Page 7 of 12

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Posted: 28 May 2013, 14:57
by jamespaulus
Selamat malam Pak Prast,
Saya setuju nih, kayaknya harus coba coba type plug supaya dapat output maximum ya.
Tadi saya ngobrol ngobrol sama teman, malah dikasih ide untuk menaikkan kompresi.
Dia bilang, banyak aeromodeller yang pakai engine eropa, dengan kompresi tinggi, tidak pakai nitro fuelnya.
Nah, dia bilang, daripada beli engine baru merek eropa, bagaimana kalau cari cari cylinder head bekas, dan dibubut sekitar 0.3mm untuk menaikkan kompresi.
Wah, saya jadi tertarik.
Sayangnya saya tidak terlalu main heli sih. heli cuma satu TT 50 standard.
saya spesialis vintage scale model (piper cub, tiger moth, Waco, Fairchild, .....). Jadi nggak terlalu pusing mikirin Nitro.
Mungkin pak AhmadBenny atau rekan rekan penerbang helicopter ada yang mau mencoba bubut cylinder head engine nya ?
"inovasi perlu pengorbanan"
Sukses selalu.

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Posted: 28 May 2013, 15:03
by jamespaulus
panjitohaga wrote:
jamespaulus wrote:
sahid wrote:Bukan matahin semangat Mas Beny, hanya memberi pembanding saja DAN ini jug barangkali ketidak pandaian kami setting engine...mohon maaf sebelumnya...

Ada temen di pku, beli heli baru gress termasuk engine ( engine OS 37 )...dan dia memang mau coba nol persen nitro...
koq ya g berhasil PUAS...saya disuruh nyoba nerbangin...ya memang berhasil hover...tapi ampun..heli sangat amat terlalu lemot g hati2 nurunin tortle langsung deh heline landing... masih untung kalo gak "nylurut"
jadi apapun olinya ( kan oli g ada pengaruh terhadap perform metanol ) kalo untuk heli ( apalagi eng pernah nenggak nitro ) non nitro :hmm


Selamat malam Pak Sahid,
Ini tidak tepat ya. Oli sangat berpengaruh terhadap performance engine dan fuel. Terutama oli 2T .
bukan sekedar lubricant. boleh dibilang liquid engineering.
Mungkin bagi para pembalap gokart, atau balap sepedamotor kelas 2T lebih bisa mengapresiasi kerja oli 2T.
pengaruhnya terasa sekali kalau saya cuma pakai oli Castrol 2T sae30 atau Klotz Benol.
atau bandingkan klotz techniplate dengan Benol Racing.
Wah, sangat terasa bedanya.
Semoga ini tidak jadi membingunkan pak Ahmad Benny dan rekan rekan lainnya..
saya cuma ingin memastikan bahwa pemilihan Oli 2T sangat berpengaruh pada performance engine.
Mohon maaf kalau ada kesalahan.
Saya sudah lama meninggalkan Karting sport, munkin buat rekan rekan yang masih aktif di kart race atau sepedamotor class 2T bisa memberi penjelasan teknis lebih mendalam.


Setau saya castor oil lebih lengket dan kental jadi engine bekerja lebih keras dan power berkurang tapi untungnya mesin lebih terlubrikasi jadi ada "asuransi" kalo settingan engine terlalu lean.

Sedangkan oil synthetic seperti Klotz lebih encer (low viscosity) = engine bekerja lebih santai = lebih bertenaga.

Maaf kalo ada salah, suhu2 nitro mungkin bisa koreksi/nambahin :)


Selamat Malam pak Panjitohaga,
Sangat setuju. Castor oil (minyak jarak) lebih aman buat engine. engine lebih dingin, dan awet muda.
Fully synthetic bagus untuk performance, tapi setting harus lebih teliti. Dan salah satu keunggulan yang saya suka, engine bersih, saya nggak perlu cuci engine dengan after run oil kalau mau disimpan berbulan bulan.
Pesawat tinggal ambil dari gantungan, start langsung jalan.

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Posted: 28 May 2013, 15:13
by ahmadbenny
jamespaulus wrote:Selamat malam Pak Prast,
Saya setuju nih, kayaknya harus coba coba type plug supaya dapat output maximum ya.
Tadi saya ngobrol ngobrol sama teman, malah dikasih ide untuk menaikkan kompresi.
Dia bilang, banyak aeromodeller yang pakai engine eropa, dengan kompresi tinggi, tidak pakai nitro fuelnya.
Nah, dia bilang, daripada beli engine baru merek eropa, bagaimana kalau cari cari cylinder head bekas, dan dibubut sekitar 0.3mm untuk menaikkan kompresi.
Wah, saya jadi tertarik.
Sayangnya saya tidak terlalu main heli sih. heli cuma satu TT 50 standard.
saya spesialis vintage scale model (piper cub, tiger moth, Waco, Fairchild, .....). Jadi nggak terlalu pusing mikirin Nitro.
Mungkin pak AhmadBenny atau rekan rekan penerbang helicopter ada yang mau mencoba bubut cylinder head engine nya ?
"inovasi perlu pengorbanan"
Sukses selalu.


Ide yang bagus tuh om,persis seperti sepeda motor harian yang di pakai untuk balap,di antara'y dengan membubut cylinder head untuk menaikan kompresi..... :mtp tapi kalo untk di engine heli saya masih belum brani om,mungkin ada suhu2 di gaero yang sudah mencoba trik seperti ini,mohon dong di share hasil'y.... :doa

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Posted: 29 May 2013, 12:40
by sahid
Halo Mas beny sudah dapat ramuan ampuh belum...downgrade prosentase nitro ( ganti oli, ganti carbu,dll ) ditunggu rahasianya... :doa

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Posted: 29 May 2013, 14:58
by jamespaulus
Selamat malam Pak AhmadBenny,
Ini jawaban dari email saya enquiring No Nitro Carb:

Hi James,
the carburetors where made by Thomas Lötterle, but he discontinued the since
2007 due to health problems.
So I'm sorry for this information.
I recommend you to have a look on ebay. There you can find those carburetors
from time to time.

