antonius bima wrote:takik bawahnya +/- 30% bung Iwan.....sepertinya dengan takik bawah memang lift up-nya baik tapi akibatnya speednya berkurang....
saya pikir kemaren motor saya yang lemah....ternyata waktu saya pindah ke pesawat lain (wilga) terbukti pesawatnya bisa ngacir...
jadi baiknya dimana bung Iwan....apakah saya buatkan takik atas dan bawah...atau takik atas saja atau takik bawah dengan % dari chordnya lebih diperkecil misal 15%? mohon pencerahannya.....terima kasih sebelumnya
Takik bawahnya mesti 40 % boeng, sedang cg antara 30 ~ 40% juga kalo pake KF profil, tebal spar yg ganjal takik juga jangan lebih tebal dari wingnya (artinya kalo wing dari polyfoam 6mm, maka tebal sparnya juga mesti polyfoam 6mm).
Pertanyaan kenapa ini terbangnya lebih lambat dari WIlga padahal pake motor yg sama, tentu ada banyak faktor boeng.
1. Wilga bodynya streamline, kalo BC ini kotak, tentu dragnya lebih gede.
2. Profil sayap Wilga semi simetris, kalo ini flat wing dg profil KF dan takik bawah, drag juga lebih gede.
Walhasil tentu berpengaruh terhadap karakter si pesawat, jadi seakan2 lebih berat, padahal karena dragnya gede jadi susah nembus udara.
Gitu aja yg keliatan dari luar/fisiknya boeng...Merdeka..!!!