Page 4 of 5
Re: Sickle 46e F3A
Posted: 25 Jul 2010, 12:18
by Kang Dadan
karena penasaran,,,kit pesawatnya saya timbang

yang cukup mengagetkan ternyata beratnya cuma 1,1kg,,,jadi untuk mengejar AUW pesawat 2,2kg sangatlah memungkinkan,,,mudah2n

Re: Sickle 46e F3A
Posted: 25 Jul 2010, 14:43
by Turbofly
Kang Dadan wrote:karena penasaran,,,kit pesawatnya saya timbang

yang cukup mengagetkan ternyata beratnya cuma 1,1kg,,,jadi untuk mengejar AUW pesawat 2,2kg sangatlah memungkinkan,,,mudah2n

Aku coba simulasiin kok agak meffeeet..ya
Required :
5 pcs servo Hitec-HS 81 @ 45g = 225 gram
1 pcs ESC 85A/5A SBEC @ 90g = 90 gram
1 pcs RX-AR7000 +/- 30g = 30 gram
1 pcs Batt 4500mah 6S 25-50C = 790 gram
1 pcs motor 4250 650kv/1150w = 250 gram
1 pcs sport Prop = 95 gram
------------------ +
Total = 1480 gram
klebihan 380 gram dari target 1100 gram...apa msh batas toleransi AUW ?
atau cari alternatif lain spy angka AUW tercapai....
Re: Sickle 46e F3A
Posted: 25 Jul 2010, 17:05
by Turbofly
Turbofly wrote:Kang Dadan wrote:karena penasaran,,,kit pesawatnya saya timbang

yang cukup mengagetkan ternyata beratnya cuma 1,1kg,,,jadi untuk mengejar AUW pesawat 2,2kg sangatlah memungkinkan,,,mudah2n

Aku coba simulasiin kok agak meffeeet..ya
Required :
5 pcs servo Hitec-HS 81 @ 45g = 225 gram
1 pcs ESC 85A/5A SBEC @ 90g = 90 gram
1 pcs RX-AR7000 +/- 30g = 30 gram
1 pcs Batt 4500mah 6S 25-50C = 790 gram
1 pcs motor 4250 650kv/1150w = 250 gram
1 pcs sport Prop = 95 gram
------------------ +
Total = 1480 gram
klebihan 380 gram dari target 1100 gram...apa msh batas toleransi AUW ?
atau cari alternatif lain spy angka AUW tercapai....
5 pcs servo Hitec-HS 5085 @ 21g = 105 gram ( PA MX-50)
1 pcs ESC 85A/5A SBEC @ 60g = 60 gram ----> ralat sblmnya 90 gram
1 pcs RX-AR7000 +/- 30g = 30 gram
1 pcs Batt 4500mah 6S 25-50C = 687 gram ----> ralat sblmnya 790 gram
1 pcs motor PA thrust 50 = 279 gram (PA MX-50)
1 pcs sport Prop = 95 gram
------------------ +
Total = 1256 gram
masih di atas target 1100 gram juga...
Re: Sickle 46e F3A
Posted: 25 Jul 2010, 21:41
by Kang Dadan
Turbofly wrote:Turbofly wrote:Kang Dadan wrote:karena penasaran,,,kit pesawatnya saya timbang

yang cukup mengagetkan ternyata beratnya cuma 1,1kg,,,jadi untuk mengejar AUW pesawat 2,2kg sangatlah memungkinkan,,,mudah2n

