mohon bantuan HK Piper J3 cub

Diskusi pesawat rc elektrik
Post Reply
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by Budiman »

toto wrote:selamat siang .... pemula ingin bagi pengalaman nih mohon maaf kalau tidak tepat apalagi salah .... ini juga saya loh yg masih pemula untuk memperhatikan apakah pesawat sudah mendapatkan lift yg cukup kalau diperhatikan keliatan dari pesawat gerakannya lebih enteng dengan diwakili akselerasinya yang nambah dengan posisi throttle yang sama .... kira2 gitu deh bener enggak sih ya. ...... :shy ..... mohon koreksinya para suhu nih




salam

Selamet siang juga..salam kenal dari saya..
Analogi di atas juga terjadi pada helikopter..

salam
User avatar
Abdinik
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 786
Joined: 08 Jul 2010, 10:05
Location: Mojokerto-Jombang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by Abdinik »

terima kasih suhu atas masukanya dan sudah mau berbagi pengalaman dengan newbie.
akan saya praktekan semua ilmu dan pengalaman dari suhu semua...
mungkin saya masih terbawa dengan kebiasaan maen WD...rogging, full throtle, Up Elevator. pesawat dah naik.
maklum di lapangan hanya maen berdua, itupun sama2 main WD n pemula.
tempat nimba ilmu hanya dari suhu2 d GAERO...
terima kasih


Salam,
Abdinik
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by didin »

ipin17 wrote:Rasanya pesawat ini karakternya mirip dengan fms big cessna, high wing tanpa dihedral, bedanya hanya piper j3 adalah tail dragger, benar gak?.

Seperti big cessna, pesawat ini float nya bagus, namun hati2 saat take off, jangan angkat elevator terlalu cepat walaupun sudah full throttle, apabila daya angkat msh belum cukup namun sudah dipaksa naik, memang dia akan naik, namun cenderung akan stall ke kiri atau ke kanan, untuk pilot yang mahir dengan koreksi aileron masih bisa naik walaupun sempoyongan, namun untuk pilot yang belum pengalaman hanya satu hasilnya, crash...

Solusinya cuman satu, biarkan dia rogging dulu dengan kecepatan full sampai kira2 cukup gaya angkat lalu naikkan elevator secukupnya sudah itu aja, bisa juga dilempar dengan kekuatan sedang dalam keadaan full throttle dengan sudut agak mendongak keatas sedikit saja, sisanya fun....fun....fun...


Kebenaran saya punya Piper J-3 Cub yang saya pasang mesin OS15LA.

untuk take off perlu rogging, stick throttel dinaikkan pelan-pelan (tdk saya geber full), palingan sampai 65% sudah bisa take off. Kecepatan bertambah dan lift pesawat mulai terasa seperti yang disampaikan oleh pak De Suhu Toto... berarti pesawat sudah siap air bone.

He....he....ghe,,,,cuma pengalaman, entah benar entah tidak....
User avatar
Abdinik
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 786
Joined: 08 Jul 2010, 10:05
Location: Mojokerto-Jombang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by Abdinik »

terima kasih suhu telah berbagi pengalaman,jangan sampe hal yang terjadi kepada saya juga terjadi kepada rekan2 yang lain...
terutama pada diri saya sendiri untuk re-maiden selanjuntya
:thx :thx
User avatar
dino
Major
Major
Posts: 1791
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by dino »

:tlt piper mang mOOy..... :ngl
User avatar
Abdinik
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 786
Joined: 08 Jul 2010, 10:05
Location: Mojokerto-Jombang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by Abdinik »

dino wrote::tlt piper mang mOOy..... :ngl

kemarin mas aris kasih no HP sampeyan mas, tapi aku dah buka trit. aku lom sempat tlp...
ada trik khusus gak mas buat Piper J3 ku. katanya sampeyan punya yang tipe gede?
thx
User avatar
stefendy
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 300
Joined: 14 Aug 2009, 08:13
Location: Jayapura , 2°34'10.04"S - 140°41'21.37"E

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by stefendy »

