Page 1 of 8

[WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Posted: 23 Dec 2011, 17:49
by handoyo6299
Mohon bimbingan kepada para suhu disini, saya bingung dan babar blass nggak mudeng kelistrikan, tapi kalau kesetrum ya sering....
Saya punya kasus ko menurut saya lucu...... mohon jangan diketawain ya suhu :
Begini loh ceritanya.
Pada penerbangan suwatu hari sungguh sangat menyenangkan, sampai sampai berani mengeksekusi beberapa manuver baru, dan sampai pada waktunya untuk landing, hati sangat senang, karena dari hasil pantauan voltase batt, memang menunjukkan waktunya landing, maka diputuskan siap-siap untuk landing.
Pesawat diterbangkan jauh untuk mendapat approach yang cantik, dalam hati suenengg gak karuan, karena skenario ini berjalan lancar.. last turn untuk diterbangkan mendekatlah sang pesawat yang cantik ini, dengan kecepatan yang menurut saya pass banget, mulai throttle diturunkan full kebawah, terlihat pesawat glide dengan cuantiik sekali, kemudian tambahkan satu klik............. dua klik...................., dan tiga klik..............................., mulai terlihat gliding dan approach landing yang muanissss sekali, pesawat linear descent, sampai ujung landasan, dari kejauhan mas Bayou teriak, ----------------wueddaaannn approach landingnya cuantiiiikkkk pakkk-----------------, hati tambah riang bersamaan dengan full throttle down, karena sudah sore dan kebetulan sinar matahari menyorot dari depan, sehingga gundukan rumput setinggi kurang lebih 30 cm, tidak terlihat, si cantik yang sedang approach ini tadi tak diduga-duga landing gearnya kesangkut... alamaaaaaakkkkkk, approach yang cantik berujung sujud syukur... walhasil, propeler putul, dudukan motor ikut melesat, landing gear juga ikutan gak mau diem ditempatnya, lemas dech.......
dalam hati puass , tapi lemassss karena harus repair......

berlanjuttttt

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Posted: 23 Dec 2011, 19:23
by iwan21
handoyo6299 wrote:.. alamaaaaaakkkkkk, approach yang cantik berujung sujud syukur... walhasil, propeler putul, dudukan motor ikut melesat, landing gear juga ikutan gak mau diem ditempatnya, lemas dech.......
dalam hati puass , tapi lemassss karena harus repair......

berlanjuttttt



kaitan dg judul dan potongan cerita yg saya ambil, dugaan sementara :
1. as jadi gak lurus
2.bel jadi oblak
3. bearing motor jadi seret

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Posted: 23 Dec 2011, 20:43
by handoyo6299
Sambil menanggapi Suhu Iwan, melanjutkan kisah.
Sampai rumah..... Si cantik dibersihlan dari tanah yang menempel, sambil memeriksa kondisi, hadooooh jadi mules dach...... Motor dilepas dari dudukannya, daaaan motor shaft sedikit bengkok, hiks dugaan Suhu Iwan yang pertama mulai nongol (suhu Iwan dilawaaaan...) motor di check, syukurlah bearingnya ok gak ada oblak, motor disimpen, berlanjut ke landing gear. Untungnya persediaan epoxy masih ada. Copot LG, bersihkan, coba di pas antora pecahan dan fuselage, dilem, di press, sejam kemudian coba test . Hmmmmmm kuat dach.
Gilran besok sorenya pas ada waktu lagi, benerin dudukan motor, rupanya lepasnya persis pada sambungan tinggal dikembalikan, tambahkan lem, press. Beres dach....
Giliran install ulang. Motor dipasang di tempatnya, LG di pasang, cowling ..... Kali ini pasang aja dach, biar tambah cuantiiik. Terakhir pasang propeler, karena adanya tinggal yang ukuran 16x8 maka ya mau gak mau pasang yang ini.
Sebelumnya pakai prop ukuran 17x8, dengan kombinasi : batt 6 cell 4000 Mah, esc 80 amp, motor turnigy sk 50-55 850kv. Asyiiikk besok pagi bisa test terbang dech kalau nggak hujan.
Bersambung lagiii.....

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Posted: 23 Dec 2011, 20:46
by phyque
Tuh kan...klo udah dukun aero emang serba tahu, padahal crita belum selesai.
Hehe, piss suhu iwan :pis

Om handoyo, upload foto pesawatnya ya...jadi penasaran pesawat apaan :tlt

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Posted: 23 Dec 2011, 21:15
by johansipp
Pswt batt 6cell Prop 17x8.. :pyg

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Posted: 23 Dec 2011, 21:20
by handoyo6299
@ Om Suhu Pyque.. siapppp segera setelah koneksi lancar putunya diupload, he.he....he
@ Om Suhu Johansipp... suhu aja puyeng apalagi saya.... jadi tambah :flu :flu :flu :flu :flu :flu

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Posted: 23 Dec 2011, 21:29
by rasyidrisyad
... sip lah dah beres lagi ..., lanjut reportnya Om :ok :ok :plk :plk

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Posted: 23 Dec 2011, 22:01
by iwan21
handoyo6299 wrote: Terakhir pasang propeler, karena adanya tinggal yang ukuran 16x8 maka ya mau gak mau pasang yang ini.
Sebelumnya pakai prop ukuran 17x8, dengan kombinasi : batt 6 cell 4000 Mah, esc 80 amp, motor turnigy sk 50-55 850kv. Asyiiikk besok pagi bisa test terbang dech kalau nggak hujan.
Bersambung lagiii.....


om, SK 50-55 bukannya ber KV 580 ?

kalo iya, rekomendasi prop utk 6 sel saya baca cuman 15x6 kalu mau motornya adem (maksimal sih bisa pake 15x9 ditulisnya)

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Posted: 23 Dec 2011, 22:02
by purwanu
widih!! pesawat gede.... :tlt :tlt :tlt

Re: [WTA]ESC panas motor juga panas padaha prop size diturunkan?

Posted: 24 Dec 2011, 05:56
by handoyo6299
iwan21 wrote:
handoyo6299 wrote: Terakhir pasang propeler, karena adanya tinggal yang ukuran 16x8 maka ya mau gak mau pasang yang ini.
Sebelumnya pakai prop ukuran 17x8, dengan kombinasi : batt 6 cell 4000 Mah, esc 80 amp, motor turnigy sk 50-55 850kv. Asyiiikk besok pagi bisa test terbang dech kalau nggak hujan.
Bersambung lagiii.....


om, SK 50-55 bukannya ber KV 580 ?

kalo iya, rekomendasi prop utk 6 sel saya baca cuman 15x6 kalu mau motornya adem (maksimal sih bisa pake 15x9 ditulisnya)


Oooopppp :shy :shy :shy :shy :shy iya Om Iwan.. saya ketiknya kebalik tap fatal ya......yang betul kv ratenya 580, terima kasih suhu. :thx :thx :thx :thx