Page 5 of 11
Re: INGIN BIKIN DARI BALSA
Posted: 13 Jan 2012, 10:13
by justinus
Ratno wrote:
pDE semua..terbanyang ribetnya bila harus instalasi engine dan pastinya akan berpengaruh juga pada berat .karena ada penambahan 2 tangki bb. dan battry rx dg kapasitas yang besar untuk 10 buah servo standar. dan apakah rx bisa kuat ......mungkin ada penambahan coponen lain yg terkait dg ini.
Ga ribet kok suhu Ratno. Udah tinggal dikit lagi. Tinggal pasang engine seperti masang 2 pesawat. Jadi kedua engine itu ga ada hubungan ribetnya.
Masa mau seperti pak de Iwan21 memang kondisi telanjang gitu terus digantung di plafon.
Untuk batere, gunakan NiMh 5 sel kapasitas 1500. Belinya tanya suhu pak de Toto. Beratnya cuma sekitar 100 gram. Saya pakai ini untuk segala pesawat, termasuk 50cc gasoline.
50cc gasoline saya menggunakan 6 servo high torque (bukan standard). Kalau terbang biasanya 3 kali sehari 10 menit. Jadi total terbangnya sekitar 30 menit tidak termasuk waktu setting. Tidak pernah kehabisan batere, malah
batere saya aja yang habis duluan.
Re: INGIN BIKIN DARI BALSA
Posted: 13 Jan 2012, 14:53
by unding

Besar, kokoh dan cantik
Ratno wrote: wing span 2100 mm.
wing cord 370 mm
fuselage length 1900 mm
weight body only 3 kg ( bila tercapai )
flying weight kalo bisa dibawah 6000 gram.
Salam kenal

.suhu Ratno...
Dengan hitungan apa adanya
WS = 2100 mm
Chord = 370 mm
WA = 77.7 dm2
AUW = 6000 gram (sementara)
WL = 6000/77.7 = 77.22 gr/dm2....

+++ Fighter
AUW (diet) = 5500 gr
WL = 5500/77.7 = 70.78 gr/dm2

sudah wajar (Fighter)
Power Loading = 0.3 watt/gram (dipilih)
Power = 0.3 watt/gr x 5500 gr = 1.650 Watt
Power u/ 1 engine = 825 Watt (1.106 HP)
Pilihan Engine (OS)
46 LA = 1.18 HP
35 Ax = 1.28 HP
46 AX = 1.63 HP
Mohon maaf kalau salah..

Re: INGIN BIKIN DARI BALSA
Posted: 13 Jan 2012, 18:31
by Charles
unding wrote:Salam kenal

.suhu Ratno...
Dengan hitungan apa adanya
WS = 2100 mm
Chord = 370 mm
WA = 77.7 dm2
AUW = 6000 gram (sementara)
WL = 6000/77.7 = 77.22 gr/dm2....

+++ Fighter
AUW (diet) = 5500 gr
WL = 5500/77.7 = 70.78 gr/dm2

sudah wajar (Fighter)
Power Loading = 0.3 watt/gram (dipilih)
Power = 0.3 watt/gr x 5500 gr = 1.650 Watt
Power u/ 1 engine = 825 Watt (1.106 HP)
Pilihan Engine (OS)
46 LA = 1.18 HP
35 Ax = 1.28 HP
46 AX = 1.63 HP
Mohon maaf kalau salah..

Hitungan yg mantap... yg begini ini yang aku selalu pengen bisa, tapi gak bisa-bisa...maklum kecilnya kurang gizi...
Re: INGIN BIKIN DARI BALSA
Posted: 13 Jan 2012, 18:46
by wasiardhi
iwan21 wrote:Para pemakan balsa pada duduk melongo dipojokan,
pada bawa lap gak ?

bukan lagi lap, tapi bawa ember.
Re: INGIN BIKIN DARI BALSA
Posted: 14 Jan 2012, 20:46
by Ratno
justinus wrote:Ratno wrote:
pDE semua..terbanyang ribetnya bila harus instalasi engine dan pastinya akan berpengaruh juga pada berat .karena ada penambahan 2 tangki bb. dan battry rx dg kapasitas yang besar untuk 10 buah servo standar. dan apakah rx bisa kuat ......mungkin ada penambahan coponen lain yg terkait dg ini.
Ga ribet kok suhu Ratno. Udah tinggal dikit lagi. Tinggal pasang engine seperti masang 2 pesawat. Jadi kedua engine itu ga ada hubungan ribetnya.
Masa mau seperti pak de Iwan21 memang kondisi telanjang gitu terus digantung di plafon.
Untuk batere, gunakan NiMh 5 sel kapasitas 1500. Belinya tanya suhu pak de Toto. Beratnya cuma sekitar 100 gram. Saya pakai ini untuk segala pesawat, termasuk 50cc gasoline.
50cc gasoline saya menggunakan 6 servo high torque (bukan standard). Kalau terbang biasanya 3 kali sehari 10 menit. Jadi total terbangnya sekitar 30 menit tidak termasuk waktu setting. Tidak pernah kehabisan batere, malah
batere saya aja yang habis duluan.
baik pde suhu justinus....tambah semangat untuk ke engine....ku dapat satu point.
bisakah lebih detail kiranya engine yg cocok di aplikasikan...
Re: INGIN BIKIN DARI BALSA
Posted: 14 Jan 2012, 20:56
by Ratno
Ratno wrote: wing span 2100 mm.
wing cord 370 mm
fuselage length 1900 mm
weight body only 3 kg ( bila tercapai )
flying weight kalo bisa dibawah 6000 gram.
Salam kenal

.suhu Ratno...
Dengan hitungan apa adanya
WS = 2100 mm
Chord = 370 mm
WA = 77.7 dm2
AUW = 6000 gram (sementara)
WL = 6000/77.7 = 77.22 gr/dm2....

