Tail selelu goyang kanan dan kiri

Membahas repair , tips n tricks ,dll

Moderators: Syafik, kadek

User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Tail selelu goyang kanan dan kiri

Post by Syafik »

saya juga ikut bingung nih, posisi pitch belt -2 tapi heli sudah hover.. apakah mungkin
tolong penjelasannya lbh konkrit om RSP bagaimana anda mengetahui kalau posisi hover tersebut blade pada posisi -2

ciri2nya heli wagging (goyang kanan kiri) biasanya dikarenakan gain dari gyro kurang besar (wagging lambat), tapi kalau gain kebesaren biasanya wagging cepet
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Tail selelu goyang kanan dan kiri

Post by Budiman »

sahid wrote:
rspurnomo wrote:Heli pada saat terbang kurang lebih 25cm, posisi picth negatif selalu goyang kanan dan kiri terus kira 2 apanya ](*,) ](*,)


Mas Purnomo, saya agak bingung neh....pitch masih negatif koq helinya udah terbang kurang lebih 25 cm...... #-o #-o #-o #-o #-o ....(piye iki to #-o ) mestinya heli bisa terangkat dari permukaan tanah/ground pitch blade udah positif......pitch negatif bs terbang tapi dlm posisi inverted

kalo udah terbang kemudian terjadi " goyang" salah satu kemungkinan putaran motor kurang kenceng alias kurve tortle kurang tinggi.... :bow:

Daripada pening dg posting heli yg di sebelah sana..ikut nimbrung bantuin Suhu Sahid dan Suhu Syafik de...duo Suhu..wakakkakak...
@ Pak rspurnomo,
Begini, kita kilas balik sejenak de soal heli saat menjelang take-off dg asumsi segala mekanisme heli adalah lancar, dan tidak mengalami hambatan:
1. Heli..khususnya heli 450 EP...akan take off pada saat pitch 5 derajat positif..jika pitch membentuk sudut kurang dr ini, dijamin heli tidak akan perna bisa take-off,Pak, apalagi saat pitch membentuk sudut negatif 2...langsung anjlok helinya,Pak...jadi heli saat hover spt yg Anda katakan adalah berjarak 10 cm dr tanah...perkiraan pitch saat itu membentuk sudut lebih dr 5 derajat positif...kira2 stick throttle/rudder berada pada posisi diatas sedikit dr titik tengah. Anda perlu mereview bagaimana nilai pitch curve pd Tx Anda dan berapa derajat secara realnya pd main blade dg menggunakan pitch gauge.

Saat pitch membentuk sudut dibawah 0 derajat..taruh lah ..kira2 negatif 1...dan tail mengalami wagging ato goyang...perkiraan dr saya saja..ada yg kurang pada sett. up gyro...skrg bagaimana sett up point pd Gyro Anda? Baru kali ini soalnya buat saya, tail heli goyang(wagging) pd pitch -2 derajat,karena pd saat blade membentuk sudut negatif dan heli berada pada posisi normal...heli mengalami kehilangan torque..dan tidak punya daya angkat lagi, sehingga sama sekali tidak ada gangguan kepada fuselage heli secara keseluruhan....kecuali heli berada pada posisi INVERTED(Terbalik)...

2. Balik lagi, saat pitch membentuk sudut 5 derajat positif..Torque akan muncul, berlawanan arah dg arah putaran main blade..tail heli akan terbanting, jika neutral point dr servo rudder tidak disetting dg benar...krn neutral point ini menentukan besar sudut pada tail rotor pitch utk menahan hentakan torque pertama kalo saat heli take-off.
R/C heli secara normalnya ...untuk main blade yg berputar searah jarum jam...saat take-off akan bergeser ke kiri sedikit..ini sekali lagi sudah alaminya...tinggal counter kita, sehingga heli bisa benar2 vertical take-off..

Usaha Anda untuk menggeser posisi servo rudder utk memperbaiki masalah tersebut hanyalah berlaku jika Anda ingin mencari neutral point dr servo rudder pd slider tail rotor shaft.
Mengencangi dan mengendorkan belt..ini justru tidak membantu juga..krn jika belt terlalu kencang..power plant heli Anda akan menyedot lebih banyak arus dr battery..ujung2nya battery yg rusak juga...sedangkan mengendorkan belt..malah berakibat tail akan berayun..saat terjadi perubahan torque..yaitu saat main blade berubah sudut nya dr positif ke negatif dan sebaliknya...


