jamespaulus wrote:christoffel wrote:selama ini yg biasa saya pakai methanol + castor dg perbandingan 4:1
kalau oli 2T saya nggak tau, karena nggak pernah pake, setahu saya oli 2T kan musuhan sama air, sedangkan methanol masih sepupu sama air.
kalau supaya kemampuan mendekati nitro 15% waduh, saya angkat tangan ...
dari sononya nilai bakarnya sudah beda, ada uang ada performance ...
yg bikin mahal itu memang nitronya, kalau saja ada bahan lain yg lebih murah tapi kemampuan sama atau lebih, pastinya nggak ada lagi yg jual nitro ...
untuk nitro oplosan, saya biasa beli nitro 60%, lalu di campur dg yg 0% diatas menjadi 5% (1:11) dan 10% (1:5).
yg 15% saya nggak pernah pake, tapi kalau mau nyampur bisa pake 1:3
pokoknya rumusnya nitro_asal dibagi nitro_tujuan dikurangi 1
jadi misal dari nitro 30% mau dibikin jadi 10% maka 30/10-1=2 jadinya 1:2
nb:
engine yg sudah biasa minum 15% jangan di paksain minum dibawah itu, bakalan rewel ...
kalau di naikin nitronya boleh, diturunkan sebaiknya jangan ...
makanya saya bilang diatas, kalau mau pake 0% harus ganti engine baru yg belum pernah kena racun nitro.
Selamat malam pak Ahmadbenny,
di Tangerang banyak yang main gokart ? atau balap motor ? coba kalau ada waktu kunjungi mereka dan tanya kalau mereka pakai oli KLOTZ TECHNIPLATE, atau KLOTZ BENOL . saya selalu campur sendiri methanol pakai Klotz fully synthetic. Murah, dan engine selalu bersih.
Om coba'y di heli ap di psawat om...??klo d heli itu engine yang type ap om,boleh juga nih ide....



