[WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Diskusi pesawat rc elektrik
Post Reply
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Post by handoyo6299 »

Yustitia wrote:salam kenal om, ikut nyimak ya


Monggo om Yus.. silahkan ambil tiker dipojokan yaaa. hati-hati sambil bawa payung juga, yang pojokan itu ada bocor je....
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Post by handoyo6299 »

dedy_r450 wrote:
topankaltim wrote:karena gak sabar nunggu order motor baru dari HK dan surabaya, kemarin nyobain pake motor HK 500H buat heli yg 1600Kv , motor dan propeler 12X6 APC malah

eh..ngomong ngomong kenapa propeler kayu bisa retak gitu ya Om? parahkah landingnya?
lebih bagus mana sih propeller APC apa kayu ya suhu?
salam,


ikut nimbrung ah,... :D
1600kv pake 12x6 bisa dapat menu baru esc hangus tuh om hehehehehe
prop APC atau kayu, sejauh ini prop kayu merk vox lebih ok dibanding APC


Lah ini... om kalau gitu nggak usah buat menu baru....... ganti aja motornya tapi yang ukuran.????....... lah ini suhu Dedy mesti nglotok kering kayak rambutan Aceh ni.. mumpung lagi musim....h.e..h.e.he.
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Post by handoyo6299 »

phyque wrote:Jepara masih banyak pengrajin kayu tho...minta dibikinin prop aja om, biar punya stok banyak, hehe

Numpang nanya, klo kita ga punya sama skali spek motor yang akan kita pake...cara untuk tahu prop size yang sesuai gimana?
Trus klo motor suaranya agak berisik, boleh dilumasi ga jerohannya (ngga cuma bearingnya aja, tapi kumparan dll juga) ? Takut malah kebakar. maklum pas pelajaran elektro lagi ujan deres..jadi ga masuk sekolah :ha3

Makasih


Om barusan saya browse dapet link untuk hitungan propeler,motor dan esc.... di coba pakai ini om
http://flbeagle.rchomepage.com/

nuwun.
User avatar
phyque
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 434
Joined: 05 Mar 2010, 23:51
Location: jakarta-cilegon-mojokerto

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Post by phyque »

Mantab link nya...top markotob :deal
User avatar
dedy_r450
Captain
Captain
Posts: 1626
Joined: 28 Nov 2007, 18:56
Location: Cibinong
Contact:

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Post by dedy_r450 »

handoyo6299 wrote:
dedy_r450 wrote:
topankaltim wrote:karena gak sabar nunggu order motor baru dari HK dan surabaya, kemarin nyobain pake motor HK 500H buat heli yg 1600Kv , motor dan propeler 12X6 APC malah

eh..ngomong ngomong kenapa propeler kayu bisa retak gitu ya Om? parahkah landingnya?
lebih bagus mana sih propeller APC apa kayu ya suhu?
salam,


ikut nimbrung ah,... :D
1600kv pake 12x6 bisa dapat menu baru esc hangus tuh om hehehehehe
prop APC atau kayu, sejauh ini prop kayu merk vox lebih ok dibanding APC


Lah ini... om kalau gitu nggak usah buat menu baru....... ganti aja motornya tapi yang ukuran.????....... lah ini suhu Dedy mesti nglotok kering kayak rambutan Aceh ni.. mumpung lagi musim....h.e..h.e.he.



MOTOR2 yg dipilih om topan kaltim untuk yg 4260 500kv di klaim bisa sampe 900w, bahkan dari reviewnya dengan 15x8 apc 6cell 2200mah lipo 52amps trustnya sekitar 2,5kiloan cocok buat replacement pesawat kelas .46 glow

kalao yg 5055 700kv malah lebih besar lagi... diklaim bisa sampai 1600watt :hah
dari reviewnya:
4210g of thrust at 12000 RPM when using 6S with 13*6 APC prop,.... gabaannnn
User avatar
topankaltim
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 671
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: Yogyakarta, Jakarta

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Post by topankaltim »