+++ Fighter
AUW (diet) = 5500 gr
WL = 5500/77.7 = 70.78 gr/dm2

sudah wajar (Fighter)
Power Loading = 0.3 watt/gram (dipilih)
Power = 0.3 watt/gr x 5500 gr = 1.650 Watt
Power u/ 1 engine = 825 Watt (1.106 HP)
Pilihan Engine (OS)
46 LA = 1.18 HP
35 Ax = 1.28 HP
46 AX = 1.63 HP
Mohon maaf kalau salah..

[/quote]
salam kenal juga pak Unding.... makasih pak calkulasinya...... cukup detail...
hal yang aku ragukan bila harus
diet.... apakah mungkin tercapai bila aplikasi engine...
sehingga aku masih berharap motor ini bisa terpakai

Re: INGIN BIKIN DARI BALSA
Posted: 15 Jan 2012, 01:39
by unding
Coba dicari perbandingan berat Engine Vs Elektrik :
Engine :
2 x OS 46LA = 2 x 270 gram = 540 gram
2 x OS 35AX = 2 x 363 gram = 726 gram
Fuel 2 x 225 cc = 450 cc = +/- 450 gram
OS 46 + Fuel =
990 gram
OS 35 + Fuel =
1176 gram
Berat servo (2 biji) + ubec = belum termasuk
Elektrik :
Pendekatan berat motor = 1/3 dari daya
Berat 1 motor = 825/3 = 275 gram
Berat 2 motor = 275 x 2 = 550 gram
U/ daya sebesar 825 watt sebaiknya pakai batrey 4 sel.
Bat. 2200 20C (turnigy 4s) = 247 gram
2 Bat. = 2 x 247 = 494 gram
Berat elektrik = 550 + 494 =
1044 gram
Berat ESC (2 biji) = belum termasuk
Dengan melihat taksiran berat diatas sepertinya Engine Vs Elektrik sama saja pak...

Re: INGIN BIKIN DARI BALSA
Posted: 15 Jan 2012, 20:00
by Ratno
didin wrote:Ratno wrote:
Wau, elok nian Pak De...bikinm

makasih pak suhu Didin..... yg ini tampak beda..

unding wrote:Coba dicari perbandingan berat Engine Vs Elektrik :
Engine :
2 x OS 46LA = 2 x 270 gram = 540 gram
2 x OS 35AX = 2 x 363 gram = 726 gram
Fuel 2 x 225 cc = 450 cc = +/- 450 gram
OS 46 + Fuel =
990 gram
OS 35 + Fuel =
1176 gram
Berat servo (2 biji) + ubec = belum termasuk
Elektrik :
Pendekatan berat motor = 1/3 dari daya
Berat 1 motor = 825/3 = 275 gram
Berat 2 motor = 275 x 2 = 550 gram
U/ daya sebesar 825 watt sebaiknya pakai batrey 4 sel.
Bat. 2200 20C (turnigy 4s) = 247 gram
2 Bat. = 2 x 247 = 494 gram
Berat elektrik = 550 + 494 =
1044 gram
Berat ESC (2 biji) = belum termasuk
Dengan melihat taksiran berat diatas sepertinya Engine Vs Elektrik sama saja pak...

o..iya...ya....ternyata bobot nya gak beda jauh.........terimakasih sangat pak .....inilah ilmu yang susah kudapat.
btw sambil nunggu ketetapan hati , dan nunggu wangsit dari para suhu... sy akan melanjutkan progres.
setelah kemari lengkap semua struktur body dan udah agak pantes dilihat

kini harus di bongkar lagi ......... untuk pengerjaan detail-detailnya , pemasangan servo dan perkabelan
dimulai dari pasang servo aileron



pemasangan aileron ini tidak menggunakan hing/ensel/
mohon saran dan korecsi dari para suhu apakah ini aman ????
Re: INGIN BIKIN DARI BALSA
Posted: 15 Jan 2012, 20:55
by gundul400

Mantab Suhu Ratno..,ini kalo pake elecktric pakai batrai 6 cell ?..
Re: INGIN BIKIN DARI BALSA
Posted: 18 Jan 2012, 11:10
by Ratno
gundul400 wrote::plk

Mantab Suhu Ratno..,ini kalo pake elecktric pakai batrai 6 cell ?..
mungkin mas.... sy sendiri blom ada ketetapan hati mo pke motor or engine. jadi blom surve ke power sytem... tlong kalo ada usulan ....
sementara progressnya lagi cariin baju yang cucok... ingin nya sih monokote dg corak AURI nya indonesia gitu... dimana ya... bisa dapetinnya....thx.