Page 2 of 4

Posted: 03 Mar 2007, 06:59
by Tralala
pak kresna...klo ketimika bawa Trexnya nanti saya coba bantu permasalahan yang anda alami.
udah lama nich nggak ke timika...!!!!???

Posted: 03 Mar 2007, 14:44
by kresna
Reva wrote:
ubah nilai swashmix AFR, sbb:
AIL +40
ELE -40
picth tetep, kecuali picth max/min gak sampe...


Om Reva, Thanks. sudah saya rubah sesuai petujuk dan sekarang sudah lumayan sesuai harapan .... tinggal penyesuaian saja...... dan yg lebih penting jadi tambah ilmu Swash AFR .... :bow:

Settingan swash AFR menjadi :
AIL +35
ELE -35
PIT -60
THR Curva = 0, 40, 50, 75, 90
PIT Curva = 55, 65, 75, 85, 95
PIT Angle = ... ? (sepertinya sih standar pemula, di SE ngak ada petunjuk angka seperti di XL)

Khusus PIT (Swash AFR) maksimal bisa sampai berapa% (plus/minus) :
- PIT -50% ngak ngangkat,
- PIT -60% ngangkat tapi kurang rasanya (perbandingan dg Trex XL saya) dan helinya gampang naik turun sendiri, dalam posisi THR ± 75% yg berarti PIT = 85 .... tapi heli bisa naik turun sendiri bahkan sampai menyentuh landasan, padahal powernya stabil/normal :-k


Kira2 PIT (Swash AFR) masih bisa ditambah lagi sampai berapa % ... supaya daya angkat heli menjadi lebih baik dan stabil (ngak naik turun sendiri) .... :-k

Posted: 03 Mar 2007, 17:36
by Tralala
untuk heli naik turun sendiri berarti PITCH curve kurang benar
coba periksa lagi dengan pitch gauge, low posision stick trottle, mid dan full trottle-->dapet berapa sudutnya.
coba pake
LOW = -3 / -4
MID = +4 / +5
FULL =+9 / +10

point 1= low
ponit 2= low + mid : 2
point 3= mid
point 4= mid + full : 2
point 5= full

ato bikin pitch curva menjadi huruf V

Posted: 03 Mar 2007, 17:52
by kresna
Tralala wrote:

point 1= low
ponit 2= low + mid : 2
point 3= mid
point 4= mid + full : 2
point 5= full

ato bikin pitch curva menjadi huruf V


yang dimaksud point 1 s/d 5 itu THR curva .... ?

Bikin PIT Curva huruf "V" ........ ? :-k :-k

Posted: 03 Mar 2007, 20:27
by ferry
kresna wrote: Om Reva, Thanks. sudah saya rubah sesuai petujuk dan sekarang sudah lumayan sesuai harapan .... tinggal penyesuaian saja...... dan yg lebih penting jadi tambah ilmu Swash AFR .... :bow:

Settingan swash AFR menjadi :
AIL +35
ELE -35
PIT -60

THR Curva = 0, 40, 50, 75, 90
PIT Curva = 55, 65, 75, 85, 95
PIT Angle = ... ? (sepertinya sih standar pemula, di SE ngak ada petunjuk angka seperti di XL)

Khusus PIT (Swash AFR) maksimal bisa sampai berapa% (plus/minus) :
- PIT -50% ngak ngangkat,
- PIT -60% ngangkat tapi kurang rasanya (perbandingan dg Trex XL saya) dan helinya gampang naik turun sendiri, dalam posisi THR ± 75% yg berarti PIT = 85 .... tapi heli bisa naik turun sendiri bahkan sampai menyentuh landasan, padahal powernya stabil/normal :-k


Kira2 PIT (Swash AFR) masih bisa ditambah lagi sampai berapa % ... supaya daya angkat heli menjadi lebih baik dan stabil (ngak naik turun sendiri) .... :-k


Om kresna kalo boleh koreksi setting swash AFR spt diatas adalah salah +/- disitu = kalo kita operasikan reverse/normal servo......sedangkan nilainya sendiri harus sama satu dgn lainnya......ingat bung ini heli CCPM(cyclic collective pitch mixing)......jd gerak ketiga servo harus selalu serentak utk urusan pitch (+/-)......kalo anda berikan nilai swash AFR berbeda saya ragu heli akan terbang bener.....coba anda gerakkan throttle stick full position pasti swashplate akan menceng......tempo hari waktu ada event di Bandung saya coba intip settingan Nigel brown untuk urusan AFR ini ternyata settingan dia utk Trex 600nya +/- 68%.....sdgkan settingan utk trexku sendiri +65% (all AIL,ELE,PIT = +65% tergantung cara mounting servo di framenya).....utk throttle curve saya kira sdh bener.....ok mudah2 bisa sedikit membantu......saat ini sdh keluar produk trex 450SE v2

Posted: 03 Mar 2007, 23:05
by Tralala
kresna wrote:
yang dimaksud point 1 s/d 5 itu THR curva .... ?

