Antara Cessna Skylane 46 dan Avistar

Diskusi pesawat rc tenaga engine
User avatar
Ary
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 499
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

OS 46 FX Dgn bisson muffler... Om TN Cessna cmp nya sayapnya ada sudut serangnya nggak ?
User avatar
seasickers
Airman
Airman
Posts: 30
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Post by seasickers »

Bos Ary, ....
Setahu saya Cessna Skylane 46 nya Pak Budi atmoko Bandung itu pake diheral kok, jd lbh stabil,
Image

Tapi berdasarkan gambar itu, muffler nya model out of cowl ya?
wah harus bikin pitts muffler nih......

kalo di Great Plane kan udah ada lobang buat muffler convensional.
gimana bos?
User avatar
Ary
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 499
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Ya itu makanya sy pakai bisson muffler,jadi bisa rapi mufflernya ... O:)
User avatar
seasickers
Airman
Airman
Posts: 30
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Post by seasickers »

Tapi punya CMPro sayap nya gak kayak diatas kan bos? lebih lurus modelnya (tanpa dihedral) 8-[
User avatar
tn
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 214
Joined: 17 Jan 2007, 17:44
Location: seribu sungai (Banjarmasin)
Contact:

Post by tn »

betul tanpa dihedral
User avatar
Ary
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 499
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Benar pak,sayapnya lebih lurus dan wingtip nya beda,lebih scale yg ESM....
User avatar
seasickers
Airman
Airman
Posts: 30
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Post by seasickers »

Tanpa dihedral=susah buat pemula? :-k :-k
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

banyak tantangan........, kalo mo stabil pasang gyro di aileronya
User avatar
Ary
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 499
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Utamanya bukan karena tdk ada dihedralnya pak,pes tsb kan high wing ? tentunya masih terbilang lebih
mudah daripada low wing..,dan juga meskipun kelihatannya lurus saja namun kalau dilihat secara airfoil,sayapnya taper keatas jadi masih punya dihedral meskipun sedikit, jadi bukan benar2 lurus sperti pes aerobatik..

Yang mesti dipertimbang juga mengenai terbangnya adalah wing loadingnya ,jadi luas sayap dibagi berat total pesawatnya, sebab meskipun punya dihedral yg banyak tapi kalau pesawatnya berat dan luas sayapnya kecil, bakalan terbangnya pontang panting juga ...begitu juga meskipun sayapnya lurus rus tapi kalo pes tsb wing loadingnya rendah,bakalan terbangnya anteng...
User avatar
Yagee
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 273
Joined: 25 Jan 2007, 09:51
Location: Semarang Kaline Banjir
Contact:

Post by Yagee »

Cessna CMpro maupun Greatplanes memang tanpa dehidral namun kharakter terbangnya masih seperti trainer akan stall jika benar-benar kehabisan speed dalam posisi nose terangkat...makanya hati2 pada saat belok dan landing kudu musti jaga speed ...jangan terlalu pelan banget atau terlalu cepat nanti malah susah landing...pokoknya untuk pemula nggak perlu khawatir dgn ke dua produk di atas asal cara menginstall kit nya benar dan cgnya benar...
Post Reply