salam
mohon bantuan HK Piper J3 cub
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
ketahuan deh jadi nya kalau saya males ngontrol rudder alias jempol kiri kaku kalau suruh goyang kiri dan kanan ........
salam
salam
- dino
- Major

- Posts: 1791
- Joined: 07 Jun 2008, 18:23
- Location: jatim park
- Contact:
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
- dino
- Major

- Posts: 1791
- Joined: 07 Jun 2008, 18:23
- Location: jatim park
- Contact:
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
- alfinlana
- Airman

- Posts: 49
- Joined: 14 May 2012, 15:49
- Location: Cipondoh - Tangerang
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Makasih atas tips nya pak Toto
Saya coba mixing 20% sesuai saran... kita liat besok... semoga gak ujan... angin tenang... dan nyali terkumpul
Saya coba mixing 20% sesuai saran... kita liat besok... semoga gak ujan... angin tenang... dan nyali terkumpul
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
semoga sukses utk Capt. Alfi tapi tetep jangan lupa power nya ya waktu belok terus nanti waktu takeoff juga siap2 counter aileron ke kiri karena pesawat ini punya kecenderungan/karakteristik waktu full power takeoff mlintir kanan jadi jangan kaget ya .... tapi kalau sudah airborne sih biasa saja .... itu doang kok pokoknya seru deh ...... jangan lupa sebelum takeoff pesawat dilangkahi 3x dan di foto dulu untuk bahan perbandingan before and after landing .....
salam
salam
- Kiki_54
- First Lieutenant

- Posts: 1448
- Joined: 26 Oct 2007, 20:08
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
toto wrote:tapi pakai rudder nya jangan kebanyakan entar belok jadi terlalu tajam buntut nya gubrak loh, nah kalau di remote nya ada fasilitas mixing maka aktifkan dengan melakukan mixing antara aileron dan rudder maka simpangan rudder akan selaras dengan aileron, set awal jangan gede utk persentasi rudder nya mulai aja dari 20% kalau dirasa masih kurang responnya mulai besarkan sikit2 ya suhu ..... halo sifu dino kira2 ulasan saya gimana nih pontennya
salam
Suhu Toto, selama ini saya kalau belok selalu pakai aileron, sehingga pesawat mereng aman2 saja, tapi kalau kurang speed pasti stoll. Untukbelok pakai ruder bagaimana caranya agar bisa belok dengan baik karena yang pernah saya coba pesawat cenderung turun. tolong suhu kasih arahan.
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
suhu abah kiki, untuk mengatasi waktu belok agar pesawat tetap level pada saat belok antara lain pilihannya bisa menambah speed atau dilakukan kompensasi elevator up dikit dimana hal ini dilakukan apa speed tidak akan di tambah banyak ..... soal mana yang mau dipilih kembali lagi ke gaya terbang masing2 pilotnya deh ......
salam
salam
- alfinlana
- Airman

