Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Posted: 06 Jun 2012, 15:13
Piper J3 saya mau maiden besok.... thank you banget pada para suhu yg sudah kasih tip take off aman...

Komunitas Aeromodelling Nusantara
http://www.gaero.org/
toto wrote:selamat siang .... pemula ingin bagi pengalaman nih mohon maaf kalau tidak tepat apalagi salah .... ini juga saya loh yg masih pemula untuk memperhatikan apakah pesawat sudah mendapatkan lift yg cukup kalau diperhatikan keliatan dari pesawat gerakannya lebih enteng dengan diwakili akselerasinya yang nambah dengan posisi throttle yang sama .... kira2 gitu deh bener enggak sih ya. ...... ..... mohon koreksinya para suhu nih
salam
radit182 wrote:kejadian ini juga sama dialami teman saya... sudah 4x take off tapi pesawat tetep muntir ke kanan yang berakibat crash.. Seperti yang suhu beberkan, kalau pesawat ini harus sebaiknya jgn keburu diangkat elevatornya. Teman saya juga melakukan hal yang sama tapi kok ya tetep pesawat ini spin ya??![]()
Sudah terbang enak diatas ketinggian sekitar 6 meter, belok kanan, belok kiri, nah pas belok kanan lagi lgs spin kebawah.. ada apa ya dgn piper? dan keempat kalinya begini terus..
memang saat terbang terlihat pesawat ini terlalu ringan. Tapi apa itu penyebabnya ya suhu?
Oya speknya pesawat teman sy ini dgn
motor 800KV
prop 9x7 (3blade ) muntir diganti 11x4.7 juga muntir
batt 1300 mah (gagal), 2200mah (gagal juga)
EPA untuk ail dan elev 100% (gagal) diganti ke 50% (juga gagal)
Trims suhu jikalau ada yang berkenan memberikan jawaban. Jujur saja kami2 yang melihatnya dibuat heran karena sulitnya menerbangkan pesawat ini,
ipin17 wrote:
Kalau melihat kasusnya sebelum stall spin kan sdh berhasil belok kanan dan kiri tuh?, nah pas belok terakhir sebelum jatuh bagaimana kondisinya?, perlu diingat kalau pesawat belok yang pasti sayap pasti miring kan?, nah disini gaya angkat otomatis berkurang atau malah hilang sama sekali kalau kemiringan sayap sangat curam seperti posisi knife edge, kalau tidak dibarengi dengan throttle up dan elevator up ya pasti stall, bisa jadi stall spin kalau si pilot gugup dan mengoreksi aileron nya kebalik sehingga malah menjadi parah, ini hanya teorinya, tapi kayaknya kejadiannya seperti ini melihat sebelumnya proses belok kiri/kanan bisa lancar
radit182 wrote:pada saat pesawat itu belok, teman saya posisi trotle di 100% suhu, posisi yang saya lihat pada saat spin ke kanan itu pesawat belok ke kanan biasa, tapi posisi fuselage itu menghadap bawah sekitar 45*.
Nah setelah itu lgs spin hebat dengan sudut 90* pesawat ini dan crash.. kalo masalah lupa mengangkat elevator sih sepertinya agak kecil kemungkinannya suhu, karena pas belok ke kanan ke kiri itu normal semua.. ke 4x nya suhu.. spin kebawah selalu 90*
awalnya kami beranggapan loss range, tapi setelah di cek di WD ga ada yang bermasalah pada TX maupun RX.
hmm ini cuman pendapat saya aja suhu, karena selama ini megang pesawat, kalau kita terus2an mengarahkan ail ke kanan atau ke kiri bukannya pesawat nantinya akan roll ya suhu? Dan misalnya saat roll itu crash, pasti sudut crashnya <90* bukan?
dino wrote:maaf nyelentuk... wkt belok kurang power tuh bOz...
toto wrote:sejauh yg saya alami saat belok langsung masuk stall spin ya seperti apa yg di bilang sama om suhu dino dan hal ini pernah saya alami tidak saja dgn J3 tapi juga beaver pada saat belok kurang speed jadi aja langsung tiung deh
tidak tertutup pada saat kejadian temennya om radit itu bener throttle pada posisi 100% tapinya kondisi sang baterai sudah drop jadi ya gitu deh speed tidak mencukupi lagi selain itu harus diperhatikan juga bahwa auw kalau kelewatan dikit aja membuat wing loading langsung naik dan contoh ini saya alami dengan beaver saya, awalnya saya tidak pasang servo untuk flap terbang enak megal megol aman terus karena memang di pesawat sudah tersedia dudukan servo utk flap dan bilah flap juga tersedia tinggal copot pin utk mengaktifkannya maka dengan semangat langsung aja saya pasang eh tahunya waktu terbang dengan gaya yang sama waktu belok langsung aja melintir, selamat terbang saat itu tinggi maklum masih test flight jadi selamat deh. abis itu di copotin lagi servo nya matikan lagi bilah flap seperti semula terbang aman lagi deh .... gitu deh kira2 sharing soal mlintir waktu belok, nah dari pengalaman ini tidak tertutup auw sang J3 naik akibat menaikan kapasitas lipo nya
salam