Para suhu, senior dan rekan2 grage, mohon ijin, minta bantuan dan pertolongan tentang masalah penyekat atau baffle......
Kenapa perlu baffle dan bagaimana membuatnya.......
saya sedang mempelajari dari literature baik di dalam maupun diuar.....masukkan dan arahannya akan sangat membantu.
sebelumnya dan sesudahnya terimakasih
(Overheat):Kenapa perlu Baffle dan Bagaimana cara buatnya???
Moderator: DIMAS
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: (Overheat):Kenapa perlu Baffle dan Bagaimana cara buatnya???
Pak De.
Sebenarnya engine itu cuma perlu didinginkan di silinder head-nya saja, karena mulai daerah itulah panas menjalar. Banyak yang berpikir bahwa seluruh engine yang perlu didinginkan. Pada engine mobil, air hanya mengalir disekitar silinder head, tidak diputar2 keseluruh body engine.
Untuk single silinder head, biasanya saya buatkan corong kearah silinder headnya. Kalau pada pesawat extra yang cowlnya ada 2 lubang dikanan kirinya, biasanya lubang itu saya malah tutup. Silinder tunggal yang menghadap kebawah, yang biasanya menjebol cowl, saya buatkan terowongan sehingga angin mengarah pada kisi2 silinder head. Untuk engine double silinder (100 atau 150cc), pada pasawat extra atau cap, lubang kanan dan kiri itu pas pada silinder headnya. Ada yang memberi tambahan baffle supaya angin benar2 lewat kisi2 silinder headnya, bukan lewat sekitar headnya. Kalau angin berjalan disekitar silinder headnya, penyerapan panas tidak optimal, sehingga kuranglah fungsi kisi2 yang artinya menambah luas permukaan.
Tulisan ini apa sudah menjawab pertanyaan?
Sebenarnya engine itu cuma perlu didinginkan di silinder head-nya saja, karena mulai daerah itulah panas menjalar. Banyak yang berpikir bahwa seluruh engine yang perlu didinginkan. Pada engine mobil, air hanya mengalir disekitar silinder head, tidak diputar2 keseluruh body engine.
Untuk single silinder head, biasanya saya buatkan corong kearah silinder headnya. Kalau pada pesawat extra yang cowlnya ada 2 lubang dikanan kirinya, biasanya lubang itu saya malah tutup. Silinder tunggal yang menghadap kebawah, yang biasanya menjebol cowl, saya buatkan terowongan sehingga angin mengarah pada kisi2 silinder head. Untuk engine double silinder (100 atau 150cc), pada pasawat extra atau cap, lubang kanan dan kiri itu pas pada silinder headnya. Ada yang memberi tambahan baffle supaya angin benar2 lewat kisi2 silinder headnya, bukan lewat sekitar headnya. Kalau angin berjalan disekitar silinder headnya, penyerapan panas tidak optimal, sehingga kuranglah fungsi kisi2 yang artinya menambah luas permukaan.
Tulisan ini apa sudah menjawab pertanyaan?
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: (Overheat):Kenapa perlu Baffle dan Bagaimana cara buatnya???
hmmmmm......punya gambar2nya Pak De Justinus?
memang kalo secara logika, panas yg timbul di motor bakar itu 80-90% adalah di ruang bakar, atau dimana heat sink berada...
cuma berarti dibuatkan corong dari lubang cowl ke heatsink ya?
terus keluarannya saya baca2 harus lebih besar?? berapakali inlet ya pak?
nah sekarang kalo pakai motor listrik gimana oom oom dan bapak2 ya? soalnya sebagian besar armada sekarang pakai motor, maklum mampunya beli elektrik......ampunnn
maap banyak nanya, maklum pensiunan...yang udah mulai pikun.....dan daya dong nya rendah (nggak dong/mudeng kalo ngg dijelasin)
memang kalo secara logika, panas yg timbul di motor bakar itu 80-90% adalah di ruang bakar, atau dimana heat sink berada...
cuma berarti dibuatkan corong dari lubang cowl ke heatsink ya?
terus keluarannya saya baca2 harus lebih besar?? berapakali inlet ya pak?
nah sekarang kalo pakai motor listrik gimana oom oom dan bapak2 ya? soalnya sebagian besar armada sekarang pakai motor, maklum mampunya beli elektrik......ampunnn
maap banyak nanya, maklum pensiunan...yang udah mulai pikun.....dan daya dong nya rendah (nggak dong/mudeng kalo ngg dijelasin)
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: (Overheat):Kenapa perlu Baffle dan Bagaimana cara buatnya???
lha itu pentingnya bafle .... kalo salah letak bisa2 malah meratakan panas dari head ke seluruh bagian mesin ...



- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: (Overheat):Kenapa perlu Baffle dan Bagaimana cara buatnya???
Budi wrote:hmmmmm......punya gambar2nya Pak De Justinus?
memang kalo secara logika, panas yg timbul di motor bakar itu 80-90% adalah di ruang bakar, atau dimana heat sink berada...
cuma berarti dibuatkan corong dari lubang cowl ke heatsink ya?
terus keluarannya saya baca2 harus lebih besar?? berapakali inlet ya pak?
nah sekarang kalo pakai motor listrik gimana oom oom dan bapak2 ya? soalnya sebagian besar armada sekarang pakai motor, maklum mampunya beli elektrik......ampunnn
maap banyak nanya, maklum pensiunan...yang udah mulai pikun.....dan daya dong nya rendah (nggak dong/mudeng kalo ngg dijelasin)
Kalau gambarnya dulu saya lihat di internet.
Intinya: dinginkan apa yang perlu didinginkan. Teorinya inlet:outlet = 1: 2 minimum. Jadi harus besar outletnya. Inlet biasanya bertekanan, sedang outlet tidak. Sehingga harus lebih besar outletnya. Jadi dengan membuat corong ke heat shink, kita membuat inlet yg kecil sehingga outletnya tidak perlu terlalu besar.
Untuk elektrik juga demikian. Dinginkan apa yang mau didinginkan saja.
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: (Overheat):Kenapa perlu Baffle dan Bagaimana cara buatnya???
hm mmmmm....... ilmu baru neh.......
terimakasih pak de.....
terimakasih pak de.....

- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: (Overheat):Kenapa perlu Baffle dan Bagaimana cara buatnya???
Budi wrote:hmmmmm......punya gambar2nya Pak De Justinus?
Ini ketemu contoh gambarnya di internet pak de. Agak ketutupan propeller lubang bafflenya.

- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: (Overheat):Kenapa perlu Baffle dan Bagaimana cara buatnya???
justinus wrote:Budi wrote:hmmmmm......punya gambar2nya Pak De Justinus?
Ini ketemu contoh gambarnya di internet pak de. Agak ketutupan propeller lubang bafflenya.









itu kan gambar yg nanya sendiri ..






- pakdesurib
- Technical Sergeant
- Posts: 325
- Joined: 08 Feb 2010, 16:24
- Location: Surabaya
Re: (Overheat):Kenapa perlu Baffle dan Bagaimana cara buatnya???
iwan21 wrote:justinus wrote:Budi wrote:hmmmmm......punya gambar2nya Pak De Justinus?
Ini ketemu contoh gambarnya di internet pak de. Agak ketutupan propeller lubang bafflenya.
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
itu kan gambar yg nanya sendiri ..
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
kalo begini.... jeruk minum jeruk dong....


- tedyBAT
- Master Sergeant
- Posts: 438
- Joined: 16 Oct 2007, 09:05
- Location: Banjarmasin
- Contact:
Re: (Overheat):Kenapa perlu Baffle dan Bagaimana cara buatnya???
Sempat mikir juga kok Om budi ada kloningannya di LN hehehhe