MOTOR2 yg dipilih om topan kaltim untuk yg 4260 500kv di klaim bisa sampe 900w, bahkan dari reviewnya dengan 15x8 apc 6cell 2200mah lipo 52amps trustnya sekitar 2,5kiloan cocok buat replacement pesawat kelas .46 glow

kalao yg 5055 700kv malah lebih besar lagi... diklaim bisa sampai 1600watt :hah
dari reviewnya:
4210g of thrust at 12000 RPM when using 6S with 13*6 APC prop,.... gabaannnn[/quote]


:deal :deal :thx :thx pencerahannya...

saya malah gak mikir saat pake motor HK 500H punya ne heli 500 akan jadi ajang pembantaian Om. mikirnya saat itu piper jadi jadian bisa terbang dengan segera (mengingat buatnya sampai 2 bulanan baru kelar :flu )
gak pernah mikir akan ada yg hangus.....untungnya udah terlanjur hilang itu motor dan propelernya di langit borneo lepas gak tau kemana juntrungnya..menyisakan si piper emergency landing di jalan hauling..sehingga belum sempat ada kasus ESC 100 A K-Force masuk review jadi hangus gara gara nekat terbang.. :shy :pyg :pyg

untuk motor kemarin asal pilih aja..awalnya cuma mikir yang penting bisa angkat si piper clone nyleneh :shy 2,5 kg dengan spek ini (moga moga ada yang kasih perhatian biar gak sengsara dibelakang hari :shy :shy ):
WS:1,6 m
Fuselage: 1,15 m
AUW: 2,510 kg
motor :C4260-500KV (merk gak ketahuan) / Turnigy L5055C 700Kv
ESC: TGY K-Force 100A
batere : Turnigy Nano-Tech 3300 maH 35-70C
Propeler : (punya stock :11X5,5 APC;12X7 APC; 15X6 Kayu (dengan 16X?? masih masuk sih :shy )

nah... :ide dari sekian propeler di atas,, mohon dibantu ya Suhu Suhu.. biar gak ada berita heboh kebakaran policarbonat di kaltim begitu... :flu :flu merinding juga dompet kempis di akhir tahun kalo ada yg gosong..

mohon pencerahan lagi ya Suhu.. :thx :thx :thx
salam
User avatar
dedy_r450
Captain
Captain
Posts: 1626
Joined: 28 Nov 2007, 18:56
Location: Cibinong
Contact:

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Post by dedy_r450 »

topankaltim wrote: :deal :deal :thx :thx pencerahannya...

saya malah gak mikir saat pake motor HK 500H punya ne heli 500 akan jadi ajang pembantaian Om. mikirnya saat itu piper jadi jadian bisa terbang dengan segera (mengingat buatnya sampai 2 bulanan baru kelar :flu )
gak pernah mikir akan ada yg hangus.....untungnya udah terlanjur hilang itu motor dan propelernya di langit borneo lepas gak tau kemana juntrungnya..menyisakan si piper emergency landing di jalan hauling..sehingga belum sempat ada kasus ESC 100 A K-Force masuk review jadi hangus gara gara nekat terbang.. :shy :pyg :pyg

untuk motor kemarin asal pilih aja..awalnya cuma mikir yang penting bisa angkat si piper clone nyleneh :shy 2,5 kg dengan spek ini (moga moga ada yang kasih perhatian biar gak sengsara dibelakang hari :shy :shy ):
WS:1,6 m
Fuselage: 1,15 m
AUW: 2,510 kg
motor :C4260-500KV (merk gak ketahuan) / Turnigy L5055C 700Kv
ESC: TGY K-Force 100A
batere : Turnigy Nano-Tech 3300 maH 35-70C
Propeler : (punya stock :11X5,5 APC;12X7 APC; 15X6 Kayu (dengan 16X?? masih masuk sih :shy )

nah... :ide dari sekian propeler di atas,, mohon dibantu ya Suhu Suhu.. biar gak ada berita heboh kebakaran policarbonat di kaltim begitu... :flu :flu merinding juga dompet kempis di akhir tahun kalo ada yg gosong..