Aku coba simulasiin kok agak meffeeet..ya
Required :
5 pcs servo Hitec-HS 81 @ 45g = 225 gram
1 pcs ESC 85A/5A SBEC @ 90g = 90 gram
1 pcs RX-AR7000 +/- 30g = 30 gram
1 pcs Batt 4500mah 6S 25-50C = 790 gram
1 pcs motor 4250 650kv/1150w = 250 gram
1 pcs sport Prop = 95 gram
------------------ +
Total = 1480 gram
klebihan 380 gram dari target 1100 gram...apa msh batas toleransi AUW ?
atau cari alternatif lain spy angka AUW tercapai....
5 pcs servo Hitec-HS 5085 @ 21g = 105 gram ( PA MX-50)
1 pcs ESC 85A/5A SBEC @ 60g = 60 gram ----> ralat sblmnya 90 gram
1 pcs RX-AR7000 +/- 30g = 30 gram
1 pcs Batt 4500mah 6S 25-50C = 687 gram ----> ralat sblmnya 790 gram
1 pcs motor PA thrust 50 = 279 gram (PA MX-50)
1 pcs sport Prop = 95 gram
------------------ +
Total = 1256 gram
masih di atas target 1100 gram juga...
ga a didit,,,target auw nya 2200gram sesuai tulisan di kardus,,,hehe
tapi klo pake konfigurasi eletronik tsb tetep aja diatas 2,2kg
Re: Sickle 46e F3A
Posted: 25 Jul 2010, 22:13
by Turbofly
ya udah klo begituu keluarin dong konfigurasinya...biar jadi referensi..siapa tau nanti ada project yg mirip2...hehe
Re: Sickle 46e F3A
Posted: 25 Jul 2010, 23:20
by Syafik
Nunggu aja hasil jadinya... dan maidennya, blm punya pengalaman pswt gede, ikutan para suhu aja
Re: Sickle 46e F3A
Posted: 26 Jul 2010, 09:44
by Kang Dadan
rencananya pake spek kyk gini:
motor kelas 50xx = 300gr
esc 80a = 60gr
servo standar (analog/digital) = 45gr x 4 =180gr
batre 6s 4500-5200mah = 700gr
lain2 yg belum terukur (lingkage,kabel, baut, propeler, lem) = kira2 150gr
--------------------------- +
total = 1390gram
klo ditotalin sama pesawat jadi beratnya 1100gr + 1390gr = 2490gram
wah,,,hampir 2,5 kilo,,,padahal targetnya 2,2 kilo
Re: Sickle 46e F3A
Posted: 26 Jul 2010, 10:05
by Kang Dadan
iwan21 wrote:Kalo liat beratnya yg sampe 2200gr, coba kita pake itung2an om suhu Budi
Utk f3A perlu power 150 sampe 200 watt/lbs, atau ekivalen 150 sampe 200 watt/450 gr.
nah dg berat yg 2200, powernyua minimal kita ambil yg 150 watt/450gr, maka kira2 perlu motor minimal kelas 600 watt.
supaya aman lagi, hasil itungan diatas kita kaliin 150%, maka jadinya 1,5 x 600 = 900 watt.
Kita carilah motor2 kelas 900 watt.
Utk ESC sendiri, tentu kita hitung yg ampu sampe lipo 6 sel ( tegangan kerja 20 Volt), kira2 perlu ESC 900x1,5/20= 65 ampere.
kalo pake lipo 4 sel ( tegangan kerja kisaran 13 Volt) , maka ESC nya 900x1,4/13 = 100 Amp..
kapasitas ESC sengaja dikali 1,5 kali dari hitungan motor, supaya aman
klo pake itung2n suhu2 diatas berat pesawatnya 2,5kg jadi daya motor yg diperlukan
2500/450x150=830watt
biar aman 830x150% = 1250watt
wah,,,,klo kayak gini jadi butuh motor yang dayanya lebih gede
gimana ini ya?!
Re: Sickle 46e F3A
Posted: 26 Jul 2010, 18:26
by Ary
Jangan ditambah beratnya lagi... nanti Wing loadingnya menderita ....
Hitungannya sudah benar.... liponya saja yg kegedean ...
diganti yg 6 sel 3200 ma saja.....
Re: Sickle 46e F3A
Posted: 27 Jul 2010, 11:23
by Kang Dadan
Ary wrote:Jangan ditambah beratnya lagi... nanti Wing loadingnya menderita ....
Hitungannya sudah benar.... liponya saja yg kegedean ...
diganti yg 6 sel 3200 ma saja.....
wah bener juga ya,,,liponya aja dikurangi
saya liat lipo 6sell 3200mah bobotnya cuma sekitar 500gr,,,,mayan bisa mangkas 200gr
thanks suhu bli ary