Om Joko , K/F dg takik atas perlu speed tinggi utk menghasilkan lift berdasarkan percoban saya, jadi utk take off perlu landas pacu agak panjang, kecuali pake motor speed 400 direct drive dag prop 7x4.
Utk aplikasi di motor gearbox, baiknya coba dulu dg gabungan under cambered dan takik dibawah yg dg wing incidence 0 derajat dan kecepatan rendah udah airborne pada jarak pendek..ini udah berhasil do PoCroD saya.
Pantesan,.. waktu dicobain pake sayap k/F TAKIK DIATAS itu,..pesawat kok loyo banget....pesawat terbang rendah,...kurang lebih 2 meteran ketinggiannya,...berputar-putar sampai 3 kali gak nanjak2x...untung gak ada sapa-sapa,...biasanya banyak penonton yng mengerumuni,...kalau ada yg nonton pasti kena samber tuh kepala orang-orang.....
Kalau KF takik di bawah,..atasnya flat ,... gimana Om Iwan ??
Kalo atasnya flat dg takik dibawah cocoknya yg kecepatan tinggi juga, saya pake itu di jet pusher (versi GePe dari V1 sampe V3), sayang om Joko engak ada YM nya nih, kalo ada bisa asik lagi ngobrolnya he he he