Foto full view juga dimuat om supaya bisa ter imajinasi
gyroplane
Moderator: wonodikromo
- yuda
- Airman First Class

- Posts: 88
- Joined: 12 Oct 2007, 15:02
- Location: kendal (jateng)
- Contact:
- NF
- Administrator

- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- wonodikromo
- Airman

- Posts: 27
- Joined: 26 Dec 2007, 18:00
- Location: SINGAPORE
- Contact:
Halo Abi,Yuda benar kata NF semua itu bisa di lihat diRGC. Bahan2 sprt foamy memang cocok buat eksperiment gyro yg guna listrik. Sy tahu ramai di Indonesia yg buat pesawat sendiri dan kalau buat gyroplane sudah pasti ok. Kalau ada fuselage yg sudah retired (pension) ini lebih mudah cuma bikin rotornya saja dari foam juga. Untuk foam blade yg tidak aerodinamik harus ada negativ kira2 2-3deg supaya mudah putar.Leading edge ditempelkan karbon rod atau balsa supaya leading edge lebih berat dari trailing edge. Untuk foamy blade saya cadangkan 3 atau 4 blade tanpa ada kontrol tetapi mengunakan kontrol rudder/elevator saja seperti pesawat biasa. Dengan motor pada kedudukan 5-6deg downtrust rotor angleof attack(incident) 7-9 deg. Imbangan CG dari atas rotor yg berkedudukan 7-8 inchi diatas tiang rotor harus nose heavy kira2 15deg. Disambung lagi.... Gaz
- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant

- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
Sip,..ada pencerahan sikit nih kalau begitu :
1 Desain Paling sederhana menggunakan Fuselage biasa dulu.
2 Untuk posisi Blade diberi sudut 2-3 derajat supaya bisa berputar
3 Untuk Foam Blade bisa mengguanakn 3 atau 4 bilah
4 Kontrol cukup Elevator + Rudder sudah cukup (CMIW)
5 Motor 5-6 Down Trust
6 AoE 7-9 Derajat
7 CG terletak 7-8 Inchi dari atas tiang motor harus nose heavy sekitar 15 derajat (please describe more ?)
8 LE bisa ditempelkan karbon rod supaya lebig berat dari TE
Nah point 7 saya agak bingun nich, any explanation ?
1 Desain Paling sederhana menggunakan Fuselage biasa dulu.
2 Untuk posisi Blade diberi sudut 2-3 derajat supaya bisa berputar
3 Untuk Foam Blade bisa mengguanakn 3 atau 4 bilah
4 Kontrol cukup Elevator + Rudder sudah cukup (CMIW)
5 Motor 5-6 Down Trust
6 AoE 7-9 Derajat
7 CG terletak 7-8 Inchi dari atas tiang motor harus nose heavy sekitar 15 derajat (please describe more ?)
8 LE bisa ditempelkan karbon rod supaya lebig berat dari TE
Nah point 7 saya agak bingun nich, any explanation ?
- iwan21
- Administrator

- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant

- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
ASK :
Heli Normal dulu nich
Kalau posisi positif (+), ini posisi Throtle UP atau DOWN yach ?
Kalau posisi throtle UP posisi Blade postitif (+), mungkin yang point 2 itu juga positif, jika Vise versa maka suhu Benar.
(Maaf pertanyaan newbie bener, karena jangankan main, megang heli model saja kagak pernah, kecuali toys pico-z palsu, inipun gak ada posisi +/- nya)
Thanks Suhu
Heli Normal dulu nich
Kalau posisi positif (+), ini posisi Throtle UP atau DOWN yach ?
Kalau posisi throtle UP posisi Blade postitif (+), mungkin yang point 2 itu juga positif, jika Vise versa maka suhu Benar.
(Maaf pertanyaan newbie bener, karena jangankan main, megang heli model saja kagak pernah, kecuali toys pico-z palsu, inipun gak ada posisi +/- nya)
Thanks Suhu
- iwan21
- Administrator

- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant

- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
- iwan21
- Administrator

- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant

- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
Trus Dapet LIFT nya dari mana kalo nunduk gitu ya suhu ?
Bukankah yang membuat dia AUTOROTATION adalah BLADE yang bersebrangan dengan dia ? di dukung juga pengaturan LE lebih berat dari TE ?
Mohon diperjelas, wah jadi pengen (bahkan NGEBET) nich mau saya buat iseng ntar malem,..mudah2-an bahan tersedia,..
Thanks Suhu
Bukankah yang membuat dia AUTOROTATION adalah BLADE yang bersebrangan dengan dia ? di dukung juga pengaturan LE lebih berat dari TE ?
Mohon diperjelas, wah jadi pengen (bahkan NGEBET) nich mau saya buat iseng ntar malem,..mudah2-an bahan tersedia,..
Thanks Suhu