[/quote]Lagi - lagi FUNJET
- asoenhauw
- Chief Master Sergeant

- Posts: 803
- Joined: 18 May 2010, 14:28
- Location: Bogor
- Contact:
Re: Lagi - lagi FUNJET
[/quote]- vinoajah
- Airman First Class

- Posts: 54
- Joined: 01 Jun 2012, 00:34
Re: Lagi - lagi FUNJET
suhu unding memang ...

- orchiplane
- Chief Master Sergeant

- Posts: 847
- Joined: 04 Nov 2011, 08:56
- Location: JAKARTA
- Contact:
Re: Lagi - lagi FUNJET
ijin penampakannya suhu..


- hidayat07
- Chief Master Sergeant

- Posts: 944
- Joined: 14 Dec 2010, 11:19
- Location: makassar
Re: Lagi - lagi FUNJET
asoenhauw wrote:
Ayo Om Asoen buat juga.jangan cuma
- unding
- Chief Master Sergeant

- Posts: 885
- Joined: 24 Mar 2011, 22:39
- Location: Makassar
- Contact:
Re: Lagi - lagi FUNJET
orchiplane wrote:ijin penampakannya suhu..
Inrunner memiliki effisiensi lebih baik daripada outrunner, cuma harganya lebih mahal untuk daya yg sama dan juga lebih sulit digulung ulang untuk ukuran motor yg kecil.
- unding
- Chief Master Sergeant

- Posts: 885
- Joined: 24 Mar 2011, 22:39
- Location: Makassar
- Contact:
Re: Lagi - lagi FUNJET
hidayat07 wrote:asoenhauw wrote:
![]()
Ayo Om Asoen buat juga.jangan cuma
Di situ juga bikin dong, jangan cuma jadi Paku
- hidayat07
- Chief Master Sergeant

- Posts: 944
- Joined: 14 Dec 2010, 11:19
- Location: makassar
- orchiplane
- Chief Master Sergeant

- Posts: 847
- Joined: 04 Nov 2011, 08:56
- Location: JAKARTA
- Contact:
Re: Lagi - lagi FUNJET
Trims suhu infonya..
- hidayat07
- Chief Master Sergeant

- Posts: 944
- Joined: 14 Dec 2010, 11:19
- Location: makassar
Re: Lagi - lagi FUNJET
bagaimana kabarnya MBTJet....?sudah maiden sabtu ini...???sdh tidak sabar neh tungguin hasil pidionya.....

- Bodyguard
- Captain

- Posts: 1732
- Joined: 29 Nov 2011, 18:39
- Location: Tabongo-Gorontalo
Re: Lagi - lagi FUNJET
unding wrote:Specs.
Motor Type: 4 Pole Inrunner
Winding: 2.5D
Voltage: 5~6S Lipoly
RPM/V: 1900kv
Internal resistance: 0.011 Ohm
Max Loading: 80A
Max Power: 1770W
Shaft Dia: 5.0mm
Weight: 249g
Motor Plug: 3.5mm Bullet Connector
For 90mm EDF Units
Dengan power 1770 Watt kecepatan sekitar 300 km/jam bisa dicapai asal ukuran propellernya sesuai.
Jika menggunakan plan diatas, berat pesawat yg saya dapatkan adalah 477 gram. dengan menetapkan wing loading maksimal 75 gram/dm2 (kelas pylon). Maka berat maksimal pesawat (AUW) adalah
AUW = Wingloading x Wing area; WA = 17 dm2 (untuk pesawat diatas)
= 75 x 17 = 1275 gram
Jadi berat maksimal untuk elektrikal = 1275 - 477 = 796 gram (motor + batt + esc + servo)
berat motor = 249 gram , esc = 98 gram dan servo 2 biji = 30 gram, berat yg tersisa = 796 - 249 - 98 - 30= 419 gram. Dengan batasan berat batterei 419 gram maka motor tsb bisa dipakai pada pesawat ini.
Power loading = Power/AUW = 1770/1275 = 1.3 Watt/gram![]()
sangat lebih dari cukup, dgn nilai 0.3 watt/gram saja pesawatnya sudah bisa terbang
![]()
Sekalian nanya ya om suhu....untuk bisa mengetahui power loading kan rumusnya = power /AUW..
bisanya ada motor yg tdk di sertakan spec powernya brp watt...ada gak cara lain untuk menghitung watt sebuah motor tanpa harus pake wattmeter..??? (Saoalnya sy gak punya)