Trainer engine 15
- hery_s
- Senior Master Sergeant
- Posts: 688
- Joined: 01 Apr 2008, 14:43
- Location: Ambon-Maluku
Re: Trainer engine 15
OM JUSTINUS....saya liat propeler nggak pake spiner...gimana cara ngidupin enginenya om....apa diputer pake tangan ????
- didin
- Major
- Posts: 1792
- Joined: 27 Aug 2008, 11:01
- Location: Pekanbaru
Re: Trainer engine 15
hery_s wrote:OM JUSTINUS....saya liat propeler nggak pake spiner...gimana cara ngidupin enginenya om....apa diputer pake tangan ????
Kalau saya utk menghidupkan engine pakai chiken stick alias kayu yang digunakan utk mutar prop....kalau tangan...wah...danger....jadi tanpa spinner juga bisa...
- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: Trainer engine 15
ibanez wrote:waw...nice info om dinesh...cuma cetakan bikin sayap nya itu yang susah klo dapet plan yang ada dihedralnya
jadi menantang...
Hallo Ibanez. Salam kenal.
Kalau kita buat pesawat sendiri, kita bisa atur dihedral yang kita mau. Kalau kita masih belajar, kita bisa kasih dihedral yang besar. Jadi kita enak belajarnya karena pesawat bisa menstabilkan dirinya sendiri.
Nanti kalau kita sudah tambah mahir, tentu kita akan merasa bahwa pesawat kita semakin lamban. (Lemot bahasa Jawanya). Kita bisa potong sayap kita, kemudian disambung kembali dengan dihedral yang lebih kecil. Pesawat kita akan semakin liar. Kalau mau yang liar, kita buat saja dihedralnya 0 derajat.
Salam.
- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: Trainer engine 15
hery_s wrote:OM JUSTINUS....saya liat propeler nggak pake spiner...gimana cara ngidupin enginenya om....apa diputer pake tangan ????
OM HERY. Saya selalu menggunakan tangan untuk menghidupkan engine pesawat (yg 2 tak).
Mengapa?
Karena dengan menggunakan tangan (pakai kayu atau karet juga boleh), kita tidak memaksa engine untuk menyala. Dan kita lebih mengerti karakter mesin. Dengan memaksa engine menyala, kita bisa merusak mesin. Contoh, kita menyalakan engine yang kebanjiran dengan stater bisa membengkokkan stang as nya, sedangkan tangan kita tidak bisa.
Jadi, kalau bisa pakai tangan, akan lebih baik buat mesin, dan kita tidak perlu membawa stater dan baterai yang berat.
Salam.
- ibanez
- Posts: 4
- Joined: 17 Mar 2009, 20:41
Re: Trainer engine 15
wah...makasih om justinus...satu lagi om justinus...klo misalnya ada dihedralnya, ribs nya dibuat miring ngikutin dihedralnya ato tetep lurus om...
maksudnya tetep vertikal sempurna?
maksudnya tetep vertikal sempurna?
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Trainer engine 15
justinus wrote:hery_s wrote:OM JUSTINUS....saya liat propeler nggak pake spiner...gimana cara ngidupin enginenya om....apa diputer pake tangan ????
OM HERY. Saya selalu menggunakan tangan untuk menghidupkan engine pesawat (yg 2 tak).
Mengapa?
Karena dengan menggunakan tangan (pakai kayu atau karet juga boleh), kita tidak memaksa engine untuk menyala. Dan kita lebih mengerti karakter mesin. Dengan memaksa engine menyala, kita bisa merusak mesin. Contoh, kita menyalakan engine yang kebanjiran dengan stater bisa membengkokkan stang as nya, sedangkan tangan kita tidak bisa.
Jadi, kalau bisa pakai tangan, akan lebih baik buat mesin, dan kita tidak perlu membawa stater dan baterai yang berat.
Salam.
hehehe... ini penjelasan yg agak kontroversial.... memang pake tangan bisa, tapi dari segi safety tidak disarankan... ini sesuai yg ada di buku manualnya lho...



Starter dengan alat starter (hand held) memang sengaja diciptakan sesuai peruntukannya... Coba kalo mesin baru or lepas rayen kan ngga bisa juga distarter pake tangan... musti pake hand held starter....

