Page 2 of 6

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 13 Feb 2010, 19:03
by davit123
sharing ya, pengalaman saya pakai Nicd dan NiMh, sama sama bagus, asalkan kwalitas batrei betul betul yanga sli, banyak beredar batrei nich dan nimh palsu, gejala ngedroup saat mengudara pernah dialami, tapi syukur bisa lending, biasanya ini terjadi kepada batrei batrei nicd & nimh palsu.

untuk batrei nich dan nimh asli, asalkan pengisian dan pengurasannya sempurna, selama ini baik baik saja, saya membiasakan 3 kali di cash batrei saya kuras discash dan kemuadian di cash (disisi dengan amper kecil)

kelebihan nicd dan nimh menurut pengalaman saya batreinya mudah diperoleh dimana saja, umumnya tipe AA, jadi apabila kehabisan bisa beli diwarung, kelebihan lainnya sumber power dari batrei langsung ke Receiver, tidak melalui perantara Regulator ( apabila regulatornya bermasalah/mati, kejadiannya sama saja, pesawat jatuh)

pengalaman pakai batri RX Lippo, pemakaiannya lama, biasa puas mainnya, tidak perlu sering sering nge cash, pemilihan regulator yang bagus, saya sependapat kepada rekan sekalian, memang diperlukan, karena regulator panas dan mati di atas, akibatnya power lipo tidak bisa diterima RX, akhirnya cras juga, hal lain tentusaja investasinya agak mahal sedikit, yaitu batrei lippo dan Regulator dan tentu saja wajib memiliki charger khusus lippo yang ber fasilitas balancer, agar lippo awet muda.

saat ini saya memakai ke 3 jenis batrei tersebut Nicd, nimh,lippo dan tambah satu lagi jenis batrei lion (jenis batrei laptop, mah nya 2400, satu selnya tegangan 3,7 harganya 50 ribu sebiji, terbukti bisa menandingi lipo)

impian saya memakai batrei jenis life, kapasitas 6,6 Volt, sehinga dapat langsung di colok ke Receiver tanpa memerlukan perantara sang regulator lagi, sehingga kemungkinan gagal/mati di regulator tidak akan terjadi, power tenaga dari batrei langsung ke Receiver, seperti pada batrei Nicd & Nimh, tapi harga nya batrei life khusus u RX, masih lumayan, tunggu turun harga, pasti semua akan pindah ke batrei yg Volt nya bisa dicolok kan langsung ke RX (tanpa memerlukan regulator lagi)
terbangnya lama, nge cashnya sebentar, tidak perlu khawatir Regulatornya jebol (karena memang tidak pakai regulator)

batrei nicd atau nimh, banyak dijual dipasaran bebas
Image

Image

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 13 Feb 2010, 19:16
by setyo antarikso
saya pake nicd sanyo 1500mah, buat terbang engine 46 2 tangki (@ 1 jam) masih bisa mendarat dengan selamet.
Servo yg dipake standar 3 kg, total ada 6 servo, ail 2, flap 1, gas, elev, rudder masing2 1 buah.

Yg penting batre harus asli, dan recycle.

Kl pengalaman dgn regulator, saya selalu pasang dulu di rc car. Buat jumping2 dulu, kl oke ya ke pesawat. Biasanya sih suka ngawur

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 14 Feb 2010, 00:30
by budi.santoso
Wah...beraneka ragam penggunaan ya.. Ada yg percaya sama Regulator, ada pula yg tidak. Hm..yang nanya jd bingung mau pake apa... :? :lol: :lol:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 14 Feb 2010, 05:59
by Kiki_54
AgoesAurelz wrote:Saya juga pakai batt li-po untuk pesawat engine, regulator kebanyakan pakai ESC bekas... sementara ini oke2 aja om

Oom AA saya udah hampir 1 tahun punya regulator tapi gak berani pasang gara2 teman saya Anas-8 pesawatnya jatuh gara2 lepas kontak antara RX dg TX menurut peneliian dia katanya regulator itu sambungan arusnya putus2.
Nah kalau pake ESC bekas gimana caranya?

