Tips sederhana bagi pemilik Aerohawk by Irsansaputra
Posted: 30 Jan 2007, 18:26
Posted: 21 Jun 2005 5:33
irsansaputra wrote:Hi, ada sedikit tips bagi owner Aerohawk atau Skylark agar lebih menyenangkan
Banyak pemilik Smartech produk agak kecewa dengan durabilitas Both Main Motor dan juga Tail Motor durability. Memang kualitasnya tidak sebaik Motor yang melengkapi ESKY, sebab ESKY menggunakan merek Mabuchi pada seluruh motornya. Jelas lebih berkualitas. Bukan berarti Smartech jelek, sebab dari pengalaman material chassis dan lain-lainnya justru Smartech lebih durable karena lebih lentur sedikit.
Jangan lihat fisik dari mabuchi yang kusam dan sedikit lebih panjang. Namun kualitas brush nya sangat fair dan tidak menyebalkan dengan harga yang bisa dikatakan sama dengan Motor parts dari Smartech. kalo mau awet lagi buat konfigurasi Double Motor untuk Tail tsb, dijamin awet dan penuh torsi. Buat mounting nya dari plat kulit pembungkus battery, mudah dibentuk dan ringan. Lalu wiring nya cukup parallel saja, sederhana tapi manjur.
Kemudian Main Motor ESKY punya (Tipe Mabuchi 370) kalo Smartech pake Tipe 290 merek nggak jelas apa Bisa dipake paling cuma 2 minggu dengan pemakaian 2X terbang setiap hari, setelah itu power nggak bagus. Penyakitnya seolah tampak seperti battery bermasalah, daya angkatnya sangat berkurang. Lebih baik lagi kalo digunakan Lithium Polymer atau Lithium Ion juga ok, bisa 2 cell (motor nggak panas, cuma tenaga lebih kecil drpd menggunakan stock NiMh battery standarnya), jika pake Lithium 3 cell dijamin bisa dipake senyum puas, sangat powerfull. Namun juga ada satu yang perlu diperhatikan:
MUTLAK!!! Sebelum MENCOLOK BATTERY HELICOPTER kan biasanya prosedur mengharuskan kita menghidupkan TX terlebih dahulu bukan, nah saran saya biasakan Trim Throttle ditaruh di posisi paling atas saat belum dioperasikan. Kemudian setelah battery di colok dan gyro initialize (lampu merah menyala) jangan lupa SEGERA turunkan Trim Throttle ke paling bawah, mohon jangan lupa hal ini. Kalo nggak bisa kebakar FET IC di 3 in 1 Boardnya. Kalo prosedur udah dijalankan barulah bisa dimainkan dengan aman. Sekali lagi, ingat prosedur di atas Dengan catatan menggunakan Transmitter dan Receiver standar dari Smartech, diluar hal tersebut belum pernah di uji coba.
Prosedur di atas bisa digunakan jika menggunakan Motor 370 milik ESKY dan lithium 3 cell. Kalo kita nggak sengaja MENAIKKAN TRIM THROTTLE ke ATAS saat penerbangan berlangsung maka tenaga meningkat drastis, tapi mohon jangan lakukan hal tersebut. Tetap Trim Throttle dibawah aja. Kalo tidak maka dijamin FET IC pada Board nya TERBAKAR he...he... Tips ini hasil dari eksperimen dan telah menghanguskan 2 buah board 3 in 1 standar (bukan saya punya) milik teman saya yang tidak memberikan perhatian khusus atas modifikasi Motor dan Battery spt dijelaskan di atas.
Sejauh ini milik saya masih berfungsi baik, malah Main Blade plastik nya saya potong (bukan memperpendek nya) tapi dipotong bagian flaps nya sehingga Blade terlihat langsing. Ingat bukan pendek tapi langsing! Dipake terbang Outdoor ayo aja he..he.. Sedikit ber-angin juga ok, tapi jangan angin yang terlampau keras nggak mampu menahan angin.
Namun pake 3cell hati-hati aja, karena DIODA dekat FET IC menjadi panas, sehingga saat Heli crash Dioda tsb bisa lepas dari solder-an nya he..he... Luar biasa Antisipasi dengan membungkus DIODA tsb dengan Lem Epoxy (non conductive) biar tetap di tempatnya scr aman.
Selamat Mencoba