Kalo soal mesin banjir sebenarnya ada tanda-tandanya begitu starter terasa berat/stuck, jangan dipaksa... tapi harus buka busi, buang semua minyak/oli dari ruang bakar dan start lagi...
- suprayitno
- Senior Master Sergeant
- Posts: 722
- Joined: 12 Mar 2008, 10:05
- Location: Sidoarjo
Re: Trainer engine 15
Augustinus Aurelius wrote:justinus wrote:hery_s wrote:OM JUSTINUS....saya liat propeler nggak pake spiner...gimana cara ngidupin enginenya om....apa diputer pake tangan ????
OM HERY. Saya selalu menggunakan tangan untuk menghidupkan engine pesawat (yg 2 tak).
Mengapa?
Karena dengan menggunakan tangan (pakai kayu atau karet juga boleh), kita tidak memaksa engine untuk menyala. Dan kita lebih mengerti karakter mesin. Dengan memaksa engine menyala, kita bisa merusak mesin. Contoh, kita menyalakan engine yang kebanjiran dengan stater bisa membengkokkan stang as nya, sedangkan tangan kita tidak bisa.
Jadi, kalau bisa pakai tangan, akan lebih baik buat mesin, dan kita tidak perlu membawa stater dan baterai yang berat.
Salam.
hehehe... ini penjelasan yg agak kontroversial.... memang pake tangan bisa, tapi dari segi safety tidak disarankan... ini sesuai yg ada di buku manualnya lho...![]()
Kalo dengan alasan kepraktisan mungkin lebih make sense deh om...
Starter dengan alat starter (hand held) memang sengaja diciptakan sesuai peruntukannya... Coba kalo mesin baru or lepas rayen kan ngga bisa juga distarter pake tangan... musti pake hand held starter....![]()
Kalo soal mesin banjir sebenarnya ada tanda-tandanya begitu starter terasa berat/stuck, jangan dipaksa... tapi harus buka busi, buang semua minyak/oli dari ruang bakar dan start lagi...
Saya selalu pakai starter. Kenapa, karena sudah pengalaman tangan berdarah. Yah,.. meskipun nggak parah, tapi cukuplah dijadikan pengalaman. Untuk menjaga agar engine tidak banjir, saat mengisi bahan bakar saya selalu hati-hati dan memperhatikan selang yang ke knalpot, jangan sampai masuk. Kalu toh terlanjur saya buang dulu, kemudian tes pakai tangan jika prop terkunci buka glow, buang bahan bakar di ruang di engine.
Jika mau starter selalu saya pastikan bahan bakar di inlet karburator sudah ada, jika belum, buka ful throtle, tutup karburator, putar prop kekiri, sampai bahan bakar muncul nyampi karburator. Kemudian kembalikan throtle start, grennggggg teng-teng-teng-teng.......


- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: Trainer engine 15
ibanez wrote:wah...makasih om justinus...satu lagi om justinus...klo misalnya ada dihedralnya, ribs nya dibuat miring ngikutin dihedralnya ato tetep lurus om...
maksudnya tetep vertikal sempurna?
Buat ribnya tetap tegak lurus dengan sayapnya, baru waktu kita sambung sayapnya mengikuti sudut yang diharapkan.
Untuk mendesign dihedral bisa lihat link ini:
http://www.airfieldmodels.com/informati ... hedral.htm
- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: Trainer engine 15
Augustinus Aurelius wrote:
hehehe... ini penjelasan yg agak kontroversial.... memang pake tangan bisa, tapi dari segi safety tidak disarankan... ini sesuai yg ada di buku manualnya lho...![]()
Kalo dengan alasan kepraktisan mungkin lebih make sense deh om...
Ini bukan penjelasan yang kontroversial. Ini penjelasan apa adanya. Bukan urusan kepraktisan atau yang lain, tetapi memang saya belajarnya demikian. Semua masih dalam lingkup safety. Saya tidak menyarankan penggunaan tangan untuk orang yang tidak pengalaman. Masih banyak orang yang menstater pakai tangan, dan mereka tahu bahayanya. Suhu Ary dari Bali pun masih menggunakan tangan untuk stater.

- limsiahiang
- Senior Airman
- Posts: 111
- Joined: 17 Oct 2007, 11:48
- Location: kisaran
- Contact:
Re: Trainer engine 15
saya setuju dgn om Justinus...
semua itu tergantung pengalaman masing2 .
salam,
semua itu tergantung pengalaman masing2 .
salam,