Pemula ikut sumbang omong.... :)
Seperti ulasan suhu2 di atas bahwa menurut saya speed kurang dan ketika mau di angkat / nose up pesawat memasuki spin karena stall ( karakter pesawat hi wing yg tidak pakai dihedral ), selain solusi diatas ( pertahankan speed ) stroke dari aileron, rudder dan elevator di kurangi alias dikasih limit jangan besar2 mungkin sekitar di bawah 40 derajat dan dengan resiko turn area semakin lebar, hal tersebut bisa mengurangi pesawat stall/spin karena kekurangan speed yang disebabkan melakukan gerakan yang tajam ketika terbang.

Ketika pesawat memasuki spin akan sulit untuk merecovery apabila orientasi kita terhadap pesawat hilang ( tidak tahu pesawat spin ke arah mana ) karena pesawat harus di counter dari gerakan spin agar menjadi terbang lurus( ke bawah ) dan baru bisa nose up karena jika dalam posisi spin langsung nose up pesawat tidak akan bisa di recovery malahan spin tambah menggila terlebih pesawat dalam ketinggian rendah, seorang teman pernah cerita mengalami spin di pesawat betulan dan kebetulan pesawat piper j3 cub syukur dia bisa me-recovery sebelum :pyg dan mabok dan sayang sekarang dia sudah tidak ada karena crash pada saat penerbangan menggunakan PC6 di Papua
User avatar
Abdinik
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 786
Joined: 08 Jul 2010, 10:05
Location: Mojokerto-Jombang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by Abdinik »

stefendy wrote:Pemula ikut sumbang omong.... :)
Seperti ulasan suhu2 di atas bahwa menurut saya speed kurang dan ketika mau di angkat / nose up pesawat memasuki spin karena stall ( karakter pesawat hi wing yg tidak pakai dihedral ), selain solusi diatas ( pertahankan speed ) stroke dari aileron, rudder dan elevator di kurangi alias dikasih limit jangan besar2 mungkin sekitar di bawah 40 derajat dan dengan resiko turn area semakin lebar, hal tersebut bisa mengurangi pesawat stall/spin karena kekurangan speed yang disebabkan melakukan gerakan yang tajam ketika terbang.

Ketika pesawat memasuki spin akan sulit untuk merecovery apabila orientasi kita terhadap pesawat hilang ( tidak tahu pesawat spin ke arah mana ) karena pesawat harus di counter dari gerakan spin agar menjadi terbang lurus( ke bawah ) dan baru bisa nose up karena jika dalam posisi spin langsung nose up pesawat tidak akan bisa di recovery malahan spin tambah menggila terlebih pesawat dalam ketinggian rendah, seorang teman pernah cerita mengalami spin di pesawat betulan dan kebetulan pesawat piper j3 cub syukur dia bisa me-recovery sebelum :pyg dan mabok dan sayang sekarang dia sudah tidak ada karena crash pada saat penerbangan menggunakan PC6 di Papua

turut berduka atas kepergian temannya suhu...
expo sudah saya set 70% biar gerakan gak terlalu cepat, berarti perlu di kasih dual rate.
memang End point untuk eileron, ruder dan elevator saya buat 100%
ok suhu nti saya praktekan dengan dual rate / endpoint yang lebih kecil.
terima kasih suhu atas saran... :thx :thx

salam
User avatar
dino
Major
Major
Posts: 1791
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by dino »

:tlt :tlt .... piper kuncinya ngk bisa digenjot wkt takeop...klo dgenjhot lsng mLeyOt :flu
User avatar
Abdinik
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 786
Joined: 08 Jul 2010, 10:05
Location: Mojokerto-Jombang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by Abdinik »

dino wrote::tlt :tlt .... piper kuncinya ngk bisa digenjot wkt takeop...klo dgenjhot lsng mLeyOt :flu

berarti gerakan semua kontrol suface harus se smooth mungkin alias expo harus besar y om untuk pemula seperti saya??termasuk throtle juga gak boleh langsung tancep y, harus bertahap?
terima kasih
atas sarannya...

Salam
Post Reply