Hmm.. langsung susun daftar wishlist di lapak sebelah... dan menabung tentunya
Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Moderator: sudjai sarmo
- pampie
- Airman

- Posts: 34
- Joined: 30 Nov 2007, 17:47
- Location: Karawaci, Tangerang
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Ampuuunn suhu, ternyata luput satu halaman thread tidak terbaca (langsung ke gambar yang sudah packed di dalam pesawat).
Hmm.. langsung susun daftar wishlist di lapak sebelah... dan menabung tentunya
Hmm.. langsung susun daftar wishlist di lapak sebelah... dan menabung tentunya
- toto
- Brigadier General

- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
untuk suhu pampie entar kalau udah jadi dimohonkan untuk turut memperkaya diskusi pada forum ini ya, term kasih sebelumnya
salam
salam
- Budi
- Colonel

- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
pertanyaan berikutnya adalah......
bagaimana tentang fuel sytemnya??
kalo pakai karbu walbro kan ada mebrane dan oneway valvingnya (pumped)..... kalo yang nitro ini berarti pressurized dari muffler??
bagaimana tentang fuel sytemnya??
kalo pakai karbu walbro kan ada mebrane dan oneway valvingnya (pumped)..... kalo yang nitro ini berarti pressurized dari muffler??
- pampie
- Airman

- Posts: 34
- Joined: 30 Nov 2007, 17:47
- Location: Karawaci, Tangerang
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Kalau dari gambarnya sepertinya tidak ada fuel line dari muffler, tapi kok ada semacam rod yang diikat ke mufflernya, apakah ini secret recipe nya?
Apakah memang suction dari carbu cukup untuk draw fuel dari tank?
Selain itu oil mix ratio-nya ada yang bilang jangan terlalu sedikit, minimum 16:1 apakah benar atau malah harus lebih banyak lagi oli supaya rod klepnya tidak aus?
Terus untuk colokan CDI ke spark-plug-nya apakah perlu modifikasi khusus karena pasti ujungnya tidak sama kaya' 10 mm threads (standar 26cc gasoline).
Sekalian bisikin ya suhu dapet busi nya dari mana, lapak langganan gak jual
Mohon maap banyak sekali pertanyaan nih suhu....
Apakah memang suction dari carbu cukup untuk draw fuel dari tank?
Selain itu oil mix ratio-nya ada yang bilang jangan terlalu sedikit, minimum 16:1 apakah benar atau malah harus lebih banyak lagi oli supaya rod klepnya tidak aus?
Terus untuk colokan CDI ke spark-plug-nya apakah perlu modifikasi khusus karena pasti ujungnya tidak sama kaya' 10 mm threads (standar 26cc gasoline).
Sekalian bisikin ya suhu dapet busi nya dari mana, lapak langganan gak jual
Mohon maap banyak sekali pertanyaan nih suhu....
- su-31
- Chief Master Sergeant

- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
MrDoms wrote:![]()
itu 9ribuan ya suhu?? ngeri ah..... hehehe
Bener oom !!!
Iya, akupun ngeri lah pulak.
Over expected !, itupun belon peak..yg pernah kucoba, bisa > 10k rpm.
Silap2, jebol pulak engine nya PToto, tumpur lah awak.
- su-31
- Chief Master Sergeant

- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
pampie wrote:Kalau dari gambarnya sepertinya tidak ada fuel line dari muffler, tapi kok ada semacam rod yang diikat ke mufflernya, apakah ini secret recipe nya?![]()
...oo ndak Mas Pampie, itu muffler lama yg memang dipasangin pipa kuningan.
Itu kan aslinya dulu buat buang "Crankcase Pressure" dari nipple di bawah body engine.
Biar gak blepetan, waktu pake engine yg lama (Methanol).
Ini kan engine baru (malah belum pernah kena Methanol), cuma mufflernya pakai yg lama.
Sayang yg baru masih mulus.
Ada back pressure line dari muffler, dicolok ke tank, tp gak ada pengaruh nya.
Jadi ini semua asli, ya karbu nya juga asli dan standard.
Yg saya temukan.., semua setting jadi sangat sensitive.., baik Hi maupun Lo needle.
Termasuk CDI timing itu, sangat sensitive.
Maksudnya, kalo di Gasser asli yg gede, timing di geser2 pengaruhnya ada tp gak banyak.
Nah kalo ini, geser2 dikit bisa mati atau vibrasi dll yg gak normal.
Gak tau kenapa ya (Nunggu masukan dari pakDe Justinus dan PakBli nih).
Kesimpulannya, harus ada Tweaking.
Dan kalo ketemu..., waduh maknyus deh.
Laporan terkini, engine 2 Stroke, OS .91FX itu:
Ahirnya dapet idle stabil di 1700/1800an RPM.
Didiemin aja idle dibawah 2000rpm gitu >10 menit, sembari ngerokok2 dulu lah...
...abis itu di hentak/tiba2 buka full throttle sampe > 9k rpm.., dan...
dan TIDAK MATI atau Tersendat !!!.
Doh.., saya belon pernah liat engine Glow bisa kayak gitu.
Idle 5 menit..., buka tiba2, ya mati...(dan itu normal sih).
Konversi kayak gini kan praktek yg udah proven.., udah lama dilakukan orang.
Jadi bukan baru/ masih iseng2 "Trial'n Error".
Tinggal kita nyari2 "sweet spot", dengan Tweaking dan setal setel itu.
Kalo rajin dan sabar.., bakal ketemu deh..., gak pake secret recipe.
Yg saya tau, dah segala macem merek dan ukuran yg diconvert para modeler disono.
Termasuk, Saito-180 dgn Carb Asli nya.
Tinggak kita dong.., jangan ketinggalan...ya gak?
- su-31
- Chief Master Sergeant

- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Budi wrote:pertanyaan berikutnya adalah......
bagaimana tentang fuel sytemnya??
kalo pakai karbu walbro kan ada mebrane dan oneway valvingnya (pumped)..... kalo yang nitro ini berarti pressurized dari muffler??
Itu dia Pak !!!
Sudah dan sedang saya pertimbangken.., cuma Bpk keburu duluan nongol.
...One-Way Valve...,
dimana dan bagaimana ya ?Segera akan saya laporken hasil nya.
- su-31
- Chief Master Sergeant

- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Wind Raider wrote:... tapi yang aye suka dari rekan2 adalah sharingnnya...
Ah oom WR dah lama gak nongol, itu yg bikin kita gak semangat.
Kalo sering nongol, pasti Grage lebih rame lagi !
The FUN things in this wonderful hobby, are suppose to be shared...
Mosok di umpetin oom,....iya gak
Doh, laptop mau dipinjem ama yg punya..., terpaksa off dulu deh
- yoyokTR3
- Technical Sergeant

- Posts: 320
- Joined: 22 Apr 2009, 20:36
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Suhu (maaf kalo saya lancang bertanya), kalo yang dikonversi 120/4S itu setara dengan berapa CC? dan bisa untuk pswat ukuran brp?
menyimak dengan hikmad . . . .
menyimak dengan hikmad . . . .
- asoenhauw
- Chief Master Sergeant

- Posts: 803
- Joined: 18 May 2010, 14:28
- Location: Bogor
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
su-31 wrote:Wind Raider wrote:... tapi yang aye suka dari rekan2 adalah sharingnnya...
The FUN things in this wonderful hobby, are suppose to be shared...
Mosok di umpetin oom,....iya gak