Shoestring Air Racer
- NF
- Administrator

- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- Wind Raider
- FOUNDER

- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
- Wind Raider
- FOUNDER

- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
- Wind Raider
- FOUNDER

- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
- iwan21
- Administrator

- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- Wind Raider
- FOUNDER

- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Hua hahahaa .... matanya suhu memang jeli ...
Rupanya mata pak roji udah dilengkapi leveling built in.
Thanks suhu ...
Waktu saya pasang dudukan motor , motornya sendiri sudah saya pasang pada potongan trilek 2,5 x 3 cm . Jadi waktu ( dudukan + motor ) dilem ; krn beratnya motor , dudukan jadi tertarik turun dikit pada waktu lem kering . Mau bongkar lagi kagok ... lagian kasih down thrust dikit gak masalah ...
Alasan saya sering pasang motor 0 derajat :
1. krn lebih gampang masangnya
2. lebih mudah rogging / take off .
3. thrust to weight ratio tidak terlalu besar
Sebenarnya memang dianjurkan pasang motor ( pd mode tractor ) dengan sedikit down thrust dan sedikit right thrust .
Untuk pesawat high wing mungkin hal ini tidak terlalu terasa ( krn titik berat berada di bawah sayap ) tapi pada pesawat mid wing dan low wing pengaruhnya cukup significant .
Rupanya mata pak roji udah dilengkapi leveling built in.
Thanks suhu ...
Waktu saya pasang dudukan motor , motornya sendiri sudah saya pasang pada potongan trilek 2,5 x 3 cm . Jadi waktu ( dudukan + motor ) dilem ; krn beratnya motor , dudukan jadi tertarik turun dikit pada waktu lem kering . Mau bongkar lagi kagok ... lagian kasih down thrust dikit gak masalah ...
Alasan saya sering pasang motor 0 derajat :
1. krn lebih gampang masangnya
2. lebih mudah rogging / take off .
3. thrust to weight ratio tidak terlalu besar
Sebenarnya memang dianjurkan pasang motor ( pd mode tractor ) dengan sedikit down thrust dan sedikit right thrust .
Untuk pesawat high wing mungkin hal ini tidak terlalu terasa ( krn titik berat berada di bawah sayap ) tapi pada pesawat mid wing dan low wing pengaruhnya cukup significant .
- Wind Raider
- FOUNDER

- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
bagian atas bisa dibuka - tutup utk memasang / melepas sayap
Penempatan esc dan rx
Sayap dipasang pakai karet . Posisi sayap harus center .
Kemudian bagian atas ditutup dan disekrup pda bagian depan ( sebenarnya dikasih clear packing tape pun udah cukup kuat )
Last edited by Wind Raider on 18 Feb 2007, 20:23, edited 1 time in total.
- Wind Raider
- FOUNDER

- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Data2 pesawat :
Demension :
Wing Span : 75 cm
Rx : Arttech micro receiver .
Esc : Tower Pro 18 A
Motor : Outrunner Brushless Tower Pro BM2408-21.
Battery : Lipo 2 cell 800mAh ( berat kira2 40 gr )
Servos : 2 micro servos for stabilizer and rudder
Prop : 70 x 40 - 70 x 60
Auw : 335 grams
Demension :
Wing Span : 75 cm
Rx : Arttech micro receiver .
Esc : Tower Pro 18 A
Motor : Outrunner Brushless Tower Pro BM2408-21.
Battery : Lipo 2 cell 800mAh ( berat kira2 40 gr )
Servos : 2 micro servos for stabilizer and rudder
Prop : 70 x 40 - 70 x 60
Auw : 335 grams
Last edited by Wind Raider on 18 Feb 2007, 20:33, edited 3 times in total.
- Wind Raider
- FOUNDER

- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Maiden report
1.Berhubung lapangan becek , tak ada jln lain kecuali handlauch .
2.Sayang cuaca kurang bagus ; anginnya kencang ( lihat pita pada remote ) . Pesawat jadi agak nose up padahal udah dikasih down thrust
3. Cukup lumayanlah .... Waktu dicoba terbang inverted , sayap agak bergetar krn sparnya kurang kuat . Pesawat agak cepat dan rudder cukup sensitif .
4. Pesawat agak miring kekiri , jadi hrs diimbangi dengan rudder kekanan
1.Berhubung lapangan becek , tak ada jln lain kecuali handlauch .
2.Sayang cuaca kurang bagus ; anginnya kencang ( lihat pita pada remote ) . Pesawat jadi agak nose up padahal udah dikasih down thrust
3. Cukup lumayanlah .... Waktu dicoba terbang inverted , sayap agak bergetar krn sparnya kurang kuat . Pesawat agak cepat dan rudder cukup sensitif .
4. Pesawat agak miring kekiri , jadi hrs diimbangi dengan rudder kekanan
- Wind Raider
- FOUNDER

- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Catatan:
1. Pesawat agak miring kekiri ; mungkin right thrust perlu ditambah sedikit .
Cara lain adalah dengan mengganjal sayap agar miring ke kanan sedikit .
2. Mengenai nose up ; mungkin krn angin agak kencang atau mungkin cg sedikit agak mundur ( belum bisa disimpulkan krn maiden dilakukan pada waktu angin kencang ).
Cara mengatasi adalah dengan menyetel cg agar maju sedikit atau down thrust ditambahin .
Cara lain adalah memperkecil wing incidence dengan mengganjal dudukan sayap belakang kira2-3 mili )
3. rudder agak sensitif . Usahakan sebelum mencapai ketinggian yg memadai ; jgn menggerakkan rudder scr extrem . Jangan terbangkan pesawat waktu angin kencang ....
4. Kalau pesawat sudah ditrim dengan baik dan diberi airelons ; saya rasa pesawat ini cukup lumayan buat latihan aerobatic .
5. Sekian dan terimakasih atas dukungan2 rekan2 semua , terutama pak NF , Shaify ,Tn , , Coyo , Jdex , dll ; dan yg pasti : Maestro Roji . Silakan ditrim lagi pesawatnya agar oyeeeeeeee.... Jgn segan2 memberikan tanggapan ya ..
Pesawat Shoestring rencana senin besok akan berangkat ke P Jati ..... Dagggggg .... Auf wiedersehn di G.A.F Lembang ...
1. Pesawat agak miring kekiri ; mungkin right thrust perlu ditambah sedikit .
Cara lain adalah dengan mengganjal sayap agar miring ke kanan sedikit .
2. Mengenai nose up ; mungkin krn angin agak kencang atau mungkin cg sedikit agak mundur ( belum bisa disimpulkan krn maiden dilakukan pada waktu angin kencang ).
Cara mengatasi adalah dengan menyetel cg agar maju sedikit atau down thrust ditambahin .
Cara lain adalah memperkecil wing incidence dengan mengganjal dudukan sayap belakang kira2-3 mili )
3. rudder agak sensitif . Usahakan sebelum mencapai ketinggian yg memadai ; jgn menggerakkan rudder scr extrem . Jangan terbangkan pesawat waktu angin kencang ....
4. Kalau pesawat sudah ditrim dengan baik dan diberi airelons ; saya rasa pesawat ini cukup lumayan buat latihan aerobatic .
5. Sekian dan terimakasih atas dukungan2 rekan2 semua , terutama pak NF , Shaify ,Tn , , Coyo , Jdex , dll ; dan yg pasti : Maestro Roji . Silakan ditrim lagi pesawatnya agar oyeeeeeeee.... Jgn segan2 memberikan tanggapan ya ..
Pesawat Shoestring rencana senin besok akan berangkat ke P Jati ..... Dagggggg .... Auf wiedersehn di G.A.F Lembang ...