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 14 Feb 2010, 06:04
by Kiki_54
dino wrote:ati ati dng regulator bl salah pilih bs ancur semuanya [-X [-X [-X [-X (pengalaman pribadi) ada regulator yg bl panas setrumnya nggk keluar ](*,) ](*,) ](*,)

Nah untuk mengatasinya dan ini pengalaman saya pribadi serta sesuai dengan efisiensi BEC maka saya selalu menggunakan BEC dengan kapasitas 25% diatas kebutuhan, hal ini semata untuk menjaga agar BEC tidak bekerja terlalu berat buntut nya BEC/regulator jadi adem.

Maka untuk itu saat ini saya gunakan BEC/Regulator untuk pesawat nitro s/d kelas 123 saya pasang 5A dan untuk yang lebih besar saya gunakan yang 8A terus liponya saya gunakan yg khusus untuk Rx dengan kapasitas 2100 mAh

Tambahan info lagi yang saya pasang di gasoline dan pakai Rx 2.4 Ghz saya dipasangin 2 source dan/atau 2 independent switch lagi sebagai redundant power

Demikian sekedar sharing info dan mohon maaf kalo kurang pas

salam

Wah..penjelasan OOm Dino udah kelas tinggi yah.....Oom dino hebat =; =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D>

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 14 Feb 2010, 06:07
by Kiki_54
untuk pesawat2 engine saya ( yng tidak seberapa banyaknya hehehehe) semua pakai batery nicad dan aman2 saja

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 14 Feb 2010, 06:09
by Kiki_54
budi.santoso wrote:Wah...beraneka ragam penggunaan ya.. Ada yg percaya sama Regulator, ada pula yg tidak. Hm..yang nanya jd bingung mau pake apa... :? :lol: :lol:

Semua aja OOm coba nanti mana yang cocok, asalkan jangan ampai jatuh kornab aja hhehehehehe

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 14 Feb 2010, 11:21
by dino
Kiki_54 wrote:
dino wrote:ati ati dng regulator bl salah pilih bs ancur semuanya [-X [-X [-X [-X (pengalaman pribadi) ada regulator yg bl panas setrumnya nggk keluar ](*,) ](*,) ](*,)

Nah untuk mengatasinya dan ini pengalaman saya pribadi serta sesuai dengan efisiensi BEC maka saya selalu menggunakan BEC dengan kapasitas 25% diatas kebutuhan, hal ini semata untuk menjaga agar BEC tidak bekerja terlalu berat buntut nya BEC/regulator jadi adem.

Maka untuk itu saat ini saya gunakan BEC/Regulator untuk pesawat nitro s/d kelas 123 saya pasang 5A dan untuk yang lebih besar saya gunakan yang 8A terus liponya saya gunakan yg khusus untuk Rx dengan kapasitas 2100 mAh

Tambahan info lagi yang saya pasang di gasoline dan pakai Rx 2.4 Ghz saya dipasangin 2 source dan/atau 2 independent switch lagi sebagai redundant power

Demikian sekedar sharing info dan mohon maaf kalo kurang pas

salam

Wah..penjelasan OOm Dino udah kelas tinggi yah.....Oom dino hebat =; =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D>


WoW...... :-k :-k :-k ](*,) ](*,) ](*,) bkn sy yg nulis...boz 8-[ 8-[ 8-[

yg pst bl menggunakan nicd ato nimh slalu perhatiken kebocoran batt :-k :-k :-k nya bl bocor itu per biasanya berkarat...... trus...nggk sambung duech #-o #-o #-o dijamin pswtnya nyelonong boy ](*,) ](*,) ](*,) mendingan disolder aj pk jumper tembaga dng hubung series...... dikoating pk kertas lakban ato slumpung spy lebih aman dr getaran [-X [-X [-X

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 14 Feb 2010, 14:16
by BERTHIE FLYER
om2 grager yang terhormat, kalo untuk batre nicd buatan Krisbownya ace hard ware recomended ga ya?

Image

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 14 Feb 2010, 16:23
by richard
Pakai batt secukupnya sesuai rekomendasi Tx/rx/servo, daya berlebih tidak selalu berarti terbang lebih aman, lebih costly mungkin, heheheheh.
Check sambungan/jack, check daya setiap kali sebelum terbang. Naah ini yang sulit, saya masih suka lupa ](*,) ](*,)