mohon bantuan HK Piper J3 cub

Diskusi pesawat rc elektrik
User avatar
alfinlana
Airman
Airman
Posts: 49
Joined: 14 May 2012, 15:49
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by alfinlana »

Piper J3 saya mau maiden besok.... thank you banget pada para suhu yg sudah kasih tip take off aman... :thx :thx
User avatar
radit182
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 198
Joined: 23 Oct 2011, 19:11
Location: balikpapan - ungaran - semarang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by radit182 »

kejadian ini juga sama dialami teman saya... sudah 4x take off tapi pesawat tetep muntir ke kanan yang berakibat crash.. Seperti yang suhu beberkan, kalau pesawat ini harus sebaiknya jgn keburu diangkat elevatornya. Teman saya juga melakukan hal yang sama tapi kok ya tetep pesawat ini spin ya?? :tlt

Sudah terbang enak diatas ketinggian sekitar 6 meter, belok kanan, belok kiri, nah pas belok kanan lagi lgs spin kebawah.. ada apa ya dgn piper? dan keempat kalinya begini terus..

memang saat terbang terlihat pesawat ini terlalu ringan. Tapi apa itu penyebabnya ya suhu?
Oya speknya pesawat teman sy ini dgn
motor 800KV
prop 9x7 (3blade ) muntir diganti 11x4.7 juga muntir
batt 1300 mah (gagal), 2200mah (gagal juga)

EPA untuk ail dan elev 100% (gagal) diganti ke 50% (juga gagal)

Trims suhu jikalau ada yang berkenan memberikan jawaban. Jujur saja kami2 yang melihatnya dibuat heran karena sulitnya menerbangkan pesawat ini, :thx
User avatar
radit182
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 198
Joined: 23 Oct 2011, 19:11
Location: balikpapan - ungaran - semarang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by radit182 »

toto wrote:selamat siang .... pemula ingin bagi pengalaman nih mohon maaf kalau tidak tepat apalagi salah .... ini juga saya loh yg masih pemula untuk memperhatikan apakah pesawat sudah mendapatkan lift yg cukup kalau diperhatikan keliatan dari pesawat gerakannya lebih enteng dengan diwakili akselerasinya yang nambah dengan posisi throttle yang sama .... kira2 gitu deh bener enggak sih ya. ...... ..... mohon koreksinya para suhu nih




salam


iya bener eyang toto, pesawat ini memang terlihat sangat ringan saat terbang.. hmm kalo utk lift speed yang saya lihat sewaktu teman saya 4x crash dengan pesawat ini dengan throtlle 50% sudah naik (tanpa menggerakkan elev) trus dipacu lagi ke 100%.. awalnya baik2 saja.. nah pas belok itu eyang suhu, kok pesawat spin ya? :pyg

mohon dibantu suhu eyang toto, kira2 berapa yah setingan untuk ail dan elev yang baik :thx
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by ipin17 »

radit182 wrote:kejadian ini juga sama dialami teman saya... sudah 4x take off tapi pesawat tetep muntir ke kanan yang berakibat crash.. Seperti yang suhu beberkan, kalau pesawat ini harus sebaiknya jgn keburu diangkat elevatornya. Teman saya juga melakukan hal yang sama tapi kok ya tetep pesawat ini spin ya?? :tlt

Sudah terbang enak diatas ketinggian sekitar 6 meter, belok kanan, belok kiri, nah pas belok kanan lagi lgs spin kebawah.. ada apa ya dgn piper? dan keempat kalinya begini terus..

memang saat terbang terlihat pesawat ini terlalu ringan. Tapi apa itu penyebabnya ya suhu?
Oya speknya pesawat teman sy ini dgn
motor 800KV
prop 9x7 (3blade ) muntir diganti 11x4.7 juga muntir
batt 1300 mah (gagal), 2200mah (gagal juga)

EPA untuk ail dan elev 100% (gagal) diganti ke 50% (juga gagal)

Trims suhu jikalau ada yang berkenan memberikan jawaban. Jujur saja kami2 yang melihatnya dibuat heran karena sulitnya menerbangkan pesawat ini, :thx


Kalau melihat kasusnya sebelum stall spin kan sdh berhasil belok kanan dan kiri tuh?, nah pas belok terakhir sebelum jatuh bagaimana kondisinya?, perlu diingat kalau pesawat belok yang pasti sayap pasti miring kan?, nah disini gaya angkat otomatis berkurang atau malah hilang sama sekali kalau kemiringan sayap sangat curam seperti posisi knife edge, kalau tidak dibarengi dengan throttle up dan elevator up ya pasti stall, bisa jadi stall spin kalau si pilot gugup dan mengoreksi aileron nya kebalik sehingga malah menjadi parah, ini hanya teorinya, tapi kayaknya kejadiannya seperti ini melihat sebelumnya proses belok kiri/kanan bisa lancar
User avatar
radit182
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 198
Joined: 23 Oct 2011, 19:11
Location: balikpapan - ungaran - semarang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by radit182 »

