Page 5 of 22
Re: The World Largest RC N250 Building
Posted: 19 Sep 2013, 12:23
by Andri_Adr
flylow wrote:kemarin disini ada beaver 110cc, pake 13kg servonya gak masalah. nurut saya keep it light ajah
gak usah 25kg pake 13kg saya jamin masih aman, toh N250 gak akan diterbangin 3D style kan?
alternatifnya pake bluebird 13kg, kalo gak mau pake powerbox displit aja pake 2 UBEC masing2 8amper
nanti pengkabelannya saya bisa bantu skemanya
asyik nih om, boleh dong minta skema nya..
saya akan hitung area controlnya dulu om, jadi bisa memperkirakan berapa kebutuhan torsi minimum per servo nya..
saya juga pesawat engine 30cc pake servo 5kg, aman2 saja..karena area kontrolnya kecil tidak seperti pesawat 3d..
kayaknya bukan karena style terbangnya deh om, tapi luas area kontrol dibandingkan dengan speed pesawatnya..sehingga diperoleh tekanan yang ditahan servo..
mohon koreksi jika salah..

Re: The World Largest RC N250 Building
Posted: 19 Sep 2013, 12:24
by Andri_Adr
zaki wrote:TOP MARKOTOP
GEDE BANGET

Re: The World Largest RC N250 Building
Posted: 19 Sep 2013, 12:35
by Andri_Adr
sekilas mengenai bekal yang dibawa sewaktu kuliah mengenai pesawat N250 ini
gambar sketsa tampak depan

sketsa tampak atas

sketsa tampak samping

Re: The World Largest RC N250 Building
Posted: 19 Sep 2013, 12:38
by Andri_Adr
mengenai airfoil, perhitungan section lift dan angle of attack menggunakan NACA 63-615
berikut data nya :
koordinat airfoil NACA 63-615

Wing Section

Re: The World Largest RC N250 Building
Posted: 19 Sep 2013, 12:39
by flylow
Andri_Adr wrote:flylow wrote:kemarin disini ada beaver 110cc, pake 13kg servonya gak masalah. nurut saya keep it light ajah
gak usah 25kg pake 13kg saya jamin masih aman, toh N250 gak akan diterbangin 3D style kan?
alternatifnya pake bluebird 13kg, kalo gak mau pake powerbox displit aja pake 2 UBEC masing2 8amper
nanti pengkabelannya saya bisa bantu skemanya
asyik nih om, boleh dong minta skema nya..
saya akan hitung area controlnya dulu om, jadi bisa memperkirakan berapa kebutuhan torsi minimum per servo nya..
saya juga pesawat engine 30cc pake servo 5kg, aman2 saja..karena area kontrolnya kecil tidak seperti pesawat 3d..
kayaknya bukan karena style terbangnya deh om, tapi luas area kontrol dibandingkan dengan speed pesawatnya..sehingga diperoleh tekanan yang ditahan servo..
mohon koreksi jika salah..

gak ada yg salah kok
udah dapet control surface areanya? biar sy ikutan ngitung2
tapi biasanya kalo scale surfacenya gede thrownya dikit doank paling 15 derajat doank
sebagai contoh 737 aja normal flight cuma 10 derajat aileronnya
dulu salah satu mimpi saya jg bikin model pesawat ini, sehubungan dulu pesawat aslinya sempet ikutan jg ngurus2 avionics systemnya, sayangnya thn 98 saya kabur dari pt iptn untuk mencari sesuap dolar

Re: The World Largest RC N250 Building
Posted: 19 Sep 2013, 12:44
by Andri_Adr
dan berikut ini hasil plotting kordinat airfoil NACA 63-615 di compufoil3d

kalau yang ini airfoil simetris untuk vertical stab

-Courtessy materi kuliah Kang Subur Sudibyo-
Re: The World Largest RC N250 Building
Posted: 19 Sep 2013, 12:46
by Andri_Adr
flylow wrote:Andri_Adr wrote:flylow wrote:kemarin disini ada beaver 110cc, pake 13kg servonya gak masalah. nurut saya keep it light ajah
gak usah 25kg pake 13kg saya jamin masih aman, toh N250 gak akan diterbangin 3D style kan?
alternatifnya pake bluebird 13kg, kalo gak mau pake powerbox displit aja pake 2 UBEC masing2 8amper
nanti pengkabelannya saya bisa bantu skemanya
asyik nih om, boleh dong minta skema nya..
saya akan hitung area controlnya dulu om, jadi bisa memperkirakan berapa kebutuhan torsi minimum per servo nya..
saya juga pesawat engine 30cc pake servo 5kg, aman2 saja..karena area kontrolnya kecil tidak seperti pesawat 3d..
kayaknya bukan karena style terbangnya deh om, tapi luas area kontrol dibandingkan dengan speed pesawatnya..sehingga diperoleh tekanan yang ditahan servo..
mohon koreksi jika salah..

gak ada yg salah kok
udah dapet control surface areanya? biar sy ikutan ngitung2
tapi biasanya kalo scale surfacenya gede thrownya dikit doank paling 15 derajat doank
sebagai contoh 737 aja normal flight cuma 10 derajat aileronnya
dulu salah satu mimpi saya jg bikin model pesawat ini, sehubungan dulu pesawat aslinya sempet ikutan jg ngurus2 avionics systemnya, sayangnya thn 98 saya kabur dari pt iptn untuk mencari sesuap dolar

wahahaha...
om flylow, ternyata sama2 kita..
jadi mengingat masa lalu dong..
saya berada di lingkungan IPTN selama di bandung..
mulai dari keluarga, tetangga dan teman-teman..
kalo berangkat kuliah, mampir dulu di samping pagar bandara husein untuk liat2 pesawat..

Re: The World Largest RC N250 Building
Posted: 19 Sep 2013, 12:48
by flylow
Andri_Adr wrote:dan berikut ini hasil plotting kordinat airfoil NACA 63-615 di compufoil3d

kalau yang ini airfoil simetris untuk vertical stab

-Courtessy materi kuliah Kang Subur Sudibyo-
NACA63-615 ada undercambernya, siap2 aja pas covering film rada susah, kalo saya pribadi bakal saya lurusin aja jadi pas cover bakal lebih gampang, apalagi wingnya segede raksasa yg gak bisa BAB selama sebulan.
atau ada trik lain?
Re: The World Largest RC N250 Building
Posted: 19 Sep 2013, 12:54
by Andri_Adr
flylow wrote:Andri_Adr wrote:dan berikut ini hasil plotting kordinat airfoil NACA 63-615 di compufoil3d

kalau yang ini airfoil simetris untuk vertical stab

-Courtessy materi kuliah Kang Subur Sudibyo-
NACA63-615 ada undercambernya, siap2 aja pas covering film rada susah, kalo saya pribadi bakal saya lurusin aja jadi pas cover bakal lebih gampang, apalagi wingnya segede raksasa yg gak bisa BAB selama sebulan.
atau ada trik lain?
kebetulan covering kami akan pakai fiberglass..insyaAllah tidak akan sesulit covering memakai covering film di bagian chambernya..
sebenarnya model ini sudah dibuat sebelumnya oleh Kang Subur sewaktu kuliahnya dengan skala 1/8 WS 3.5 meter..sudah selesai sampai tuntas, namun karena kendala krismon waktu itu, proyek tidak dilanjutkan..
dan kit nya ditinggal di kampus.
susah dibawa lagi karena udah jadi asset kampus.
akhirnya kita buat lagi deh dengan WS lebih besar 50cm

Re: The World Largest RC N250 Building
Posted: 19 Sep 2013, 12:57
by Erwinsyah