Bikin PIT Curva huruf "V" ........ ? :-k :-k


1 s/d 5 itu PIT curve, coba anda buka menu PIT-CURVE
dalam posisi normal atau idle anda akan menemui
POINT 1>
2>
3>
4>
5>
sorry masud saya garis miringn.....

ELE dan AIL vs PIT (SWASH AFR)

Posted: 04 Mar 2007, 07:33
by kresna
ferry wrote:
Om kresna kalo boleh koreksi setting swash AFR spt diatas adalah salah +/- disitu = kalo kita operasikan reverse/normal servo......sedangkan nilainya sendiri harus sama satu dgn lainnya......ingat bung ini heli CCPM(cyclic collective pitch mixing)......jd gerak ketiga servo harus selalu serentak utk urusan pitch (+/-)......kalo anda berikan nilai swash AFR berbeda saya ragu heli akan terbang bener.....coba anda gerakkan throttle stick full position pasti swashplate akan menceng......tempo hari waktu ada event di Bandung saya coba intip settingan Nigel brown untuk urusan AFR ini ternyata settingan dia utk Trex 600nya +/- 68%.....sdgkan settingan utk trexku sendiri +65% (all AIL,ELE,PIT = +65% tergantung cara mounting servo di framenya).....utk throttle curve saya kira sdh bener.....ok mudah2 bisa sedikit membantu......saat ini sdh keluar produk trex 450SE v2


Aslinya swash AFR saya semua +/- 50% ...... tapi : AIL dan ELE nya terlalu responsif ....... setelah dikurangi menjadi +/- 40% menjadi agak lumayan. Tapi PIT-nya kalo ngikuti ELE dan AIL dikasi 40% maka heli ngak bisa terbang (sampai full THR, heli hanya naik ngak lebih dari 10 cm).

....... kalau semua (AIL, ELE, PIT) disamakan menjadi +/- 60% atau lebih .... saya ngak bisa mbayangin bagaimana cepatnya respos dari AIL/AIL ....... :-k :-k ........ kemampuan saya mengendalikan heli belum sampai dilevel itu .... (mungkin sebenarnya inilah masalah yg paling utama ..... hehehe).

Tapi Biar bagaimanapun juga kayaknya saya harus coba menyamakan nilai ELE, AIL, PIT menjadi diatas 60% ...... mudah2an ngak langsung crash ...... [-o< [-o<

(Heli ini sebelumnya disetting dg Futaba 6 CHP .... normal tapi memang agak resposif........... kemudian saya ganti radio pake Futaba 9 CHP ....... timbul masalah seperti diatas antara ELE/AIL vs PIT ..... #-o #-o )

Re: ELE dan AIL vs PIT (SWASH AFR)

Posted: 04 Mar 2007, 19:14
by Tralala
kresna wrote:Aslinya swash AFR saya semua +/- 50% ...... tapi : AIL dan ELE nya terlalu responsif ....... setelah dikurangi menjadi +/- 40% menjadi agak lumayan. Tapi PIT-nya kalo ngikuti ELE dan AIL dikasi 40% maka heli ngak bisa terbang (sampai full THR, heli hanya naik ngak lebih dari 10 cm).

pak kresna untuk PIT jangan mengikuti AIL dan ELEV
karena PIT adalah yang bikin kemiringan blade + dan -
contoh :
ELE 40%
AIL 40%
PIT tergantung kita mau trotle posisi di mana heli bisa mabur, mungkin 1/4 ato 1/5 trottle itupun harus seimbang dengan THR curve anda....
makanya perlu pitch gauge untk mengukur PIT....

Re: ELE dan AIL vs PIT (SWASH AFR)

Posted: 04 Mar 2007, 21:39
by ferry
@Bung Kresna......kayaknya kita bicara pada 2 hal yg berbeda walaupun keduanya harus ada untuk setting heli "CCPM".....hal ini jadi rancu kalo disatukan pengertiannya:
1.swash AFR....fitur ini keluar hanya bila anda pilih TX mode SR-3
2.Throttle dan Pitch curve.....fitur ini keluar pd setiap setting heli apapun jenis swahplate yg standart atau 120 deg type


Berbeda bila anda setting raptor krn dgn type swashplate standart maka fitur swash AFR tidak akan muncul krn anda set pada SWH1 .....

Persoalannya bila anda sdh biasa terbang aerobatic atau 3D swash AFR 30~40% amatlah kurang bisa2....waktu anda roll akan menggerakkan stick AIL 2x utk merubah keadaan dari normal ke inverted.....apa gak menyulitkan?.......saran saya kalo ini belum memberikan pencerahan cobalah pahami instruction manualnya dgn paham dan mencoba di heli anda......saya kira akan lebih menyenangkan bisa otak-atik daripada hanya bisa sekedar terbang "believe me!"......setau sy komunitas heli freak di daerah anda sangat sedikit shg sharing pengalaman sangat terbatas......semoga bisa sedikit membantu :-k