Page 4 of 17
Re: GedE - Special Edition 2
Posted: 23 Mar 2009, 10:20
by justinus
Om Doms mesti banyak belajar dari mas Dimas nih, jangan asal main potong aja.

Re: GedE - Special Edition 2
Posted: 23 Mar 2009, 10:33
by MrDoms
DIMAS wrote:Doms wrote:tapi mau nanya lagi nih, itu sayap yang pakai foam core dan lapis balsa untuk katana 50cc beratnya berapa sih mas? termasuk pipa aluminumnya
Standart berat ideal Ready To Fly utk pesawat (utk pesawat bisa hover = aerobatic 3 D) :
-50cc = 8 kg
-100cc = 14 kg
-150cc = 18 kg
dan berat sayap lebih kurang 20% = 1/5 berat total.
Salam...
thanks pencerahannya....
@Om Just: iya nih... main embat saja... hehehe
Re: GedE - Special Edition 2
Posted: 30 Mar 2009, 21:53
by MrDoms
mau up date lagi nih.... setelah operasi sedot lemak... hehehe..
Tekniknya sih mudah cuma berhubung peralatan pas-pasan, sedot lemak dilakukan dengan extra hati2...
Triknya sebagai berikut:
Pertama sekali, dibikin lobang untuk memasukkan batang aluminum sepanjang 1 meter untuk sebelah sayap. Lobang dibuat dengan menggunakan hotwire. Untuk memasukkan wire, digunakan kawat baja sepanjang 1 meter lebih ditusukkan pelan2 agar lurus sampai ke bagian ujung dengan lurus. Setelah itu baru arus listrik di onkan...
Setelah lobang terbentuk dengan ukuran yang pas dengan batang aluminum, baru batang penguat sepanjang 1 meter dimasukkan setelah sebelumnya dioleskan lem...

Re: GedE - Special Edition 2
Posted: 30 Mar 2009, 21:57
by MrDoms
Selelah batang aluminum diameter 3/4" masuk, baru kemudian dilakukan operasi sedot lemak.... ini penting agar resiko kemungkinan patah wing akibat sedot lemak tidak terjadi.
Sedot lemak dilakukan dengan metoda yang sama dengan teknik melubangi foam untuk batang aluminum
berikut hasilnya:

Gerowong full sampai ujung....

Re: GedE - Special Edition 2
Posted: 30 Mar 2009, 22:01
by MrDoms
Walaupun ada beberapa gerowong di tengah sayap, namun kekuatannya masih dapat diandalkan...
Tidakpuas lagi, penurunan berat masih dilakukan dengan membuat lubang2 dari bagian atas sayap seperti berikut...

hasilnya berat total sayap termasuk batang aluminum 2 meter adalah 1.1 kg... masih besar harapan saya untuk menggunakan enjin 91 untuk pesawat ini... moga2 berat total nanti tidak lebih dari 4.5 kg...
Re: GedE - Special Edition 2
Posted: 31 Mar 2009, 07:51
by sukmana
wuih... spesialis hotwire...
bisa juga bikin lobang kayak itu...

Re: GedE - Special Edition 2
Posted: 31 Mar 2009, 14:51
by DIMAS
Doms wrote:Walaupun ada beberapa gerowong di tengah sayap, namun kekuatannya masih dapat diandalkan...
Tidakpuas lagi, penurunan berat masih dilakukan dengan membuat lubang2 dari bagian atas sayap
hasilnya berat total sayap termasuk batang aluminum 2 meter adalah 1.1 kg... masih besar harapan saya untuk menggunakan enjin 91 untuk pesawat ini... moga2 berat total nanti tidak lebih dari 4.5 kg...
Jangan lupa posisi lubang jangan menggangu potongan utk aileron.
Klo dari gambar, sepertinya garis potong utk aileron agak terganggu.
Salam...
Re: GedE - Special Edition 2
Posted: 31 Mar 2009, 15:04
by MrDoms
DIMAS wrote:Jangan lupa posisi lubang jangan menggangu potongan utk aileron.
Klo dari gambar, sepertinya garis potong utk aileron agak terganggu.
Salam...
whayaoww.... masih juga main embat... maklumlah... hehehehe...
garis potong maksudnya apa suhu? saya rencana aileron pakai hinge engsel itu (hinge atau clevis ya istilahnya??).
Aileron nanti saya bikin dari gabus tebal 2 cm dan dipotong menipis pada bagian ujungnya. Jadi total wing cord-nya nanti bertambah paling tidak 10 cm lagi untuk sebagai aileron. Jadi wingnya bener2 gede suhu...
engselnya nanti saya lemkan pakai lem kingkong itu...
Re: GedE - Special Edition 2
Posted: 31 Mar 2009, 15:06
by AgoesAurelz
Re: GedE - Special Edition 2
Posted: 31 Mar 2009, 15:08
by iwan21
Doms wrote:
whayaoww.... masih juga main embat... maklumlah... hehehehe...
garis potong maksudnya apa suhu? saya rencana aileron pakai hinge engsel itu (hinge atau clevis ya istilahnya??).
Aileron nanti saya bikin dari gabus tebal 2 cm dan dipotong menipis pada bagian ujungnya. Jadi total wing cord-nya nanti bertambah paling tidak 10 cm lagi untuk sebagai aileron. Jadi wingnya bener2 gede suhu...
engselnya nanti saya lemkan pakai lem kingkong itu...
asumsi om Dimas aileron motong dari bagian sayap, kalo ternyata aileron terpisah dan gak motong dari sayap diatas, ya gak masalah dg garis potongnya