ipin17 wrote:
Kalau melihat kasusnya sebelum stall spin kan sdh berhasil belok kanan dan kiri tuh?, nah pas belok terakhir sebelum jatuh bagaimana kondisinya?, perlu diingat kalau pesawat belok yang pasti sayap pasti miring kan?, nah disini gaya angkat otomatis berkurang atau malah hilang sama sekali kalau kemiringan sayap sangat curam seperti posisi knife edge, kalau tidak dibarengi dengan throttle up dan elevator up ya pasti stall, bisa jadi stall spin kalau si pilot gugup dan mengoreksi aileron nya kebalik sehingga malah menjadi parah, ini hanya teorinya, tapi kayaknya kejadiannya seperti ini melihat sebelumnya proses belok kiri/kanan bisa lancar


pada saat pesawat itu belok, teman saya posisi trotle di 100% suhu, posisi yang saya lihat pada saat spin ke kanan itu pesawat belok ke kanan biasa, tapi posisi fuselage itu menghadap bawah sekitar 45*.

Nah setelah itu lgs spin hebat dengan sudut 90* pesawat ini dan crash.. kalo masalah lupa mengangkat elevator sih sepertinya agak kecil kemungkinannya suhu, karena pas belok ke kanan ke kiri itu normal semua.. ke 4x nya suhu.. spin kebawah selalu 90*

awalnya kami beranggapan loss range, tapi setelah di cek di WD ga ada yang bermasalah pada TX maupun RX.

hmm ini cuman pendapat saya aja suhu, karena selama ini megang pesawat, kalau kita terus2an mengarahkan ail ke kanan atau ke kiri bukannya pesawat nantinya akan roll ya suhu? Dan misalnya saat roll itu crash, pasti sudut crashnya <90* bukan?
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by ipin17 »

radit182 wrote:pada saat pesawat itu belok, teman saya posisi trotle di 100% suhu, posisi yang saya lihat pada saat spin ke kanan itu pesawat belok ke kanan biasa, tapi posisi fuselage itu menghadap bawah sekitar 45*.

Nah setelah itu lgs spin hebat dengan sudut 90* pesawat ini dan crash.. kalo masalah lupa mengangkat elevator sih sepertinya agak kecil kemungkinannya suhu, karena pas belok ke kanan ke kiri itu normal semua.. ke 4x nya suhu.. spin kebawah selalu 90*

awalnya kami beranggapan loss range, tapi setelah di cek di WD ga ada yang bermasalah pada TX maupun RX.

hmm ini cuman pendapat saya aja suhu, karena selama ini megang pesawat, kalau kita terus2an mengarahkan ail ke kanan atau ke kiri bukannya pesawat nantinya akan roll ya suhu? Dan misalnya saat roll itu crash, pasti sudut crashnya <90* bukan?


Maaf saya bukan suhu, geli rasanya, panggil saja apa adanya, ipin cukuplah. Maksud saya bukan terus2 an mengarahkan aileron ke kanan atau ke kiri, tapi saat stall spin itu karena aileron berada di posisi searah dengan spin nya, kalau belok terus2 an mengarahkan aileron ke satu sisi ya pasti spin deh.

Kalau pada saat belok fuselage menghadap bawah sekitar 45 derajat itu sudah ekstrim banget beloknya, artinya gaya angkat sudah berkurang banyak jadi hidungnya turun, kecuali memang disengaja belok sambil nge dive nah itu embuh maning, apalagi throttlenya full 100%, kalau ketinggian sekitar 6 meter dengan posisi belok seperti ini ya sulit recover saat stall, apalagi ini high wing

Memang susah sang pilot mendefinisikan kejadian saat crash dengan detail, apakah kurang throttle, lupa elevator up dll karena pasti saat itu panik, bingung, dll campur aduk, sehingga kalau ditanya temennya kenapa kok kau crash?, pasti dijawab : "anu aku sudah bener kok tadi proses beloknya", padahal dalam hati pasti gak yakin tuh :ha3 , kecuali kalau sebelum crash memang sempat diketahui ada failure seperti lost signal, bilah elevator terlihat lepas, dll, atau pilotnya sudah mahir banget sehingga saat diketahui hendak crash pun tetap tenang dan jernih pikirannya tidak panik dll. Maaf ini pengalaman pribadi puluhan kali crash, dan sampai sekarangpun sering kalau ditanya teman alasan kenapa crash pasti saya jawab dengan tanpa keyakinan dihati apa iya itu yang nyebabin crash?.

