu test bocor nggak stoper dari fuel tank (ditiup [-X ), ternyata klunk line terlipat kedepan, akibatnya ada tekanan balik masuk kemulut bersama fuel, rasanya pahit...nggak hilang2 walau sudah kumur2 1 botol aqua.....(pas lagi puasa)......untung nggak tertelan, tapi kalau tertelan kata Pak Dokter minum aja air banyak2 untuk menetralisir methanol yg sifatnya hygroscopic....... :-k

Tapi amit2...jgn sampai terulang deh..... [-X
User avatar
zq
trainee
trainee
Posts: 10
Joined: 10 May 2008, 08:26
Location: Bekasi Utara
Contact:

Post by zq »

Lho... ternyata bukan cuma saya doank yang pernah icip2 fuel, kejadiannya sama seperti yang dialami Oom Dom's,
waktu itu pas lg di lap. mau ngetes fuel tank heli, bocor apa enggak, selang ke engine ditutup lalu selang pressure ditiup tapi gak ada yang bocor, lalu saya refleks buka selang ke engine dgn selang pressure msh d mulut,
alhasil wildcat 15% msk k mulut, lumayan seger... dah lama gak minum arak cap tikus ](*,)
u rekan2 yang lain pls be carefull klo mo ngetes fuel tank, pastikan tank dlm keadaan kosong.
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1078
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

wah... rame juga ya?! wellcome.. wellcome to the club... hehehe

yang zero nitro aja bikin kebas dan tebal bibir apa lagi yang 15%... pasti panjang umur nih apa lagi kalau pake jarum (mesti lama sekali di aeromodelling... hehehehe)


Harus benar2 kosong tanki... jangan anggap sepele sisa minyak yang tinggal sedikit (sisa pump out) kalau pas lagi nggak punya tool dan mau blow sendiri

Air yang banyak memang benar2 ampuh (methanol-air saling melarut), kalau kena mata usahakan langsung dibilas om. Kalau kelapangan minimal bawa air mineral 1.5 liter (1botol gede)
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Post by su-31 »

flytosky wrote:wah, kasus om Wiz berbahaya tuh.


iyalah kalo soal bahaya...

Waktu itu saya ada rasa takut juga mikirin akibatnya...
Tunggu punya tunggu, sehari.., 2 hari, gak ada apa2 ya udah, diem2 aja gak lapor sapa2 O:)

Tapi kasus saya itu kan pure methanol.., gak/belum ada Nitro dll nya.
Jadi saya kira mirip alcohol lah.., iya nggak ???
Bukan nganggep trivial.., atau cuek.., saya sangat taulah.., methanol masuk tubuh itu ndak bener.

Anyway, safety ya iyalah..., gak boleh dikasi toleransi dikit pun.., gak bisa ditawar tawar !!!
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1078
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

Saya tunggu 2 jam nggak apa2 trus 3 jam juga masih biasa... berarti oke, masalahknya kalau minum kamput (masih ingat nggak om Wiz.... hehehe) nggak sampai 5 menit dah on. Masak Metanol 80% (embahnya alkohol) nggak masalah, berarti jeroan didalam memang dah dispek kan buat para aeromodeling hobyist... hehehehe....


berikut MSDS (Material safety data sheet) buat Methanol penting dibaca buat para aeromodeler, tapi saya nggak tau mana yang bener ini MSDS nya. Dulu yang saya tau itu, kesenggol dikit saja bisa mati dan bikin buta...... makanya saya sempat panik. Saya pernah start enjin, fuel dari carby muncrat kena mata... tapi langsung saya bilas cepat2 pakai air.... semoga sampai sekarang mata saya masih nanar dan nakal.......


http://www.methanol.org/pdf/MethanolMSDS.pdf
http://avogadro.chem.iastate.edu/MSDS/methanol.htm
http://www.southernchemical.com/downloads/msds.pdf
http://www.sensorcleaning.com/MSDS_CANenglish.pdf
http://www.unitedsuppliers.com/Portals/ ... Airgas.pdf

Walaupun begitu yang perlu diutamakan adalah safety.
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Dunia malah bakal kiamat kalau sudah gak ada metanol. Tapi memang benar, jangan diminum aja. 8-[
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Post by su-31 »

Mr. Dom's wrote: kalau minum kamput (masih ingat nggak om Wiz.... hehehe)


:ym24 :evillaugh: berarti oom Dom's suka ato paling tidak pernah minum Kamput :ym24 :ym24

Aku mending minum Methanol lah dari pada kamput... :ym24, soalnya gak bisa buat fuel nya engine :ym24
..tenang oom, pakDe Justinus gak tau apa itu Kamput kok...
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

su-31 wrote: :ym24 :evillaugh: berarti oom Dom's suka ato paling tidak pernah minum Kamput :ym24 :ym24

Aku mending minum Methanol lah dari pada kamput... :ym24, soalnya gak bisa buat fuel nya engine :ym24
..tenang oom, pakDe Justinus gak tau apa itu Kamput kok...


Iya, gak ngerti kamput itu apa. Sekarang saya sukanya minum susu Dancow.... 8-[
User avatar
Arrayan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 70
Joined: 27 Aug 2008, 19:14
Location: Green Rock
Contact:

Post by Arrayan »

Sharing Pengalaman pribadi saya ...
Waktu cek blade tracking ada baut di blade case set kendor melenting ke mata ... untung saya pake safety goggles 8-[ ... bener-bener nyaris!!!! Gak kebayang kalo saat itu mata saya telanjang wuiihh.... nearmiss . Kebiasaan pake Job hazard analysis (JHA) di kerjaan terbawa ke rumah. Setiap mau ngapa2in (termasuk di aero) ada baiknya selalu membiasakan bikin list sederhana seperti ini :
- mau ngapain ..
- bahaya yang mungkin timbul
- control atau pencegahan atas bahaya yg mungkin timbul itu
- PPE / alat pelindung diri
seperti Nah pada kasus baut melenting itu ... saya terselamatkan oleh safety goggles

THINK SAFE - ACT SAFE
Post Reply