Page 3 of 5
Posted: 12 Jun 2008, 09:07
by toto
Jimm wrote:ga sabar pengen terbangin pesawat ini juga
Nah agar tidak kecewa dengan kesabarannya mulai sekarang charge tuh seluruh baterai jadi entar dilapangan langsung terbang ............

Posted: 12 Jun 2008, 14:05
by kresna
LA Fyyer 40 kayak apa bentuknya .... jadi penasaran ...
Posted: 12 Jun 2008, 16:47
by mcat
Posted: 13 Jun 2008, 08:22
by kresna
Ternyata bentuknya bagus, ngak kaku kayak trainer lainnya .... tapi kalo dibanding trainer lainnya spt: Superstar, avisatar, nextstar, superfrontier, dll bagaimana? (saya pernah punya superstar ... terbangnya enak, tapi bentuknya agak kaku)
Posted: 14 Jun 2008, 19:16
by Redblur
iya,tampilan nya menipu
dikirain Midwing,eh taunya trainer High wing
tadi di buat invert sama eidri,katanya enak tuh
Posted: 15 Jun 2008, 09:54
by toto
Menurut saya LA Flyer itu sudah tidak masuk dalam kategori basic trainer mengingat bentuk airfoilnya tidak flat bottom alias sudah symetrical tapi memang masih mempunyai karakteristik trainer yaitu ada dihedralnya walau kecil tapi cukup memberikan sentuhan forgiving, hal ini kemarin dibuktikan dengan rekan kita yg baru pertama menerbangkan pesawat pada hari yang sama langsung sudah bisa solo (take off dan landing) malah termasuk break'in engine
Tapi ada satu kelemahan La Flyer, yaitu landing gear harus diperkuat dengan brace karena lentur sekali, kemudian perlu di waspadai karet pada fuel tanknya yg tidak lentur mengakibatkan fuel bisa bocor, saya sarankan ganti aja tuh emang kualitasnya tidak bagus
overall, pesawat ini emang renyah bisa diajak neko2 dengan leluasa walau kelasnya disebut trainer
Posted: 15 Jun 2008, 19:42
by mcat
wah good news nih buat saya.. kira2 apalgi kekurangan yg bisa diperbaiki dari pesawat ini Pak Toto?
Posted: 15 Jun 2008, 19:43
by mcat
wah good news nih buat saya.. kira2 apalgi kekurangan yg bisa diperbaiki dari pesawat ini Pak Toto? mdh2an dalam wkt dekat bisa meminang pesawat ini.
Posted: 15 Jun 2008, 22:20
by pampie
Kalau gak salah pesawat ini tail dagger ya, jadi kalau pas takeoff dan ekor keangkat koreksinya musti pake rudder gak bisa pake roda lagi... tapi katanya lho...
Posted: 16 Jun 2008, 00:18
by toto
mcat wrote:wah good news nih buat saya.. kira2 apalgi kekurangan yg bisa diperbaiki dari pesawat ini Pak Toto? mdh2an dalam wkt dekat bisa meminang pesawat ini.
1. landing gear buatkan kawat brace antara kiri dan kanan agar landing gear tidak megar kemudian buatkan juga ikatan dari landing gear ke depan gunanya juga agar landing gear tidak bengkok kebelakang, kalo mo rapi sekalian ganti aja landing gear kawat tadi dengan yg dari after market misalnya dr produk dubro.
2. karet penutup pada fuel tank dituker dengan yg lebih lentur sehingga waktu dibaut bisa ngepres dan sebelumnya pipa kuningan yg sebagai fuel line jangan lupa diampelas dulu kalo enggak bisa nyobek fuel line yg dari karet.
3. balsa pada firewall ygt menghadap engine sebaiknya dilapis dengan cairan kedap fuel. saya pakai epoxy yg encerin. pokoknya balsa yg ke ekspose sebaiknya dilapis aja deh soalnya kalo udah kena fuel apalagi udah nyerap repot entarnya
4. lebih baik lagi kalau celah antara control surface di cover juga hal ini bikin aerodinamikanya lebih optimal
nah begitulah kurang dan lebihnya saran yang bisa saya sampaikan berdasarkan pengamatan terhadap unit LA Flyer yg sabtu kemarin berada dan di terbangkan di cibinong-2
masalah tail dagger enggak masalah selama main landing gearnya normal, begitu take off sdh dpt lift bisanya sih lempeng2 aja jadi koreksi rudder relatif kecil sekali kok selama lurus dgn head wind kalo kena cross wind ya seperti biasa counternya kan kombinasi dengan aileron tapi ya jangan deh kalo bener2 nyilang dari pada pesawat terguling sayang kan
para suhu tolong koreksi ya kalo2 ada salah dalam penjelasan saya di atas