ipin17 wrote:Rasanya pesawat ini karakternya mirip dengan fms big cessna, high wing tanpa dihedral, bedanya hanya piper j3 adalah tail dragger, benar gak?.
Seperti big cessna, pesawat ini float nya bagus, namun hati2 saat take off, jangan angkat elevator terlalu cepat walaupun sudah full throttle, apabila daya angkat msh belum cukup namun sudah dipaksa naik, memang dia akan naik, namun cenderung akan stall ke kiri atau ke kanan, untuk pilot yang mahir dengan koreksi aileron masih bisa naik walaupun sempoyongan, namun untuk pilot yang belum pengalaman hanya satu hasilnya, crash...
Solusinya cuman satu, biarkan dia rogging dulu dengan kecepatan full sampai kira2 cukup gaya angkat lalu naikkan elevator secukupnya sudah itu aja, bisa juga dilempar dengan kekuatan sedang dalam keadaan full throttle dengan sudut agak mendongak keatas sedikit saja, sisanya fun....fun....fun...
Kebenaran saya punya Piper J-3 Cub yang saya pasang mesin OS15LA.
untuk take off perlu rogging, stick throttel dinaikkan pelan-pelan (tdk saya geber full), palingan sampai 65% sudah bisa take off. Kecepatan bertambah dan lift pesawat mulai terasa seperti yang disampaikan oleh pak De Suhu Toto... berarti pesawat sudah siap air bone.
He....he....ghe,,,,cuma pengalaman, entah benar entah tidak....