Page 7 of 8
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 02 Jan 2012, 08:17
by topankaltim
oh...gitu ya Om...
sekedar informasi saja....kemarin nyoba terbangin itu corocub dan berhasil mematahkan propeler kayu 15X6nya..
dua kali coba take off..dan dua kali juga selalu tidak cukup speed tapi corocubnya sudah airborne...sehingga hasilnya selalu melintir kekiri...dan gubrak.....percobaab kedua mematahkan itu propeler kayu...
dan kejadian serupa dengan OM Handoyo..begitu saya coba dengan propeler yang lebih kecil..(12X7) motor cepat panas...
maka saya ambil kesimpulan sama dengan Om NF, propeler lebih kecil dari yang disarankan= tambah banter RPM untuk trust yg sama=tambah panas motornya, walaupun tarikan Amp nya mengecil tapi trotle stick jadi lebih panjang =tidak efisien.. semoga kesimpulan saya ada yang meluruskan
mohon pencerahan:
1. gimana caranya itu corocub dapat speed cukup baru airborne??
2. Pemilihan propeler jika ukuran panjang sudah tidak memungkinkan lagi ditambah karena ground clearance mentok (apakah bisa dengan menaikkan pitchnya propeler lebih besar, dengan panjang tetap 14X??? inch atau gimana??)
Mohon dibantu Om Om Suhu Semua

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 02 Jan 2012, 09:22
by dedy_r450
kira2 pesawatnya ada masalah gak ya? kok dengan power plant segitu gedenya gagal take off
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 02 Jan 2012, 11:24
by toto
untuk suhu topankaltim, saya coba nganu apa itu berdasarkan apa yang pernah kejadian di pesawat saya sama persis kaya pesawatnya om suhu dan dari situ kesimpulannya dan ini menurut suhu2 yg waktu itu meliat dan akhirnya membantu menyelesaikannya juga:
1. pesawat melintir ke kiri itu akibat kena efek moment puntir motor dimana throttle dibuka besar tapi sudah di angkat padahal speed belum dapat jadi efeknya karena puntiran motor besar terus belum dapat lift buntutnya ya mlintir kekiri
2. akibat dari atas itu tentunya si pesawat masuklah dalam kondisi stall spin dan wajar
3. penyelesaiannya waktu itu akhirnya waktu take off dibuat lebih panjang sampai keliatan tuh tail wheel ngangkat sendiri baru deh dikasih input sedikit elevator sambil siap2 sedikit pakai aileron di konter ke kanan, akhirnya airborne juga deh tuh piper
4. nanti kalau belok jangan lupa powernya dibuka ya kalau ampe kelupaan nambah throttle entar tuh pesawat juga bisa lupa terbang loh ..................
berhubung ini pesawat homemade bisa juga terjadi susah takeoff karena sudut serang sang sayap yang kurang pas yang dapat terlihat untuk take off membutuhkan jalur yang lebih panjang dari pesawat yg sejenis dari kelas yang sama ...... ini juga kata pak guru loh ............
gitu deh kira2 apa yang pernah saya alami sendiri semoga bisa turut menyelesaikan tantangan untuk bisa membuat pesawat jadi mabur dan juga mengurangi jajan propeller ..........
salam
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 02 Jan 2012, 12:41
by topankaltim
toto wrote:untuk suhu topankaltim, saya coba nganu apa itu berdasarkan apa yang pernah kejadian di pesawat saya sama persis kaya pesawatnya om suhu dan dari situ kesimpulannya dan ini menurut suhu2 yg waktu itu meliat dan akhirnya membantu menyelesaikannya juga:
1. pesawat melintir ke kiri itu akibat kena efek moment puntir motor dimana throttle dibuka besar tapi sudah di angkat padahal speed belum dapat jadi efeknya karena puntiran motor besar terus belum dapat lift buntutnya ya mlintir kekiri
2. akibat dari atas itu tentunya si pesawat masuklah dalam kondisi stall spin dan wajar
3. penyelesaiannya waktu itu akhirnya waktu take off dibuat lebih panjang sampai keliatan tuh tail wheel ngangkat sendiri baru deh dikasih input sedikit elevator sambil siap2 sedikit pakai aileron di konter ke kanan, akhirnya airborne juga deh tuh piper
4. nanti kalau belok jangan lupa powernya dibuka ya kalau ampe kelupaan nambah throttle entar tuh pesawat juga bisa lupa terbang loh ..................
berhubung ini pesawat homemade bisa juga terjadi susah takeoff karena sudut serang sang sayap yang kurang pas yang dapat terlihat untuk take off membutuhkan jalur yang lebih panjang dari pesawat yg sejenis dari kelas yang sama ...... ini juga kata pak guru loh ............
gitu deh kira2 apa yang pernah saya alami sendiri semoga bisa turut menyelesaikan tantangan untuk bisa membuat pesawat jadi mabur dan juga mengurangi jajan propeller ..........
salam
Matur sembah nuwun Pakde Toto atas pencerahannya
dan masalahnya sekarang apa perlu elevator saya trim turun (dive) agar gak cepat airborne dan tidak cepat mendongak...(bahasa indonesiane menopo njih