- Posts: 49
- Joined: 14 May 2012, 15:49
- Location: Cipondoh - Tangerang
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Jam 4 sore akhirnya saya putuskan maiden FMS Piper J3 Cub 1400mm EPO.
Dengan mengcopy setting dual rate dan expo yg biasa saya pakai di TB20, kemudian di koreksi sedikit oleh om Pay, akhirnya maiden juga. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Dengan 2 batre 3S 2200mAh, saya terus berlatih take off landing sampai akhirnya adzan magrib tiba...
Sedikit review apa yg saya alami saat handling J3 dalam beberapa pattern flight yg saya lakukan :
Kondisi saat itu angin relatif tenang, take off relatif berjalan mulus walau sesekali harus koreksi aileron.
Dengan full throttle, pesawat start rolling... ekor naik... tarik sedikit saja elevator... pesawat langsung lepas landas.... dgn full throttle terasa pesawat sangat bertenaga sehingga saya teruskan menanjak.... kemudian setelah cukup tinggi, start banking ke kiri dgn menggunakan aileron saja... dgn throttle masih full, belok terasa bertenaga sehingga saya tidak perlu menggunakan opposite rudder atau bantuan elevator sama sekali... malah cenderung dia masih nanjak.
Begitu masuk downwind, level flight kembali dan throttle dikurangi sampai 50%, pesawat cruising mulus dengan slow speed tanpa kehilangan altitude.
Kemudian ancang2 mau banking ke kiri masuk base, saya tidak tambah throttle... maintain 50% throttle utk mencoba mengetahui apakah dia masih bisa belok dengan speed yg ada.... ternyata masih bisa walau kali ini saya harus menambahkan elevator sedikit utk mengkompensasi pesawat yg cenderung bergerak turun krn kemiringan belok agak curam.
Sukses masuk base saya teruskan masuk final... on final, terbang lurus sejajar runway, throttle saya kurangin lagi sedikit (kira2 menjadi 30%) dengan tujuan mau low pass diatas runway... alhasil speed melambat dan perlahan mulai kehilangan altitude tanpa perlu saya pitch down.... sampai di atas runway dgn ketinggian kira2 1.5 meter, saya tambah throttle dikit kembali menjadi 50%... dan ternyata masih bisa terbang lurus pelan hehehe
Sampai di ujung runway kembali full throttle dan nanjak kembali... kemudian berputar satu pattern dan mendarat aman.
Kesimpulan saya, produk FMS Piper J3 Cub 1400mm yg saya punya ini enak sekali terbangnya. Handlingnya tidak sesulit yg saya bayangkan... kira2 sama lah dgn TB20. Motornya bertenaga... dgn batre 3S 2200 saya bisa terbang kira2 8 menit.
Saya rekomen deh bagi yg suka terbang santai
Dengan mengcopy setting dual rate dan expo yg biasa saya pakai di TB20, kemudian di koreksi sedikit oleh om Pay, akhirnya maiden juga. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Dengan 2 batre 3S 2200mAh, saya terus berlatih take off landing sampai akhirnya adzan magrib tiba...
Sedikit review apa yg saya alami saat handling J3 dalam beberapa pattern flight yg saya lakukan :
Kondisi saat itu angin relatif tenang, take off relatif berjalan mulus walau sesekali harus koreksi aileron.
Dengan full throttle, pesawat start rolling... ekor naik... tarik sedikit saja elevator... pesawat langsung lepas landas.... dgn full throttle terasa pesawat sangat bertenaga sehingga saya teruskan menanjak.... kemudian setelah cukup tinggi, start banking ke kiri dgn menggunakan aileron saja... dgn throttle masih full, belok terasa bertenaga sehingga saya tidak perlu menggunakan opposite rudder atau bantuan elevator sama sekali... malah cenderung dia masih nanjak.
Begitu masuk downwind, level flight kembali dan throttle dikurangi sampai 50%, pesawat cruising mulus dengan slow speed tanpa kehilangan altitude.
Kemudian ancang2 mau banking ke kiri masuk base, saya tidak tambah throttle... maintain 50% throttle utk mencoba mengetahui apakah dia masih bisa belok dengan speed yg ada.... ternyata masih bisa walau kali ini saya harus menambahkan elevator sedikit utk mengkompensasi pesawat yg cenderung bergerak turun krn kemiringan belok agak curam.
Sukses masuk base saya teruskan masuk final... on final, terbang lurus sejajar runway, throttle saya kurangin lagi sedikit (kira2 menjadi 30%) dengan tujuan mau low pass diatas runway... alhasil speed melambat dan perlahan mulai kehilangan altitude tanpa perlu saya pitch down.... sampai di atas runway dgn ketinggian kira2 1.5 meter, saya tambah throttle dikit kembali menjadi 50%... dan ternyata masih bisa terbang lurus pelan hehehe
Sampai di ujung runway kembali full throttle dan nanjak kembali... kemudian berputar satu pattern dan mendarat aman.
Kesimpulan saya, produk FMS Piper J3 Cub 1400mm yg saya punya ini enak sekali terbangnya. Handlingnya tidak sesulit yg saya bayangkan... kira2 sama lah dgn TB20. Motornya bertenaga... dgn batre 3S 2200 saya bisa terbang kira2 8 menit.
Saya rekomen deh bagi yg suka terbang santai
- Abdinik
- Chief Master Sergeant

- Posts: 786
- Joined: 08 Jul 2010, 10:05
- Location: Mojokerto-Jombang
- Contact:
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Selamat suhu atas maidennya...
Produk FMS yang EPO itu y?

Produk FMS yang EPO itu y?
- alfinlana
- Airman

- Posts: 49
- Joined: 14 May 2012, 15:49
- Location: Cipondoh - Tangerang
Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub
Benar pak.... material EPO dengan cutting yg bagus dan presisi.
Namun sayang, produk FMS Piper J3 Cub 1400mm EPO EP ini punya kekurangan pada detail warnanya.
Warna catnya belang antara bagian fuselage dengan bagian empenage. Warna fuselage kuning standard sedangkan empenage nya cenderung berwarna kuning tua atau mendekati oranye.
Namun sayang, produk FMS Piper J3 Cub 1400mm EPO EP ini punya kekurangan pada detail warnanya.
Warna catnya belang antara bagian fuselage dengan bagian empenage. Warna fuselage kuning standard sedangkan empenage nya cenderung berwarna kuning tua atau mendekati oranye.