Alhamdulillah....... untung aja crash......

Share cerita mengenai safety dalam aeromodelling .

Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer

User avatar
darma
Posts: 6
Joined: 13 Jul 2007, 13:51
Location: Jakarta Barat
Contact:

Alhamdulillah....... untung aja crash......

Post by darma »

Hari Sabtu, 2 minggu yang lalu..... seperti biasa pagi2 udah siap di lapangan bola deket rumah buat nerbangin TREX....... hari itu nggak tau kenapa, penasaran banget pengen nyoba manuver sederhana (belok kanan) karena udah mulai bosen hover (padahal hovernya juga masih tail/side in.... nose-in masih belum berani).... belok kanan ini udah sering dilatih di simulator....... :boing:

Singkat cerita, begitu heli mulai naik langsung FF sampai 5 meteran (pertimbangannya kalo nanti gerakannya ngaco masih sempet koreksi di udara)...... udah itu langsung gerakin stik dua-duanya kekanan untuk belok...... begitu udah belok, tiba-tiba muncul keraguan (gara-gara kepikiran kalo udah posisi nose in entar gimana)..... akibatnya konsentrasi agak pecah dan heli mulai menukik dengan cepat..... langsung reflek mundurin stik kanan dan naikin stik throttle..... kecepatan berkurang dan heli mulai naik.... tapi sayangnya udah terlalu dekat ke pucuk dahan dan...... grusakkk..... blade nyamber daun-daun.... akhirnya heli nyangkut ke pohon diketinggian sekitar 6 m........ #-o

Sempet bengong.... :shock: ..... karena ini crash yang pertama dan bingung gimana nuruninnya....... akhirnya kepikiran cari pinjeman galah ke rumah sekitar.... untung dapet..... ujung galah saya selipkan di landing skid ..... setelah di sodok-sodok kayak metik mangga, akhirnya heli bisa lepas dan meluncur ke bawah ala "flying fox"....... =D> ...... cek-cek.... ternyata "mixing lever" ada yang patah dan strut tail boom hilang satu...... waduhhh.... heli masih inreyen kok sudah crash.... :x

Besoknya di bawa ke e-Hely Simprug buat direpair...... dicek sama teknisi, ternyata main shaft juga bengkok dikiiitt (tetep aja musti ganti).... #-o ....... begitu mau cek spindle..... Ya Allah.....ternyata..... belum dibuka bautnya sudah kendor...ndor..... :shock: :shock: ....tinggal nunggu lepasnya aja.....

Selama ini saya selalu cek baut blade holder, tapi nggak pernah kepikiran untuk cek baut feathering shaft..... :oops: ....., soalnya waktu pake DF76C baut itu nggak pernah kendor, malah susah banget bukanya............

Saya bersyukur heli saya crash sekarang..... [-o< ...... jadi ketahuan.... apa jadinya kalo blade lepas di udara...... bisa bikin celaka orang dan tentunya biaya repair lebih besar.......

Moral of the story :
- selalu berdoa sebelum terbang
- jangan pernah lupa untuk pre-flight check
- kalo udah niat mau manuver jangan ragu-ragu
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Yang penting selamat pak... repair dan segera terbang lagi...

Crash adalah pengalaman yang sangat berharga...
User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Post by Sulistiyo »

@Om Darma... biasanya Feathering Shaft (Spindle) pake baut yang ada locknya (Lock Nut) jikan rubber yang ada di dalam Nut nya sudah habis berarti ganti, jika mo nyaman lagi ya tambahin loctite. memang preflight Check harus dilakukan terutama yang moving part.
User avatar
jedx
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 313
Joined: 17 Jan 2007, 16:34
Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
Contact:

Post by jedx »

just joke Om Darma ya :
....... itulah enaknya jadi warga negara indonesia... sudah crash masih berpikiran positif ...
untung nyangkut dipohon...gak kena orang..
untung crashnya sekarang...
untung baru ketinggian 5 m....
untung hanya mainshaft yang bengkok..

Hehehee....
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Ha ha ha ha, masih untung juga rupanya.
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

:D kita harus menjunjung tinggi "Untung" kalo gitu hehehe
User avatar
jedx
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 313
Joined: 17 Jan 2007, 16:34
Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
Contact:

Post by jedx »

Syafik wrote::D kita harus menjunjung tinggi "Untung" kalo gitu hehehe


jangan.. entar kena marah Bu Untung... :-# :-# :-# :-#
sorry OOT... \:D/
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Padahal Pak Untung lagi belajar nerbangkan WD.
User avatar
x wing
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 06 Mar 2007, 10:23
Location: Pamulang
Contact:

Post by x wing »

Untung yang punya mobil kijang inova nya cuman tersenyum, gimana kalo kaca nya baret2x (pengalaman pribadi :-) xixixixixixi)
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

jedx wrote:
Syafik wrote::D kita harus menjunjung tinggi "Untung" kalo gitu hehehe


jangan.. entar kena marah Bu Untung... :-# :-# :-# :-#
sorry OOT... \:D/


Pokoknya jangan buntung... [-X [-X

Kembali ke topik dong... :D
Post Reply