Demikian,semoga bisa memberikan inspirasi,Pak...

salam,
Budiman
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Tail selelu goyang kanan dan kiri

Post by sahid »

Udha Budiman: [-o< [-o<
Mas Purnomo: Makai tx apa mas ? ( mode cling...cling = ON )
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Tail selelu goyang kanan dan kiri

Post by handoyo6299 »

Sing ndhuwe treath mlayu.... :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
User avatar
rspurnomo
trainee
trainee
Posts: 11
Joined: 03 Feb 2010, 06:24

Re: Tail selelu goyang kanan dan kiri

Post by rspurnomo »

ma'af semalaman tdk ngenet jadi bukan mblayu

saya pakai dx7
setting pitch curvenya
L=20%
1=50%
2=55%
3=70%
H=85%
kemudian thro curvenya
L=0%
1=ING
2=50%
3-INH
H=100%
travel adjust = 100% semua
sub trim yang dirubah hanya pit=H35
kemudian D/R & EXP nya hanya rudder yang berubah posisi D/R 50%
nah yang membuat saya tdk paham ini jika nilai2 dari setting pitch curvenya
L=15%
1=25%
2=50%
3=75%
H=100%
dan pada sub trim yang dirubah hanya pit=0 atau L10
ini yang memjadikan heli selalu goyang terus tailnya apakah dengan merubah tersebut mengakibatkan tail goyang ?
jadi bagaimana biar heli itu enak terbangnya dan settingnya standart
ooo..iya lupa 3dflymentornya semua default

untuk para suhu mohon petunjuknya
trim's
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Tail selelu goyang kanan dan kiri

Post by Budiman »

Pak rspurnomo,
Saya mau ikut bantuin aja..saya masi belajar juga..:D

Basic setting pd pitch curve adalah harus sesuai dg besarnya sudut(pitch) secara real nya..
Sepanjang yg saya ketahui...pitch curve pd heli...scr prosentase adalah berkisar antara 0-100%...ini mewakili besaran pitch sebesar -11deg ato -10deg s/d +10deg ato +11deg..secara nyatanya...
Untuk beginner..ada yang menyarankan..cukup menggunakan range pitch 50-100%...yg mana mewakili besaran sudut mulai 5+ deg s/d +10deg ato +11deg.
Rumus nya 50% pd pitch curve..dgn stick throttle/pitch pd posisi tengah...ini harus menghasilkan +5deg positif..dan heli akan take-off.Ini cukup lumayan buat siapa saja yg hendak memulai belajar hover dg heli...jadi 50% = 5 deg positif

Pada pemain tingkat advance...mereka lebih suka menggunakan rumus 50% = 0 deg pd pitch main blade...ini dikarenakan akan digunakan pada IDLE mode flight dan juga NORMAL mode flight...utk melakukan manuver aerobatic dan 3D..
Untuk Normal mode, biasanya menggunakan pitch curve sbg berikut : 25%, INH, 50%, INH, 100%....scr garis besar ini akan memberikan besaran sudut...perkiraan saja... -3, -1 , 0, 6+, 10+ ato 11+...
sudut negatif ini diperlukan bila fungsi landing diperlukan sesegera mungkin saat heli mengalami turbullence...

Jadi silahkan dipilih,Pak..mana yang disuka...

Throttle curve pada point ke 3, yaitu 55%, milik Anda terlalu kecil,Pak...perlu dibesarkan..sekitar 80% - 88%...ini kalo saya ya..
Alasannya ..cukup sederhana...krn saya memegang anutan , saat stick throttle/pitch pd posisi tengah, heli harus sudah take-off..pada saat heli take-off...memerlukan throttle yg besar.....55% ini sangat kurang dan berbahaya..akan berdampak pd battery LiPo dan ESC...kalo yg perna saya alami, krn throttle kekecilan pd point ini...langsung berasap tu ESC...ngebul alias terbakar...hehehhehehe..:D

Semoga bisa memberikan inspirasi kepada Anda..

salam,
Budiman
Last edited by Budiman on 15 Jun 2010, 10:19, edited 1 time in total.
User avatar
rspurnomo
trainee
trainee
Posts: 11
Joined: 03 Feb 2010, 06:24

Re: Tail selelu goyang kanan dan kiri

Post by rspurnomo »

terima kasih mas budi nanti saya coba lagi setting di txnya jika masih goyang nanti saya akan tanya lagi ya ...mas
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Tail selelu goyang kanan dan kiri

Post by sahid »

ooooo...udah jelas sekarang....bahwa yg dimaksud mas Purnomo, "Negatif"....bukan negatif pitch BLADE....monggo di coba lagi spt saran Udha Budiman di atas...intinya jangan sampai puteran motor belum pada kondisi ideal utk " memaksa heli terbang" selain geol2 jg kasihan esc nya.. :bow: :bow:
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Tail selelu goyang kanan dan kiri

Post by Syafik »

sdah diduga dari awal.. hehehe
User avatar
andreansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 348
Joined: 12 Oct 2010, 21:13
Location: jak-tim
Contact:

Re: Tail selelu goyang kanan dan kiri

Post by andreansyah »

wah kendala sama ma saya pas pas dikasih 3d flymentor trex saya goyang n ngedrif akhirnya ta lepas 3d flymentor eunak mas mungkin untuk pake 3d flymentor settingnya harus akurat mas :htg
Post Reply