CESSNA 337 SKYMASTER

Tampilkan karya foamy plane Anda disini

Moderators: hery_s, joko

Post Reply
User avatar
hery_s
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 688
Joined: 01 Apr 2008, 14:43
Location: Ambon-Maluku

Post by hery_s »

@ mr Doms....elevator pake pak.

iwan21 wrote:Rasanya :
1. Wing area kurang gede, jadi wing loadingnya terlalu gede
2. Speed enggak dapet karena terlalu berat

selain itu kalo mau gampang ROG,
1. main landing gear jangan terlalu jauh dari CG
2. Nose landing gear dibikin agak tinggi dikit jadi hidung agak mendangak sehingga angle of attacknya udah terbentuk saat didarat

Kalo mau pake Dummy, saya lebih suka idenya om Scratcher,depan beneran, belakang dummy..bukan apa2, buat saya konfigurasi traktor lebih mudah settingnya daripada konfigurasi pusher selain drag nya juga enggak terlalu gede.


om roji...ws 100 cm chord udah saya tambah dari 16 cm jadi 20 cm, AUW. 520 grm, hasil test dengan motor pusher, depan dummy :
- tetap nggak mau rog, hand launch ok
- pesawat cenderung menukik, perkiraan cg 25 % LE ( kelihatan nose heavy tapi ditimbang di titik cg sudah pas , penyebabnya kira 2 ??? )
- Analisa saya nggak mau rog ternyata setelah videonya saya perhatikan , saat mau naik bagian ekor belakang ( rudder bagian bawah nyangkut di tanah
terjadi beban buat sicessna naik, kalau roda depan di ditinggiin seperti usul om roji berarti bagian ekor akan lebih dekat sama landasan saat rog.


posisi pusher , depan pake prop dummy :

Image

Image

akan landing...

Image

posisi prop depan, tanpa prop dummy

- Roda depan di pendekin , biar ekor agak naik
- motor 2409-12, tanpa motor belakang dan prop dummy
- hasil test flight belum ada...hehe....tunggu sabtu depan

Image

junior numpang mejeng

Image

saat maiden flight sempat terjadi insiden............penonton disuruh minggir nggak mau, akibatnya ya gitu deh....untung pesawatnya pusher, kalau nggak ....

( tebak sendiri )

Image

Image
User avatar
hery_s
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 688
Joined: 01 Apr 2008, 14:43
Location: Ambon-Maluku

Post by hery_s »

PROGRESS HARI 3

wajah terakhir scessna 337....siap test flight 2.....

motor depan : 2409-12
Prop : 7x6


Image

Image
antonius bima
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 174
Joined: 21 Feb 2007, 16:21
Location: Pondok Labu - Selatannya Jakarta

Post by antonius bima »

Om Hery......sedikit berbagi pengalaman mengenai cessna 337, saya pernah buat dengan versi yang sedikit berbeda.....bedanya saya pake sayap dengan KF atas dengan bahan polyfoam (ada di threat di foamy juga)........kira2 skalanya mirip2 dengan punya om dan motor menggunakan penggerak depan (BL 2408, prop 8X4, bat 1050 amp dengan esc 18 amp) dan yang dibelakang hanya dummy seprti yang sudah ditulis temen2 sebelumnya. Pada saat test flight...memang rogging cukup panjang kira2 5 meteran....tapi terbangnya enak om....
Jadi kalo liat pesawat om sepertinya (kalo salah sorry ya om) elevator kurang lebar chordnya...karena memang seprtinya pesawat ini lift upnya agak sulit...jadi perlu eleveator yang lebar......salam
User avatar
hery_s
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 688
Joined: 01 Apr 2008, 14:43
Location: Ambon-Maluku

Post by hery_s »

kayaknya sih gitu ya....waktu saya coba pake pusher emang nggak mau take off dg ROG, sekarang saya sudah pake prop depan dan mungkin nanti dipasang prop belakang dummy, test flight nya belum nih mas anton, kalau gagal rog baru deh elevator saya buat agak besar....tks masukannya.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

hery_s wrote:saat maiden flight sempat terjadi insiden............penonton disuruh minggir nggak mau, akibatnya ya gitu deh....untung pesawatnya pusher, kalau nggak ....

( tebak sendiri )

Image

Image


Momen langka tuh.....pelajaran buat penonton yg laen kalo diminta minggir ya minggir aja gak pake bandel.. [-X
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1078
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

bagus sekali hasil jepretannya.... klihatannya anak itu punya rasa ingin tahu yang kuat dan suka membaca (ngantongi buku dia)... moga2 moga kelak dia jadi pilot tempur beneran.... hehehe
User avatar
scratcher
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 95
Joined: 22 Jan 2007, 13:15
Location: Banten

Post by scratcher »

itulah salah satu keunggulan pusher.... kalau cium orang gak bikin luka, paling benjol memar... atau cuma keluar ogkos rawat jalan...
kalau hard landing cuma bikin hidung penyok... gak bikin patah prop/ shaft ...
masih untung....
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

wah. koq gw rada 'sukurin lu' ke anak kecil itu ya? hahahahaha...abis sy sendiri pernah ngalamin kayak gitu. buset pesawat dikejar kejar, giliran landing, pesawat ngejar ngejar tuh anak. hahaha
User avatar
atari7up
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1386
Joined: 06 May 2008, 10:10
Location: Medan - (D.A.C)
Contact:

Post by atari7up »

Pasti kapok tuch anak....gak bakalan berani deket deket lage...
anyway...yg salutnya buat kameraman yg hasil jepretan pas bngt..... =D>
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 703
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Semarang, Jawa Tengah....

Post by fajar »

mantaap oom heri kreasi tiada henti....maaf nich oom sedikit masukan...saya juga pernah buat bronco type pusher sampe 4x semuanya enak, menurut saya karakter terbangnya pasti sama dengan pesawat yang oom heri buat...pengalaman rog pertama saya emang cukup panjang....sekitar 20 meteran tapi sekalinya naik langsung mendongak sekitar 50[sup]o[/sup] ke atas...seperti kaget...namun bisa saya akali dengan menggabungkan fungsi aileron dengan flap, menjadi flaperon yang kita gunakan pada saat rogging, dengan mengaktifkan fungsi flaperon maka saya bisa:

- menambah daya lift pesawat
- membuat pesawat menjadi lebih pendek roggingnya dan;
- pesawat dapat take-off dan landing dengan lebih smooth

mungkin masukan saya ini bisa oom heri coba thanks!
Post Reply