Sementara daya motor bisa AUW sampai 1,4Kg...saya pikir oke punyalah Mas Dino.... Mudah-mudahan bisa ngacir...
Sekarang justru lagi mikir gimana cara memperkuat wing joint nya....kelihatan rapuh kondisi yg sekarang... padahal...titik berat ada di wing joint ini... rencana mau dilapis dengan plywood 2mm...
wah...wah om Didin mau ber 3D dengan glider rupanya...h.e..he. Om menurut penerawangan saya ....halaaaaah mboh lah.... kayaknya itu power kegedean buanget dech. karena beratnya batt plus..plus itu lho..apa nggak mempengaruhi CG. Paling penting untuk glider khan kita harus buat pesawat seringan mungkin, dan CG harus benar2 pas, baru lah dia terbang, he.h.e kalau saya mungkin malah take off nya ditarik tali aja kalee ya... nah power digunakan untuk soaring thermal he.h.e.. pasti nikmat sekalleeeee nich
@Handoyo...benar sekali Om. mesti dibuat seringan mungkin....tapi dari sononya...tanpa Bat...berat dah nyenggol 960 gram...kalau berat motor cuma 77gram...
Kalau menurut manualnya...glider ini beratnya di kisaran 1300 - 1400 gram dan wing loading 45 - 48 gr/dm2, pakai motor standar 540 class Kalau perhitungan saya...karena berat 1.100 gram (200 gram di bawah manual) tentu wing loading semakin besar dan akan semakin uenak melayangnya...CMII
Kalau nggak bisa masuk ke thermal dan melayang...ya terpaksa motor yang dipakai terus....pengalaman yg pernah punya....bisa terbang sampai 40 menit
kalo terbang glider bahaya lost orientasi....karena terbang tinggi/jauh... dan lama durasinya... ini yg bikin cape mata dan leher... tambahan juga, sayap glider jangan dipake neko-neko... kalo loop dan diving terlalu tajam bisa patah diudara...
AgoesAurelz wrote:kalo terbang glider bahaya lost orientasi....karena terbang tinggi/jauh... dan lama durasinya... ini yg bikin cape mata dan leher... tambahan juga, sayap glider jangan dipake neko-neko... kalo loop dan diving terlalu tajam bisa patah diudara...
ini dia yang saya khawatirkan nerbangin glider...pesawat eng 46 jarak 300 mtr aja saya sering lost orientasi... Kalau buat gerakan aneh-aneh...wah yg ini belum sinkron antara mata - jempol ....dipriorutaskan terbang sopan aja..
didin wrote:@Handoyo...benar sekali Om. mesti dibuat seringan mungkin....tapi dari sononya...tanpa Bat...berat dah nyenggol 960 gram...kalau berat motor cuma 77gram...
Kalau menurut manualnya...glider ini beratnya di kisaran 1300 - 1400 gram dan wing loading 45 - 48 gr/dm2, pakai motor standar 540 class Kalau perhitungan saya...karena berat 1.100 gram (200 gram di bawah manual) tentu wing loading semakin besar dan akan semakin uenak melayangnya...CMII
Kalau nggak bisa masuk ke thermal dan melayang...ya terpaksa motor yang dipakai terus....pengalaman yg pernah punya....bisa terbang sampai 40 menit
Berat 1100 gram masih normal, karena sudah diganti brushless dan lipo. Pesawat standard biasanya pake brush dan nicad 7 sel. Jadi memang berat dimotor dan baterenya. Persoalan pakai brushless biasanya mengatur CGnya, karena motor yang terlalu ringan. Kadang batere masih harus dipasang didepan motor.
Pesawat yang ringan memang enak, lebih mudah naik dan cepat naik pula kalau kena thermal. Persoalannya malah waktu mau nurunin, kadang ga bisa turun kalau kena thermal. Jalan satu2nya adalah di dive. Namun bahaya waktu dive sayap bisa patah.
@Om Justinus...terima kasih banyak nich dengan pencerahannya. Saya akan atur sedemikian rupa sehinggan CG bisa presisi....mudah-mudahan tidak menambah pemberat lagi...saya lihat nanti...
Kalau dah masuk thermal....bisa tinggi sekali terbangnya ya Om Just....wah ngeri juga....bisa-bisa glider masuk awan nggak kembali lagi...
AgoesAurelz wrote:kalo terbang glider bahaya lost orientasi....karena terbang tinggi/jauh... dan lama durasinya... ini yg bikin cape mata dan leher... tambahan juga, sayap glider jangan dipake neko-neko... kalo loop dan diving terlalu tajam bisa patah diudara...
ini dia yang saya khawatirkan nerbangin glider...pesawat eng 46 jarak 300 mtr aja saya sering lost orientasi... Kalau buat gerakan aneh-aneh...wah yg ini belum sinkron antara mata - jempol ....dipriorutaskan terbang sopan aja..