Thanks and best regards,
Chris
www.heli-chris.de

-----Ursprüngliche Nachricht-----
Von: James Paulus [mailto:james.paulus@gmail.com]
Gesendet: Dienstag, 28. Mai 2013 10:20
An: Dipl. Ing. (FH) Christian Wulff
Betreff: Enquiry from www.heli-chris.de

Nanti saya coba tanyakan ke teman di club saya yang pakai carb ini, kalau boleh saya lihat detail nya untuk dicontek.
sayangnya tempat tinggal kita berjauhan dan ketemuan paling weekend doang di flying field.
Semantara waktu saya (dan pak Benny juga) mungkin bisa research sendiri. Mungkin mas Christophel di Surabaya ada ide ? dia kan hobby utak atik soal beginian nih..coba message langsung deh.

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Posted: 29 May 2013, 18:36
by panjitohaga
saya penggemar electric heli tapi kalo misalnya saya mo coba utak atik bahan bakar tanpa nitro mungkin saya bakalan coba dari yang paling basic dulu tanpa harus ribetin bubut cylinder head atau ganti carb yg baru..

1. coba dengan bahan bakar methanol + castor oil karena lebih aman kalo belom pernah tuning engine dgn campuran tanpa nitro. cobain 1-2 tank terbang santai sambil di utak atik pelan2

2. Kalo udah mulai merasa nyaman dengan kemampuan tuning engine nya, baru mulai mencoba campuran dengan dengan klotz oil

Tapi ini dilakukan tanpa ekspetasi tinggi untuk masalah power; karena bagaimanapun juga ngga akan bisa sama tenaganya dengan campuran nitro.

teman satu klub ada penggila heli dengan bahan bakar 0% nitro, salah satu heli nya di pasangin electric ignition/CDI unit dan dia bilang bisa menambah tenaga..kalo berniat mau coba ini dikasih link nya sama dia: http://www.himodel.com/engines/Rcexl_single_ignition_for_-NGK-_ME-8_1_4_-32_120degree.html

selamat mencoba om ahmadbenny, ditunggu report nya nih :D

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Posted: 29 May 2013, 19:48
by ahmadbenny
sahid wrote:Halo Mas beny sudah dapat ramuan ampuh belum...downgrade prosentase nitro ( ganti oli, ganti carbu,dll ) ditunggu rahasianya... :doa


Bentar suhu,....lagi istikhoroh dulu,biar mantap.............. :doa

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Posted: 29 May 2013, 19:51
by ahmadbenny
jamespaulus wrote:Selamat malam Pak AhmadBenny,
Ini jawaban dari email saya enquiring No Nitro Carb:

Hi James,
the carburetors where made by Thomas Lötterle, but he discontinued the since
2007 due to health problems.
So I'm sorry for this information.
I recommend you to have a look on ebay. There you can find those carburetors
from time to time.

Thanks and best regards,
Chris
http://www.heli-chris.de

-----Ursprüngliche Nachricht-----
Von: James Paulus [mailto:james.paulus@gmail.com]
Gesendet: Dienstag, 28. Mai 2013 10:20
An: Dipl. Ing. (FH) Christian Wulff
Betreff: Enquiry from http://www.heli-chris.de

Nanti saya coba tanyakan ke teman di club saya yang pakai carb ini, kalau boleh saya lihat detail nya untuk dicontek.
sayangnya tempat tinggal kita berjauhan dan ketemuan paling weekend doang di flying field.
Semantara waktu saya (dan pak Benny juga) mungkin bisa research sendiri. Mungkin mas Christophel di Surabaya ada ide ? dia kan hobby utak atik soal beginian nih..coba message langsung deh.


Makin menarik ajah nih om,gmn pendapat suhu chrystophel nih.... :hmm

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Posted: 29 May 2013, 19:53
by ahmadbenny
panjitohaga wrote:saya penggemar electric heli tapi kalo misalnya saya mo coba utak atik bahan bakar tanpa nitro mungkin saya bakalan coba dari yang paling basic dulu tanpa harus ribetin bubut cylinder head atau ganti carb yg baru..

1. coba dengan bahan bakar methanol + castor oil karena lebih aman kalo belom pernah tuning engine dgn campuran tanpa nitro. cobain 1-2 tank terbang santai sambil di utak atik pelan2

2. Kalo udah mulai merasa nyaman dengan kemampuan tuning engine nya, baru mulai mencoba campuran dengan dengan klotz oil

Tapi ini dilakukan tanpa ekspetasi tinggi untuk masalah power; karena bagaimanapun juga ngga akan bisa sama tenaganya dengan campuran nitro.

teman satu klub ada penggila heli dengan bahan bakar 0% nitro, salah satu heli nya di pasangin electric ignition/CDI unit dan dia bilang bisa menambah tenaga..kalo berniat mau coba ini dikasih link nya sama dia: http://www.himodel.com/engines/Rcexl_single_ignition_for_-NGK-_ME-8_1_4_-32_120degree.html

selamat mencoba om ahmadbenny, ditunggu report nya nih :D


Patut di praktekan nih ide om,terima kasih om link'y,........ :ide ayo dong suhu2 heli nitro yang dah mencoba pengapian ini di review dong hasil'y... :doa

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Posted: 29 May 2013, 21:19
by Budiman
Nunggu reviewnya Om Benny dulu deh... :ktk ....cuma saya agak ragu, jika ini di-aplikasi-kan untuk heli yang membawa "beban"..