Page 1 of 6

WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 11 Feb 2010, 00:27
by budi.santoso
Mohon pencerahan kepada rekan2 & suhu-suhu yg menekuni bidang pesawat.
Temen saya bertanya.., knapa kalo pesawat (engine) kebanyakan pake batere NiCd sbg power utk RX-nya ?
Apa bedanya bila menggunakan Regulator dan batere Lippo sebagai sumber powernya ?
Tentunya bukan hanya sekedar mahal kalo menggunakan Regulator + Lippo, mungkin ada hal-hal yg bersifat teknis kah sehingga kebanyakan menggunakan NiCd ?

Teman saya ini ingin menggunakan Lippo sbg sumber tegangannya, mengingat kadang mendapati teman saat maen pesawat jika menggunakan NiCd, ketika dicek sebelum digunakan utk terbang..tegangan cukup tp setelah dipake terbang..tau-tau tegangan tiba2 drop..alasan kedua, kalo Lippo, lebih cepat waktu nge-charge-nya, lebih ringan pula bobotnya..

Semoga tanggapan dari rekan2 & suhu2 dapat menjawab pertanyaan dari teman saya ini..( maklum soalnya tdk main pes engine ).

Terima kasih :bow:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 11 Feb 2010, 00:53
by kula
daku selama ini pake lipo 2 cell + regulator..
sampai saat ini sich tdk menemukan kendala apapun kecuali bhw batere tdk terlalu berpengaruh thd CG.
tidak seperti NiCd atau NiMh yg bisa digunakan utk mengatur posisi CG secara signifikan.

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 11 Feb 2010, 06:00
by AgoesAurelz
Saya juga pakai batt li-po untuk pesawat engine, regulator kebanyakan pakai ESC bekas... sementara ini oke2 aja om

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 11 Feb 2010, 11:58
by Syafik
kalau ditanyakan kenapa ada yagn pake nicad untuk batt rx mungkin semata2 gampang instalasinya gak ribet dan gak mahal, tapi memang batt nicad harus dicari yang kulaitasnya terjamin karena bisa saja kasusnya seperti om Budi santoso sampaikan kadang sudah dicas penuh tapi tiba2 drop karena itulah salah satu kelemahan batt nicad... untuk saat ini pilihan yg tepat salah satunya menggunakan lipo dan regulator karena ringan dan awet tenaganya, kalau mau berat dubuat sama dengan nicad bisa cari lipo yg kapasitasnya besar seperti 2S 2600mah atau yang diparalel 2s2p pasti terbang dalam berapa bulan itu lipo masih awet

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 11 Feb 2010, 12:18
by dino
ati ati dng regulator bl salah pilih bs ancur semuanya [-X [-X [-X [-X (pengalaman pribadi) ada regulator yg bl panas setrumnya nggk keluar ](*,) ](*,) ](*,)

Nah untuk mengatasinya dan ini pengalaman saya pribadi serta sesuai dengan efisiensi BEC maka saya selalu menggunakan BEC dengan kapasitas 25% diatas kebutuhan, hal ini semata untuk menjaga agar BEC tidak bekerja terlalu berat buntut nya BEC/regulator jadi adem.

Maka untuk itu saat ini saya gunakan BEC/Regulator untuk pesawat nitro s/d kelas 123 saya pasang 5A dan untuk yang lebih besar saya gunakan yang 8A terus liponya saya gunakan yg khusus untuk Rx dengan kapasitas 2100 mAh

Tambahan info lagi yang saya pasang di gasoline dan pakai Rx 2.4 Ghz saya dipasangin 2 source dan/atau 2 independent switch lagi sebagai redundant power

Demikian sekedar sharing info dan mohon maaf kalo kurang pas

salam

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 13 Feb 2010, 08:00
by budi.santoso
Wah..jadi banyak tambah ilmu nih. Terima kasih atas masukan dari senior-senior dan suhu-suhu...
Oh ya...sekalian deh ditanya lagi... Kalo utk Regulator/BEC nya bisa tolong rekomendasikan pake merk apa ya...?? :bow: :bow:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 13 Feb 2010, 09:44
by suprayitno
Penggunaan bateray NiCd untuk armada yang terbang, kurang direkomendasikan. Karena sifat NiCd drainnya terlalu drastis jika arusnya habis. Saya juga pernah ngalami hal yang sama. Ketika akan terbang sudah saya ukur tegangan Oke. Tetapi tidak sampai 2 putaran langsung drop dengan tiba-tiba. Tersungkur deh pesawat. Saat ini saya pakai NiMh, kapasitas 2300mAh yang bermerek. Aman-aman saja.

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 13 Feb 2010, 13:26
by anton_max
selama ini saya pakai batere ni-cd merk hitec dan futaba aman2 saja. pakailah batere ni-cd yang bermerk pasti kualitasnya ok juga,sebelum terbang cek kondisi batere selalu..klo mau aman,sebelum terbang charge dulu. semoga pesawatnya selamat sampai landasan

happy landing

salam

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 13 Feb 2010, 15:17
by dino
\:D/ \:D/ \:D/ :D :D :D bla terbang dan landingnya slamat pilot riang...... :D pikiran tenang......menkeu pun ikut senang..... :lol: :lol: :lol:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Posted: 13 Feb 2010, 17:28
by anton_max
bener banget om dino..hehe \:D/ \:D/