Page 3 of 6
Posted: 18 Jan 2008, 14:26
by christoffel
yang saya pelajari,
volume udara yg dipindahkan (idealnya) adalah sebesar volume silinder dg tinggi=pitch dan diameter=diameter prop.
rumusnya Volume = pi * diameter^2 /4 * pitch
Posted: 18 Jan 2008, 14:27
by christoffel
jadi nggak tergantung sama jumlah blade, karena pitchnya tetep sama ...
Tapi karena medianya udara, ada faktor selip, yg di aerodinamika disebut coupling coefissien (CC). Jumlah blade yg banyak membuat luas permukaan cengkeram blade ke udara jadi tambah luas, dan ini membuat CC-nya jadi tambah besar (yg ideal CC=1 berarti prop benar2 maju sejauh pitch untuk 1 putaran)
Posted: 18 Jan 2008, 14:41
by christoffel
berikutnya, volume udara yg dipindahkan berbanding kwadrat dg diameter prop. bukan berbanding lurus ...
sekali lagi mohon maaf kalau salah ...

Posted: 18 Jan 2008, 15:07
by iwan21
Om Christoffel, terima kasih atas penjelasannya yg lengkap dan jelas..jadi lebih faham sekarang deh..tq
Posted: 24 Jan 2008, 00:00
by toto
Trus gimana lagi nih soal propeller, kayanya belon tuntas deh bagi2 elmunya kok udah brenti misalnya prop 13x4 dan 13x4W apa efek yang ditimbulkannya, trus cara kompesasi apabila ingin tetap bisa untuk terbang pelan akan tetapi ada keterbatasan penggunaan maksimum diameter, ayo dong om jelasin .... ditunggu ya
Posted: 28 Jan 2008, 14:51
by christoffel
om toto ... penambahan huruf W itu untuk menunjukkan bilah yg lebih lebar. Bedanya nanti di CC yg lebih besar.
Kalau mau pasang diameter besar nggak bisa, ya pake diameter kecil, tapi beberapa buah ...
patokannya, 4 prop yg sama, setara dengan 1 prop dg pitch yg sama tapi diameter 2x lipat.
jumlah prop yg diperlukan sama dengan kwadrat pengecilan diameternya.
Posted: 28 Jan 2008, 15:43
by toto
christoffel wrote:om toto ... penambahan huruf W itu untuk menunjukkan bilah yg lebih lebar. Bedanya nanti di CC yg lebih besar.
Kalau mau pasang diameter besar nggak bisa, ya pake diameter kecil, tapi beberapa buah ...

patokannya, 4 prop yg sama, setara dengan 1 prop dg pitch yg sama tapi diameter 2x lipat.
jumlah prop yg diperlukan sama dengan kwadrat pengecilan diameternya.
@Om Christoffel,Terima kasih sebelumnya atas pencerahannya tapi saya mohon penjelasan dan konfirmasinya lagi agar saya tidak salah memahami kutipan tersebut diatas:
1. Apa yang dimaksud dengan "
Bedanya nanti di CC yg lebih besar", apakah yang dimaksud adalah capasitas engine
2. Yang dimaksudkan dengan kalimat '
4 prop yg sama' itu adalah sama dengan
propeller yang mempunyai bilah sebanyak 4 buah atau ada pengertian yang lain
Sebelumnya maaf neh kalo nanya mulu dari pada salah, harap maklum udah rada belet nih sistem penterjemah/pencerna kalimat yang ada di utek saya, he he he ...
Makasih sebelumnya ya om
Posted: 28 Jan 2008, 15:46
by iwan21
CC = Coupling Coefficient ?
Posted: 28 Jan 2008, 16:08
by toto
hi ... hi ... hi ..., tuh kan saya salah menterjemahkan, gini kan enak enggak tahu jangan malu tanya2, ma kasih ya pak iwan21 atas bagi2 elmunya, hore .... hari ini saya 1 step nambah pengetahuan walaupun juga masih binun apa tuh Coupling Coefficient konkritnya dalam implementasinya, trus gimana ato apa yang dapat dirasakan secara langsung kalo CC nya gimana gituh ....
Posted: 28 Jan 2008, 16:18
by iwan21
He he he, yg saya tangkep dari penjelasan om Christoffel (saya juga dapet elmu banyak nih disini...trims om), kalo CC = 1, maka propeller akan maju sejauh nilai pitchnya dalam satu putaran (saya udah lama tau yg ini tapi baru tau ini namanya CC..

).
Gampangnya gini, kalo kita pake prop dg pitch 6 in (contoh : prop GWS 7060), maka kalo si prop muter satu kali, prop nya akan maju sejauh 6 inch dari titik awal, begicu.
Nah yg saya masih ragu itu penjelasan kalo multi blade maka nilai CC akan besar , sedangkan disebut om Christoffel kalo nilai ideal CC adalah = 1.
Maksudnya besar itu apakah lebih besar dar1 1 ?, trus kalo multi blade katakan CC nya jadi 1,2 apakah sudah tidak ideal ?, padahal dalam satu putaran si prop akan maju lebih jauh dibanding yg ber CC 1 ?, bukankah ini labih baik?......mohon penjelasannya om