Saya juga sempat punya piper j3 cub walaupun home made (coroplast electric, ada di room homemade tapi report build nya gak selesai walaupun sudah terbang namun flight report tidak ada) namun sama karakteristiknya, kalau take off harus rogging dulu agak jauh baru angkat pelan2 (disini beberapa kali crash), kalau banking turn harus nambah throttle dan elevator up (disini crash 2 kali, yang terakhir spiral dive yang menamatkan riwayat nya karena hancur lebur termasuk motor, esc dan batt, yg selamat cuman servo doang), waktu itu memang lagi giat2 nya belajar nerbangin pesawat jadi sangat miskin pengalaman dan masih sering lost orientasi dan trial n error
User avatar
radit182
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 198
Joined: 23 Oct 2011, 19:11
Location: balikpapan - ungaran - semarang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by radit182 »

ya memang benar susah mendefinisikan saat crash itu bagaimana.. karena sy juga sering mengalaminya.. kalau throtle, saya 100% yakin itu crash saat full, karena sy liat sendiri om :shy.

ohya seperti ini kejadiannya


memang tidak 100% seperti itu
yang membedakan pertama pesawat belok ke kanan dan spin hebat
yang kedua ketinggiannya..

tapi proses berlangsungnya spin seperti itu..
trims om ipin.. mungkin memang harus lebih hati2 lagi kalo mainan piper yah. walau sayap atas tapi ga mudah ternyata
User avatar
dino
Major
Major
Posts: 1791
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by dino »

maaf nyelentuk... :tlt wkt belok kurang power tuh bOz... :flu
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by toto »

sejauh yg saya alami saat belok langsung masuk stall spin ya seperti apa yg di bilang sama om suhu dino dan hal ini pernah saya alami tidak saja dgn J3 tapi juga beaver pada saat belok kurang speed jadi aja langsung tiung deh

tidak tertutup pada saat kejadian temennya om radit itu bener throttle pada posisi 100% tapinya kondisi sang baterai sudah drop jadi ya gitu deh speed tidak mencukupi lagi selain itu harus diperhatikan juga bahwa auw kalau kelewatan dikit aja membuat wing loading langsung naik dan contoh ini saya alami dengan beaver saya, awalnya saya tidak pasang servo untuk flap terbang enak megal megol aman terus karena memang di pesawat sudah tersedia dudukan servo utk flap dan bilah flap juga tersedia tinggal copot pin utk mengaktifkannya maka dengan semangat langsung aja saya pasang eh tahunya waktu terbang dengan gaya yang sama waktu belok langsung aja melintir, selamat terbang saat itu tinggi maklum masih test flight jadi selamat deh. abis itu di copotin lagi servo nya matikan lagi bilah flap seperti semula terbang aman lagi deh .... gitu deh kira2 sharing soal mlintir waktu belok, nah dari pengalaman ini tidak tertutup auw sang J3 naik akibat menaikan kapasitas lipo nya



salam
User avatar
radit182
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 198
Joined: 23 Oct 2011, 19:11
Location: balikpapan - ungaran - semarang
Contact:

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Post by radit182 »

dino wrote:maaf nyelentuk... wkt belok kurang power tuh bOz...


trottle di 100% om,
karena sy liat sendiri dari terbang normal, belok kemudian spin sampe nyium tanah itu masi 100%.. setelah itu baru di cut.. :shy

toto wrote:sejauh yg saya alami saat belok langsung masuk stall spin ya seperti apa yg di bilang sama om suhu dino dan hal ini pernah saya alami tidak saja dgn J3 tapi juga beaver pada saat belok kurang speed jadi aja langsung tiung deh

tidak tertutup pada saat kejadian temennya om radit itu bener throttle pada posisi 100% tapinya kondisi sang baterai sudah drop jadi ya gitu deh speed tidak mencukupi lagi selain itu harus diperhatikan juga bahwa auw kalau kelewatan dikit aja membuat wing loading langsung naik dan contoh ini saya alami dengan beaver saya, awalnya saya tidak pasang servo untuk flap terbang enak megal megol aman terus karena memang di pesawat sudah tersedia dudukan servo utk flap dan bilah flap juga tersedia tinggal copot pin utk mengaktifkannya maka dengan semangat langsung aja saya pasang eh tahunya waktu terbang dengan gaya yang sama waktu belok langsung aja melintir, selamat terbang saat itu tinggi maklum masih test flight jadi selamat deh. abis itu di copotin lagi servo nya matikan lagi bilah flap seperti semula terbang aman lagi deh .... gitu deh kira2 sharing soal mlintir waktu belok, nah dari pengalaman ini tidak tertutup auw sang J3 naik akibat menaikan kapasitas lipo nya



salam


:hah cuman ditambah servo aja lgs melintir ? hmm kalo menurut tulisan eyang toto, besok sy coba sarankan ke temen utk memperkecil ukuran baterenya.. mungkin saja wing loadingnya juga makin berat ngangkat batere ya suhu...

Terimakasih sarannya suhu :thx
Post Reply