Page 114 of 215

Re: Karang Pilang Air Field

Posted: 09 Jun 2010, 22:39
by sevenslidegrills
Joker wrote:buat bang syafik ..... met panjang umur heheheeee mudah mudah lancar semua nya


Ulang tahun ya....?????

Re: Karang Pilang Air Field

Posted: 09 Jun 2010, 23:08
by pakdesurib
Syafik wrote:
pakdesurib wrote:
ferry wrote:Sebagian reportase terbang Minggu 6 Juni 2010...maaf telat tayang :(

Image


pabrikan eflite ini termasuk salah satu pesawat favorit saya dulu belajar hover.
kalo dibuat patroli kurang enak, tapi kalo beldili anteng banget.
kalo dipasang vortex generatornya, dipake high alpha harrier dan rolling harrier bisa sampe lupa kalo batt habis. =D> =D>

ajarin dong pakde hover pake pswt ini, melihat bentuk pswtnya yakin banget enak buat hover, tapi saya blm bisa mraktekkan... apa karena takut aja kali ya gemeter banget jempol. nyoba harrier rendah rasanya kurang diam selalu oleng2 pswtnya.... kira2 ada setting khusus atau power kurang memadai
pswt cukup ringan, UAW 945 gram


kalo oleng-oleng biasanya karena berat depan, coba batt nya digeser kebelakang sedikit (terus coba lagi, masih oleng atau nggak, biasanya olengnya berkurang. kalo untuk dipake hover atau harrier kalo saya, agak tail heavy lebih baik, tapi landingnya memang perlu latihan karena biasanya landing jadinya harrier.

coba juga tambahkan 1 ring supaya motor lebih kekanan untuk ngilangin torsi, pengalamanku kalo tanpa ring, aileronnya kurang bisa cover, kecuali kalo mau sering dipake torq roll.

ini pesawat tak pasang motor thrust30 (330watt), esc pake quantum 45A, batt 1800 - 2200 mah, propeller vox 12 x 6 untuk hover, 13 x 6,5 kalo dipake harrier atau rolling harrier.
vortex/ side force Generators mending dipasang aja untuk mbantu kestabilan waktu terbang rendah dan pelan.
waktu terbang K E terasa banget kalo gak dipasang, pesawat cenderung turun.
saya pernah nyoba terbang K E figure 8 pake side force generator, pesawat stabil ketinggiannya, begitu dicopot kayak kodok lompat-lompat.

kalo jempol sdh gemeter.... itu tanda2 jempol mulai kesurupan.... terusin aja yg penting kontrol jg sampe ngelock, lama-lama gemeternya ilang, kalo gemeternya sd ilang, itu jempol sdh kesurupan, nek sdh kesurupan.... mau iso tt kesampaian.

ada pepatah yang mengatakan....
kalo jempol belum kapalen.... berarti latihannya kurang..

coba di utak atik dulu terus coba terbang..... kalo gak ada perubahan, kapan2 bawa ke laguna ntik kita utak atik bersama.

Re: Karang Pilang Air Field

Posted: 10 Jun 2010, 00:14
by Syafik
wah sip pelajaran berharga dari suhu 3D... akan coba dipraktekkan settingnya dulu, rasanya sih right thrust udah gede tapi mungkin kurang barangkali karena prop saya pake 13x6 motor 35series 930kv esc 40A lipo 3s. Memang rasanya pswt ini gak anteng banget terbangnya kalau dipake lurus agak naik turun kaya lumba2 padahal rasanya CG dah pas, posisi tempat lipo udah pas mentok belakang, apa perlu diberi pemberat dikit di bagian belakang.

apakah untuk setting tx perlu exp pada control ail, elv, rudder? kira2 berapa nilainya... pernah saya coba kasih exp 35% malah terlalu lemot kontrolnya.
kapan kayaknya di sowankan ke laguna nih biar ketemu suhunya langsung...

jempolnya kalau pake wayang foam gak gemeter, tapi pake balsa otek kabeh :lol:

@Eriq: iya bertambah tua

Re: Karang Pilang Air Field

Posted: 10 Jun 2010, 08:14
by Hopatz
met ultah mas syafik... ditunggu tumpengane di KP :-" :-" :-"

Re: Karang Pilang Air Field

Posted: 10 Jun 2010, 09:43
by ferry
Tinggal nunggu kue tartnya....btw Met Ultah..... :-({|=

