Home made Li-po Charger
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Home made Li-po Charger
Lipo kalo full, perselnya bertegangan 4,2 Volt
- Dhonijember
- Senior Airman
- Posts: 147
- Joined: 12 Apr 2010, 12:08
Re: Home made Li-po Charger
iwan21 wrote:Lipo kalo full, perselnya bertegangan 4,2 Volt
makasih bang iwan atas masukannya.
maaf avatar belum masuk.
BTW lokasi dimana bang?
ane di JEmber
- erfanjbr
- Senior Master Sergeant
- Posts: 583
- Joined: 20 Nov 2009, 17:05
- Location: jember-magetan
Re: Home made Li-po Charger




- Dhonijember
- Senior Airman
- Posts: 147
- Joined: 12 Apr 2010, 12:08
Re: Home made Li-po Charger
Berhubung rasa keingin tahuan yang kuat
ane berusaha mengecas batere dengan cara brikut :

ane berusaha mengecas batere dengan cara brikut :

- xlinkprince
- Posts: 8
- Joined: 28 May 2008, 10:42
- Location: Yogyakarta
Re: Home made Li-po Charger
keren dan kreatip nih............... 

- joun
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2027
- Joined: 12 Apr 2007, 15:46
- Location: jember
Re: Home made Li-po Charger
Dhonijember wrote:Kasih gak ya skemanya????????????
gwa kasih dah buat para member tercinta, juga demi kemajuan aero tanah air
daripada kita beli charger asli yang harganya terbilang mahal, juga pesannya cukup lama+sulit.
mending bikin sendiri dengan biaya relatif murah
1. SKEMA CHARGER
Bang Dhoni maaf mo correct deket ...
klo yang telah saya bikin menggunakan IC317, proses calibration mudah berubah-ubah teganganya ... tergantung dari (Vin) makanya di skematik disarankan menggunakan VR multiturn klo sulit dapet pake VR tuning TV disitu banyak
klo melihat skematik diagram... IC 317 mensuplai rangkaian TR pemisah tegangan BD140 yang berfungsi sebagai penguat arus... maka perlu hati-hati seperti kata Bang Crish ...
IC 713 akan Panas berlebihan.. apalagi pada saat baterai tinggal 60%
Para Suhu ...
mohon maaf bila salah
- joun
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2027
- Joined: 12 Apr 2007, 15:46
- Location: jember
Re: Home made Li-po Charger
Klo mo modif justru pake trafo CT yang masing masing tapnya dipisah menjadi 3 bh gul sekunder
masing-masing pake IC317 saja dirangkai seri ....
jadi mah gampang mo 2sell... sampai 12sell ... tinggal seri sesuai kebutuhan ...
tapi lage-lage ingat denga IC317 heatnya loo ... pake hatsink dan fan.. baru aman
atao output IC317 dibuat meng adj TR 3055 yang out mampu Imax 2Amp
sebenarnya masih banyak rangkaian lain yang bisa untuk Homemade .... dunia terbuka lebar kok..

masing-masing pake IC317 saja dirangkai seri ....
jadi mah gampang mo 2sell... sampai 12sell ... tinggal seri sesuai kebutuhan ...
tapi lage-lage ingat denga IC317 heatnya loo ... pake hatsink dan fan.. baru aman
atao output IC317 dibuat meng adj TR 3055 yang out mampu Imax 2Amp
sebenarnya masih banyak rangkaian lain yang bisa untuk Homemade .... dunia terbuka lebar kok..








- wasiardhi
- Captain
- Posts: 1653
- Joined: 07 Apr 2010, 11:00
- Location: Semarang
- Contact:
Re: Home made Li-po Charger
sangat bermanfaat...turut menyimak.
- joun
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2027
- Joined: 12 Apr 2007, 15:46
- Location: jember
Re: Home made Li-po Charger
Ayo Dhon dimodif lage....
- bayupbm
- Senior Airman
- Posts: 140
- Joined: 19 Oct 2010, 11:06
- Location: solo - klaten - jepara
Re: Home made Li-po Charger
@Dhonijember, permisi numpang trit untuk tanya om..
mohon pendapat dan saran senior2 dan temen2 yg sudah berpengalaman...
test pertama : satu buah batre 2cell 2200mah
sy coba men-carger batre 2cell dengan fixed voltage regulator 4.2volt - 1.5amp, tentunya dengan 2 buah unit power supply, sudah lebih dari +-20 cycle batre masih aman dan penurunan performance blm terasa (batre dipakai untuk artech cesna182, motor 1400kv 75watt), juga test charger hingga full (kondisi amphere carger 0 amp) sy tahan skitar 5 jam, btre tetep dingin, dan powersuply juga tidak panas, ukur voltage per cell kondisi full 4.2volt(karena max volt charger 4.2)...
test kedua : satu buah batre 3 cell 2200mah
3 cell 2200mah saya carger dengan satu fixed voltage regulator 12.6volt 1.5 amp, dengan satu power supply, baru sy coba sekitar 7 cycle, test di tahan dengan kondisi full (0 amphere) selama 5 jam, batre tdak panas powersupply juga adem, batre di pakai untuk katana md dan heli450, ukur voltage percell saat full rata-rata 4.2 dengan selisih 0.01 - 0.03 volt,..
sy tahu system dan proses carger yg saya coba ini tidak umum untuk lipo
, proteksi over charger hanya dari overload powersupply unit, adakah teman2 dan senior sudah meneliti sebelumnya, mohon sharing dan pendapatnya.....
referensi alat:
AVO meter : fluke 189 - true rms multimeter
Power supply : AEMC - AX503;
Scope Meter : Yokogawa DL750 scopecoreder digital osciloscope
terima kasih....
mohon pendapat dan saran senior2 dan temen2 yg sudah berpengalaman...


sy coba men-carger batre 2cell dengan fixed voltage regulator 4.2volt - 1.5amp, tentunya dengan 2 buah unit power supply, sudah lebih dari +-20 cycle batre masih aman dan penurunan performance blm terasa (batre dipakai untuk artech cesna182, motor 1400kv 75watt), juga test charger hingga full (kondisi amphere carger 0 amp) sy tahan skitar 5 jam, btre tetep dingin, dan powersuply juga tidak panas, ukur voltage per cell kondisi full 4.2volt(karena max volt charger 4.2)...

3 cell 2200mah saya carger dengan satu fixed voltage regulator 12.6volt 1.5 amp, dengan satu power supply, baru sy coba sekitar 7 cycle, test di tahan dengan kondisi full (0 amphere) selama 5 jam, batre tdak panas powersupply juga adem, batre di pakai untuk katana md dan heli450, ukur voltage percell saat full rata-rata 4.2 dengan selisih 0.01 - 0.03 volt,..
sy tahu system dan proses carger yg saya coba ini tidak umum untuk lipo


referensi alat:
AVO meter : fluke 189 - true rms multimeter
Power supply : AEMC - AX503;
Scope Meter : Yokogawa DL750 scopecoreder digital osciloscope
terima kasih....
