Page 2 of 3

Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!

Posted: 18 Jan 2011, 08:01
by DedDredd
:tlt. Menyimak kuliah...lumayan nambah sks... :pis

Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!

Posted: 18 Jan 2011, 08:47
by yoyokTR3
DedDredd wrote::tlt. Menyimak kuliah...lumayan nambah sks... :pis



salam kenal Om DedDredd,
....hehehe, lumayan buat KulTum.
tapi kalo kebanyakan . . .kapan terbangnya ya...?

Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!

Posted: 18 Jan 2011, 09:04
by toto
pakdesurib wrote:
hahahaha......
kan gak ada terbang 3D ngebut?


ada pakde ................... tapi hasilnya elevatornya jadi ketinggalan jauh ....................... :pis

Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!

Posted: 18 Jan 2011, 10:51
by pakdesurib
toto wrote:
pakdesurib wrote:
hahahaha......
kan gak ada terbang 3D ngebut?


ada pakde ................... tapi hasilnya elevatornya jadi ketinggalan jauh ....................... :pis


o... salah satu pilot yang dari cirebon ya pak?? :ok :ok

Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!

Posted: 18 Jan 2011, 11:26
by christoffel
@om AA,
kalo menurut saya nih, dengan airfoil tebel itu yg di dapat :
1. Drag jadi gede, dalam hal 3D yg emang nggak pengen ngebut, memang kita butuh ini agar saat throtle di tutup, pesawat lebih cepet berhenti/pelan.
2. Lift juga lebih gede, karena beda tekanan sisi atas dan bawah sayap jadi lebih besar. ini juga diperlukan terutama supaya bisa slow-flight.

cuman, 3D itu kan banyak manuver2 yg sebenarnya terjadi saat pesawat sudah stall, misalnya hoovering. dalam kondisi ini, airfoil tebal atau tipis nggak banyak ngaruh, karena yg bikin lift itu dari thrust, bukan sayap. itu sebabnya planker2 (thin airfoil) kebanyakan berorientasi 3D.
kalo pesawat planker koq bisa slow flight juga padahal airfoilnya tipis ? itu sih bukan karena airfoilnya, tapi karena berat total pesawat nya memang udah sangat2 ringan (dibanding pesawat normal) .... kan stall speed berbanding lurus dg wingloading ...

Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!

Posted: 18 Jan 2011, 13:49
by DedDredd
yoyokTR3 wrote:
DedDredd wrote::tlt. Menyimak kuliah...lumayan nambah sks... :pis



salam kenal Om DedDredd,
....hehehe, lumayan buat KulTum.
tapi kalo kebanyakan . . .kapan terbangnya ya...?



:shy :shy :shy Jadi malu...maklum newbie lagi konsen belajar heli...sama bikin foamy homemade....pesawat aja belum jadi, terbange yo kapan2 kalo dah jadi.... Salam kenal semuanya... :pis

Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!

Posted: 18 Jan 2011, 15:24
by pakdesurib
christoffel wrote:@om AA,

cuman, 3D itu kan banyak manuver2 yg sebenarnya terjadi saat pesawat sudah stall, misalnya hoovering. dalam kondisi ini, airfoil tebal atau tipis nggak banyak ngaruh, karena yg bikin lift itu dari thrust, bukan sayap. itu sebabnya planker2 (thin airfoil) kebanyakan berorientasi 3D.
kalo pesawat planker koq bisa slow flight juga padahal airfoilnya tipis ? itu sih bukan karena airfoilnya, tapi karena berat total pesawat nya memang udah sangat2 ringan (dibanding pesawat normal) .... kan stall speed berbanding lurus dg wingloading ...


cukup jelas om AA?
trus kapan foto pesawatnya diposting disini?? :htg :htg :ide :mwr :mwr :mwr

Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!

Posted: 18 Jan 2011, 18:07
by kula
toto wrote:
pakdesurib wrote:
hahahaha......
kan gak ada terbang 3D ngebut?



ada pakde ................... tapi hasilnya elevatornya jadi ketinggalan jauh ....................... :pis



Preeeettttt....... :wk3

Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!

Posted: 18 Jan 2011, 21:47
by toto
kula wrote:
toto wrote:
pakdesurib wrote:
hahahaha......
kan gak ada terbang 3D ngebut?



ada pakde ................... tapi hasilnya elevatornya jadi ketinggalan jauh ....................... :pis



Preeeettttt....... :wk3


Loh ternyata ada beneran toh ...... :hah

Re: Karakter dan bentuk sayap yg paling bagus buat 3D!

Posted: 18 Jan 2011, 22:15
by AgoesAurelz
pakdesurib wrote:
christoffel wrote:@om AA,

cuman, 3D itu kan banyak manuver2 yg sebenarnya terjadi saat pesawat sudah stall, misalnya hoovering. dalam kondisi ini, airfoil tebal atau tipis nggak banyak ngaruh, karena yg bikin lift itu dari thrust, bukan sayap. itu sebabnya planker2 (thin airfoil) kebanyakan berorientasi 3D.
kalo pesawat planker koq bisa slow flight juga padahal airfoilnya tipis ? itu sih bukan karena airfoilnya, tapi karena berat total pesawat nya memang udah sangat2 ringan (dibanding pesawat normal) .... kan stall speed berbanding lurus dg wingloading ...


cukup jelas om AA?
trus kapan foto pesawatnya diposting disini?? :htg :htg :ide :mwr :mwr :mwr


Iya suhu-suhu, mantep penjelasannya....
Waduh foto pesawat....? hahaha... pswt yg mana nih? ada banyak pswt, dan banyak yg nanggur....
Sementara ini sy masih belum beli beli lagi.... optimalkan yg ada di tangan dulu.... lagian banyak yg pada nganggur nih suhu... dipegang aja ngga, apalagi dimainin...
Ga tau mengapa saya akhir-akhir ini kok males sekali terbangin type lain selain planker Badboy saya aja...
kalo pake planker latihan seminggu bisa berapa kali terbang... eniwei, sy lagi mengikuti nasehat suhu: terbang 3D berpola, pake Planker (mode maksa on) ternyata cukup sulit ya dibuat ala F3A.. karakter twichy banget, setiap gerakan halus dari stick tetap aja direspon "agile" oleh pesawat ini... saya lagi membiasakan diri.... :deal

btw yg terbaru yg sy beli adalah pesawat 3D size 60..
"Dragon" 60 size ini pesawat 3D, mirip banget U Can Do, Wingspan 180cm.. mesin udah ready OS 120FS (udah siap di stand breakin, tapi belum sempet di hidupin....)
pswt ini Aerofoil tebel banget, throw lebar, karakter 3D deh...
Belum saya rakit, masih di dos.... (ga tau kapan bisa ada waktu yg serius untuk merakitnya...)