Ini pidio hoper piaget

Re: Karang Pilang Air Field

Posted: 10 Jun 2010, 11:11
by pakdesurib
Syafik wrote:wah sip pelajaran berharga dari suhu 3D... akan coba dipraktekkan settingnya dulu, rasanya sih right thrust udah gede tapi mungkin kurang barangkali karena prop saya pake 13x6 motor 35series 930kv esc 40A lipo 3s. Memang rasanya pswt ini gak anteng banget terbangnya kalau dipake lurus agak naik turun kaya lumba2 padahal rasanya CG dah pas, posisi tempat lipo udah pas mentok belakang, apa perlu diberi pemberat dikit di bagian belakang.

apakah untuk setting tx perlu exp pada control ail, elv, rudder? kira2 berapa nilainya... pernah saya coba kasih exp 35% malah terlalu lemot kontrolnya.
kapan kayaknya di sowankan ke laguna nih biar ketemu suhunya langsung...

jempolnya kalau pake wayang foam gak gemeter, tapi pake balsa otek kabeh :lol:

@Eriq: iya bertambah tua


kasih lagi pemberat, trus coba lagi...
kalo spek yg tak pasang, seingatku gak kasih pemberat lagi, begitu terbang, pesawat sdh tail heavy hehehe.... maka terbangnya gak pernah patroli, karena harrier terus, cocok buat latihan.
dari berbagai wejangan yg saya peroleh, pesawat kalo pingin dipake terbang 3d disarankan cenderung tail heavy, supaya kalo masuk hover pesawat bisa langsung "nggantung" (daripada kepalanya olang-oleng??).
kalo saya.... pesawat yg tak pake terbang 3d semua eksponensialnya tak set 0.
memang ada beberapa pilot yg tidak menyarankan demikian, tapi buat saya kalo gonta ganti pesawat, jempol lebih cepat adaptasi.
soal 3d kan hanya soal "input" jadi kalo saya lebih cendrung biasaken jempol "nginput" secukupnya, kalo kurang ya batal, lebih pasti batal. kalo di ekspo, ukuran liarnya pindah ke remote, bukan ke jempol, padahal buat saya, kalo terbang 3d kontrol liarnya harus diinput jempol.
coba dulu ekspo nya kurangi jadi 5 - 10, kalo msh terasa lemot, langsung nol kan aja. dan biasakan jempol yg ngontrol "liarnya" mudah-mudahan berhasil.

selamat ulang tahun ya....

Re: Karang Pilang Air Field

Posted: 10 Jun 2010, 11:34
by pakdesurib
ferry wrote:
Ini pidio hoper piaget


terus.....terus.... =D> =D>

Re: Karang Pilang Air Field

Posted: 10 Jun 2010, 12:55
by suprayitno
Wah, sampai hari gini kok belum ada yg absen untuk hari Minggu. Ayo-ayo bikin absen untuk hari Minggu.
1. Prayit, 40.690, si ijo, si Cap, kamera.
2. .....
Silahkan dilanjut.

Re: Karang Pilang Air Field

Posted: 10 Jun 2010, 21:12
by Syafik
Thanks saran2nya pakde... kebetulan setelah terbang kedua semua exp saya 0 semua karena memang gak enak pake exp... kecuali kalau pswt jet pusher semua tak kasih expo

Mini funtana ini sudah mengalami reinkarnasi karena sudah melalui proses mutilasi moncongnya pernah ilang karena crash waktu dipakein engine, mungkin jadi beda kali ya...
kurang tail heavy mungkin gara2 di bekajang motor ada 2 esc :) 1 esc 40A dan esc 30A buat ganti BEC jadi CGnya beda dg spek aslinya... akan dipasang side force generator biar lbh anteng...

pakdesurib wrote:selamat ulang tahun ya....

ferry wrote:Tinggal nunggu kue tartnya....btw Met Ultah..... :-({|=

Hopatz wrote:met ultah mas syafik... ditunggu tumpengane di KP :-" :-" :-"

sevenslidegrills wrote:Ulang tahun ya....?????

Thanks semua untuk doanya...

Re: Karang Pilang Air Field

Posted: 10 Jun 2010, 21:14
by Syafik
@Ferry: thanks udah diuploadkan piagetnya
@Prayit: ijin absen dulu om... libur untuk minggu ini