budi.santoso wrote:christoffel wrote:tambahan
kalau seperti setting yg di video, berarti saat elevator stick netral, brake pada parasut sudah posisi setengah ... berarti untuk terbang normal nanti, elevator jadi harus ditahan down terus (supaya tidak mge-rem) ...
elevator down pada tx (posisi stick keatas) sebenarnya nggak ada gunanya karena sebenarnya yg ditarik itu brake, bukan benar2 elevator.
jadi stick elevator sebaiknya di ofset up saja.
saat elevator netral, ke dua servo brake harus di atas. saat elevator down, kedua servo tidak bergerak. saat elevator up, kedua servo bergerak kebawah.
kalau aileron kekiri, servo brake kiri yg bergerak kebawah, servo brake kanan tidak perlu bergerak keatas. kecuali kalau elevatornya juga up.
sama juga kalau aileron kekanan, servo brake kanan yg bergerak kebawah, servo brake kiri tidak perlu bergerak keatas.
pada saat memasang/setting tali brake ke servo, payung mengembang, posisi lengan servo diatas, tali brake harus longgar, tidak boleh tegang (tidak nge-break sama sekali).
Pada keterangan berwarna biru, sy belum paham pak Christ..
Apakah ini maksudnya ketika elev di Up, asumsi seperti kita narik rem tangan mobil dgn asumsi utk break/ngerem? dgn sendirinya reaksi paraglider akan berhenti melaju?
Dikatakan juga, kalo elev down, kedua servo break tdk bergerak. Ini setting di tx-nya gmana yaa pak? Apa pake mixing atau di ATP?
betul om, break ini kan yg di tarik trailing edge nya. Akibatnya airfoil payung akan berubah jadi lebih cekung, dan AoA total juga akan bertambah. Ini seperti pada pesawat kalau aileron nya turun. masalahnya kalau di pesawat aileron satunya bisa naik, sedangkan di parasut nggak bisa naik.
lha kalau posisi stick elevator netral seharusnya kan nggak nge-rem sama sekali, jadi pada posisi ini tali brake harus kendor.
kalau sudah tegang, berarti brake sudah masuk.
kalau elevator up, kedua brake akan turun, ini seperti kalau dipesawat kedua aileron turun, kan jadi flap, bukan aileron lagi, efeknya selain ngerem juga nambah lift.
kalau elevator down, seharusnya lift berkurang supaya bisa dive, tapi brake kan nggak bisa naik, cuman bisa turun, karena itu caranya Leading edge nya yg di tarik turun, efeknya sama seperti trailing edge naik.
kalau tidak ada servo dan channel tambahan untuk narik Leading edge ini, ya di biarkan saja. ini yg saya maksud elev down nggak ada gunanya (nggak/belum kepake).
seting di tx, kalau saya pake futaba 9C, acro, pakai mixing standart elevon saja.
untuk mematikan elevator down bisa pake mixing "elev to elev" (mixing ke diri sendiri).
untuk meng offset (karena saat stick netral, brake harus keatas full) bisa pake mix ke salah satu channel kosong (saya pake ch5). kalau nanti mau pasang servo buat narik LE nya, bisa dipasang di channel ini.