)?...
(padahal elevator sama sekali tidak saya sentuh loh, kemarin coba tidak langsung gas pol..dibuat langsam..begitu jalan..baru naik setengah trotel langsung lari deh....airborne 3 meter dan pesawat langsung belok kiri kayak rudder disenggol kekiri (bukan posisi miring kayak pake aileron)padahal babar blas gak disentuh )tapi takut juga kalo malah mencium tanah itu propeler.
maunya ekor lift sejajar horizontal dengan runway dulu, baru dapat speed, baru airborne, maunya begitu pakde..tapi ini sepertinya udah "ON" duluan..
saran Pakde Suhu Toto akan segera saya eksekusi nanti sore...(tapi ya itu tadi... propeler sisa tinggal yg 12X7 APC, yang 14X??? masih menunggu saran apakah perlu pitch dibesarin, mengingat rekomendasi pabrik 15X8/16X8/16X10 tapi ground clearance terbatas dengan 15X??? eh..di HS lokal adanya 14X sekian)
mohon saran Njih...
matur nuwun sak derengipun..
salam
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 02 Jan 2012, 12:57
by topankaltim
ada juga pernah saya baca di topik di gaero juga katanya karena sayap pipercub lebih panjang dari fuselage dan tidak ada lengkung sayap di kanan kiri (apa ya namanya???

) sekian derajat ke atas juga pengaruh di performa pesawat..
tapi saya lihat Main Wing Pilatus Porter Pakde Suhu Toto juga sejajar horizontal kayaknya terbang ueenak tenan tuh buat take Off...
Mohon pencerahan
nuwun
salam
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 02 Jan 2012, 16:16
by toto
om suhu topankaltim, soal pc-6 saya itu betul memang tidak memiliki dihedral tapi gimana ya mungkin yang membuat perbedaan adalah bentuk airfoil dan wing-loading abis itu takeoff dan landing dibantu sama flap yang terpisah (bukan flapron) jadi ya begitulah, setelah itu setting pada remote pun dengan bantuan eyang suhu E7J alias su-31 beda2 untuk takeoff dan landing, cruising serta gerakan aerobatik kan remotenya udah digital jadi dicoba dimanfaatkan seluruh fasilitas programming yang tersedia di menu nya, sayangkan remote udah mahal2 dibeli kalau yang diset cuman parameter expo, rate, dan epa doang ...............
jadi setting yang dilakukan pada remote saya mengoptimalkan juga command mixing dan delay yang selanjutnya di simpen di condition buntutnya pesawat2 yang saya miliki semuanya serasa menerbangkan trainer tapi juga bisa diajak nganu itu apa ya namanya hanya dengan mengungkit salah satu atau dua atau tiga switch pada remote yang sudah tersedia pesawat menjadi nganu .....
nah kalau pesawat di kasih power begitu airborne langsung mendongak berarti ada yang kurang pas nih settingan di control surface nya karena teorinya si pesawat begitu dapat speed akan lift off sendiri bukan naik mlejit kaya roket tanpa disentuh elevatornya, umumnya di pesawat saya setting an control surface pesawat dapat lift off dengan gradient tertentu seperti pesawat beneran gitu loh walau tanpa bantuan mengungkit atau pakai trim elevator kecuali pengen langsung mlejit ...........
kira2 gitu deh pengalaman saya semoga enggak salah ya
salam
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 02 Jan 2012, 18:19
by dedy_r450
Intinya : punya tx canggih, banyak chanel tapi kenapa yg diutik cuman rate, expo, dan epa....
Hmmmm dalem banget... Pelajaran berharga!!!
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 02 Jan 2012, 20:11
by topankaltim
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 02 Jan 2012, 22:11
by toto
Jadi apa yg terjadi pada kondisi take off pesawat nya sama persis kaya pesawat yg baru di re-maiden sama suhu dedy yang alhamdulillah setelah melalui pelemasan jari jemari pada takeoff ke dua pesawat bisa airborne terkendali dengan cara waktu takeoff badan sang pilot miring kekanan untuk mengimbangi pesawat yg pengen melintir kekiri dan juga minta fatwa ke suhu didin di PKU bagaimana menaklukan si piper cub yg juga pengennya mlintir ke kiri dan hal ini sama dengan piper cub sama mustang saya
Jadi om suhu dedy bagi2 dong ramuan sabtu kemarin semoga masih inget
Salam
Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?
Posted: 03 Jan 2012, 06:39
by topankaltim