Page 1 of 7

mohon bantuan HK Piper J3 cub

Posted: 22 May 2012, 10:07
by Abdinik
Setelah baca2 topik tentang Piper J3 cub, saya tertarik juga
Akhirnya saya beranikan diri untuk meminang produk Piper J3 dari HK. secara murah meriah dengan harapan bisa terbang enak
ini pictnya saya pinjam dari HK
Image
spek elektrik yang saya pakai :
BL Turnigy D2830 1000kv
ESC 30A
Servo 4 x 9gr ( harusnya aileron pakai 1 servo, tapi aileron saya kasih 2 servo )
Prop SF 9070
Lipo 3s 2200 mah 20C
Cek n ricek di lapangan kontrol surface sudah sesuai semua dan tidak ada pushrod yang nyangkut
taxi lancar....
langsung rogging n take off gak sampe 10m throtle 50% tanpa bantuan elevator. throtel saya naikan sampai 65% terbang masih lurus
tapi pada ketinggian +/- 4m pesawat langsung guling ke kanan saya counter ke kiri, tapi pesawat tidak mau kembali ke posisi semula.padahal saya lihat aileron sudah bekerja semestinya, akhirnya pesawat nyium ibu pertiwi... :whoaa :whoaa
prop patah, mounting motor patah. Alhamdulillah yang lain masih aman
apakah ada yang salah dengan pesawat saya??
sekali lagi maaf tidak ada foto/video
mohon masukan dari Suhu semua...
:thx :thx

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Posted: 22 May 2012, 10:23
by toto
aduh om suhu abdinik ini ya kok mengalami musibah berturut toh, tadi cerita soal tb-20 sekarang cerita tentang musibah piper j3 ............. sudah menjadi ciri sang piper pada waktu takeoff punya kecenderunga melintir ke kanan jadi memang waktu take off itu sudah siap untuk melakukan counter tapi ya enggak ngagetin gituh loh ..... pesawat ini khususnya untuk yang kelas imoet2 memiliki stall speed yg relatif tinggi dan akan lebih sensitif lagi pada saat belok kalau kurang power langsung meliuk tanpa minta ijin dulu sama sang pilot nya ............... kira2 waktu yang katanya setelah ketinggian +/- 4 meter langsung melintir kekanan dalam kondisi mengurangi throttle atau enggak ya, semoga tidak karena kalau iya melintir itu salah satu konsekuensi karena berkurangnya air speed dan kondisi pesawat belum level ............... semoga perkiraan saya salah dan mohon maaf apabila memang salah ...... :-k




salam

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Posted: 22 May 2012, 10:24
by KBSantoso
Abdinik wrote:Setelah baca2 topik tentang Piper J3 cub, saya tertarik juga
Akhirnya saya beranikan diri untuk meminang produk Piper J3 dari HK. secara murah meriah dengan harapan bisa terbang enak
ini pictnya saya pinjam dari HK
Image
spek elektrik yang saya pakai :
BL Turnigy D2830 1000kv
ESC 30A
Servo 4 x 9gr ( harusnya aileron pakai 1 servo, tapi aileron saya kasih 2 servo )
Prop SF 9070
Lipo 3s 2200 mah 20C
Cek n ricek di lapangan kontrol surface sudah sesuai semua dan tidak ada pushrod yang nyangkut
taxi lancar....
langsung rogging n take off gak sampe 10m throtle 50% tanpa bantuan elevator. throtel saya naikan sampai 65% terbang masih lurus
tapi pada ketinggian +/- 4m pesawat langsung guling ke kanan saya counter ke kiri, tapi pesawat tidak mau kembali ke posisi semula.padahal saya lihat aileron sudah bekerja semestinya, akhirnya pesawat nyium ibu pertiwi... :whoaa :whoaa
prop patah, mounting motor patah. Alhamdulillah yang lain masih aman
apakah ada yang salah dengan pesawat saya??
sekali lagi maaf tidak ada foto/video
mohon masukan dari Suhu semua...


Lho, ceritanya kok mirip sama TB20 nya? :tlt
Musibah beruntun nih??