mohon pencerahan lagi ya Suhu.. :thx :thx :thx
salam


untuk propeller kayaknya perlu coba2 sambil jangan lupa pake watt meter ya... (must have! kalau pemain elektrik kelas 50A keatas)
dimulai 12 inch - 16inc yg ada. Yg perlu diperhatikan dalam tesnya throtel musti pelan2 naikinnya sambil diliat watt/amper meternya kalau sudah mendekatai 80% dari kemampuan maks esc sementara thotel masih panjang... jangan diteruskan.
Dari hasilnya dicari yg efisien om, watt gede, amper ok, suhu ok.
Biasanya seperti itu ritual saya kalau spek motornya ga ada bocoran dari review atau tulisan-tulisan dikertasnya
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Post by handoyo6299 »

sambil jangan lupa pake watt meter ya... (must have! kalau pemain elektrik kelas 50A keatas)
Yg perlu diperhatikan dalam tesnya throtel musti pelan2 naikinnya sambil diliat watt/amper meternya kalau sudah mendekatai 80% dari kemampuan maks esc sementara thotel masih panjang... jangan diteruskan.
Wah masukan yang begini ini nich yang ditunggu..terima kasih atas sharingnya suhu... :thx :thx :thx :thx :thx
kalau kita punya multi tester sederhana apakah kira kira bisa ya om dipakai untuk mengukur ini, perlu modifikasi input mungkin?, mohon pencerahan suhu...
User avatar
dedy_r450
Captain
Captain
Posts: 1626
Joined: 28 Nov 2007, 18:56
Location: Cibinong
Contact:

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Post by dedy_r450 »

handoyo6299 wrote:sambil jangan lupa pake watt meter ya... (must have! kalau pemain elektrik kelas 50A keatas)
Yg perlu diperhatikan dalam tesnya throtel musti pelan2 naikinnya sambil diliat watt/amper meternya kalau sudah mendekatai 80% dari kemampuan maks esc sementara thotel masih panjang... jangan diteruskan.
Wah masukan yang begini ini nich yang ditunggu..terima kasih atas sharingnya suhu... :thx :thx :thx :thx :thx
kalau kita punya multi tester sederhana apakah kira kira bisa ya om dipakai untuk mengukur ini, perlu modifikasi input mungkin?, mohon pencerahan suhu...


amper sudah pasti bisa, multi tester bisa ngukur watt gak ya? kalau ada menunya bisa om, cuman anu om,.. kalau pake multitester itu repot meganginnya bisa jadi monkey style (tangan, jempol kaki, kanan-kiri ikut dilibatkan) :ha3
Kalau wattmeter yang buat aero kan sudah ada conectornya din/xt jadi tinggal colok-colok saja ga sah di pegangin. tangan cukup buat gerakin tx
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Post by handoyo6299 »

dedy_r450 wrote:
handoyo6299 wrote:sambil jangan lupa pake watt meter ya... (must have! kalau pemain elektrik kelas 50A keatas)
Yg perlu diperhatikan dalam tesnya throtel musti pelan2 naikinnya sambil diliat watt/amper meternya kalau sudah mendekatai 80% dari kemampuan maks esc sementara thotel masih panjang... jangan diteruskan.
Wah masukan yang begini ini nich yang ditunggu..terima kasih atas sharingnya suhu... :thx :thx :thx :thx :thx
kalau kita punya multi tester sederhana apakah kira kira bisa ya om dipakai untuk mengukur ini, perlu modifikasi input mungkin?, mohon pencerahan suhu...


amper sudah pasti bisa, multi tester bisa ngukur watt gak ya? kalau ada menunya bisa om, cuman anu om,.. kalau pake multitester itu repot meganginnya bisa jadi monkey style (tangan, jempol kaki, kanan-kiri ikut dilibatkan) :ha3
Kalau wattmeter yang buat aero kan sudah ada conectornya din/xt jadi tinggal colok-colok saja ga sah di pegangin. tangan cukup buat gerakin tx



siippp... ndak apa lah biar monkey style juga.... :ha3 :ha3 :ha3 :ha3 :ha3 :ha3 , asal bisa mengukur dengan baik.... siap-siap ngoprek nich, :ide :ide :ide :ide kayaknya punya saya bisa mengukur watt juga...
Post Reply