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Posted: 22 May 2012, 11:31
by BZ123456
keliatannya seperti spiral dive akibat stall

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Posted: 22 May 2012, 11:36
by Abdinik
toto wrote:aduh om suhu abdinik ini ya kok mengalami musibah berturut toh, tadi cerita soal tb-20 sekarang cerita tentang musibah piper j3 ............. sudah menjadi ciri sang piper pada waktu takeoff punya kecenderunga melintir ke kanan jadi memang waktu take off itu sudah siap untuk melakukan counter tapi ya enggak ngagetin gituh loh ..... pesawat ini khususnya untuk yang kelas imoet2 memiliki stall speed yg relatif tinggi dan akan lebih sensitif lagi pada saat belok kalau kurang power langsung meliuk tanpa minta ijin dulu sama sang pilot nya ............... kira2 waktu yang katanya setelah ketinggian +/- 4 meter langsung melintir kekanan dalam kondisi mengurangi throttle atau enggak ya, semoga tidak karena kalau iya melintir itu salah satu konsekuensi karena berkurangnya air speed dan kondisi pesawat belum level ............... semoga perkiraan saya salah dan mohon maaf apabila memang salah ...... :-k




salam

waktu pesawat melintir kekanan, throtle masih tetap suhu antara 60-65%
sebelumnya pesawat dah terbang lurus dan level sejauh +/-5m setelah take off
tapi tiba2 langsung guling ke kanan saat saya berusaha untuk terbang lebih tinggi lagi.
TB-20 n Piper saya hampir sama kejadiannya, yang membedakan hanya ketinggian saat mau cium bumi pertiwi...TB-20 jatuh dari ketinggian +/-15m, Piper jatuh dari ketinggian +/-4m... :whoaa :whoaa
Piper dah selelsai repair dan siap re-maiden, sambil kumpulin nyali lagi terbangin WD sebagai penghibur
TB-20 mulai nyicil repair, tadi malam mulai lem main wing n bersihkan motor dari tanah yang nempel
terima kasih suhu atas petuah yang di berikan
:thx :thx

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Posted: 22 May 2012, 11:38
by Abdinik
KBSantoso wrote:Lho, ceritanya kok mirip sama TB20 nya? :tlt
Musibah beruntun nih??

dalam 3 minggu berturut2, 2 pesawat maiden tidak sukses berakhir tragis
sampai teman saya bilang " Main WD ae mas, lebih aman. crash, lem, terbang lagi "

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Posted: 22 May 2012, 11:40
by Abdinik
BZ123456 wrote:keliatannya seperti spiral dive akibat stall

lha ini...wong mojokerto.
ayo suhu, kapan pulang. biar pesawatku gak crash mulu...
padahal harus kuras tabungan untuk dapat beli 2 pesawat tersebut
kalo mau beli lagi, harus nabung n tunggu lama lagi... :whoaa :whoaa

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Posted: 22 May 2012, 13:10
by adityabizz
wahh J3 lg musim jatuh ya? kmren punya saya.... :pyg
viewtopic.php?f=119&t=11421

lem lg aja om, tunggu bbrpa jam dah bisa terbang lg tu J3 nya, oia cek shaft di motornya jgn2 bengkok

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Posted: 22 May 2012, 13:14
by iwan21
Abdinik wrote:
waktu pesawat melintir kekanan, throtle masih tetap suhu antara 60-65%
sebelumnya pesawat dah terbang lurus dan level sejauh +/-5m setelah take off
tapi tiba2 langsung guling ke kanan saat saya berusaha untuk terbang lebih tinggi lagi.



saya pernah alamain kayak gini ( bukan piper cub sih, tapi pesawat lain) , keburu napsu naikin elevator, apakah om melakukan hal yg sama ?

Re: mohon bantuan HK Piper J3 cub

Posted: 22 May 2012, 13:20
by adityabizz
iwan21 wrote:
Abdinik wrote:
waktu pesawat melintir kekanan, throtle masih tetap suhu antara 60-65%
sebelumnya pesawat dah terbang lurus dan level sejauh +/-5m setelah take off
tapi tiba2 langsung guling ke kanan saat saya berusaha untuk terbang lebih tinggi lagi.



saya pernah alamain kayak gini ( bukan piper cub sih, tapi pesawat lain) , keburu napsu naikin elevator, apakah om melakukan hal yg sama ?



om iwan, ini pesawat nya kan pke aileron, mungkin ga ya kalo pas berusaha untuk terbang lebih tinggi ga sengaja nggerakin aileron nya, jadinya guling kanan / kiri...?? nebak" aja sih.. :pis