
F3A <> 3D kenapa??
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: F3A <> 3D kenapa??
lagi nunggu oom Kula komentar nih??? 

- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: F3A <> 3D kenapa??
Apa sih enaknya aeromodelling?
Mau F3A ato 3D? Cuma bikin jadi item. 


- pakdesurib
- Technical Sergeant
- Posts: 325
- Joined: 08 Feb 2010, 16:24
- Location: Surabaya
Re: F3A <> 3D kenapa??
Wah.... kalo baca postingan temen2 disini soal terbang style pattern dan terbang style 3D ini, cukup menarik juga untuk disimak.
Masing-masing sepertinya punya pendapat yang beragam dan tentu berdasarkan pengalaman masing-masing.
Nah…. kali ini saya juga mau berbagi pengalaman yang nantinya temen2 bisa menyimpulkan, apakah memang pattern dan 3D adalah 2 hal yang berbeda, atau malah keduanya sebetulnya 1 kesatuan yang tidak dipisahkan satu sama lain?
Berikut ini, contoh salah satu gaya terbang yang biasa saya lakukan di laguna dengan urutan terbang sbb :
1. take off,
2. low inverted,
3. climbing sayap rolling,
4. stall turn,
5. turun sayap rolling,
6. rolling harrier,
7. rolling harrier sampe pas depan pilot,
8. ganti manuver rolling loop,
9. rolling loop posisi jam 6 ke jam 3 ke jam 12.
10. rolling loop turun posisi jam 12 ke jam 9 ke jam 6.
11. ganti manuver ke rolling harrier,
12. rolling harrier ½ putaran siap ganti posisi manuver,
13. knife edge sambil pelan2 ketinggian dikurangi,
14. kontrol throttle sampai depan kita posisi salah satu sayap 10-15 cm diatas tanah,
15. pertahankan ketinggian terbang tetap lurus,
16. terbang KE rendah lurus, sambil pelan-pelan posisi sayap dikembalikan level,
17. ulangi point 3, point 4, point 5.
18. posisikan level dulu baru inverted,
19. turunkan ketinggian,
20. tetap inverted sampai ujung rudder posisi kira 10-15 cm diatas tanah,
21. pelan-pelan naikkan ketinggian,
22. masuk outside loop 1 kali atau 2 kali,
23. flypass posisi level,
24. masuk manuver split s
25. fly pass,
26. manuver ½ cuban eight,
27. depan kita ganti manuver rolling harrier,
28. rolling harrier figure 8,
29. pas depan kita pesawat climbing,
30. turun dng manuver positif spin,
31. harrier,
32. harrier figure 8,
33. high alpha harrier,
34. mulai cari posisi ujung lapangan,
35. harrier,
36. landing,
Catatan : kalo timer bensin masih nutut, bisa dikombinasi dengan hover 4 posisi di endingkan belly in dan torq roll naik turun naik turun sebentar, krn 2 manuver ini cuman basic 3D, akhir-akhir ini sudah jarang saya praktekkan mengingat sensasinya makin menipis….
Untuk nomor 4 dan 5 kadang saya kombinasikan dengan flat spin, dan nomor 13 s/d nomor 16 kadang saya kombinasikan dengan 4 point roll.
Nah…. dari sedikit manuver yang saya praktekkan di laguna, TERBUKTI bahwa :
Dibutuhkan style pattern supaya terbangnya bagus untuk nomor : 1,2,4,13,14,15,16,18,19,20,21,22,23,24,25,26,29,36
Dan…..
Dibutuhkan style 3D supaya terbangnya bagus untuk nomor : 3,5,6,7,8,9,10,11,12,17,27,28,30,31,32,33,34,35
Jadi….. lepas dari apakah jempol kita masih pas-pasan, lepas apakah pesawat yang kita pake karakternya bisa terbang 3D atau nggak, pendek kata lepas dari hal-hal teknis…… termasuk lepas jika postingan sy ini malah gak nyambung, hehehehe........)
Nyatanya...... terbang terlihat indah dan bagus itu adalah jika kedua kemampuan itu (pattern dan 3D) digabung.
Punya pesawat bisa terbang 3D tapi terbangnya patroli yo eman to ya, punya pesawat pattern tapi terbangnya gaya-gaya hover kan yo ngisin-ngisini. (banyak lho ya msh begini tapi tentunya bukan temen2 di grage).
Sekalian aja terbang pesawat scale, pasti saya no comment…..
Pendeknya….. dari pengalaman praktek terbangin balsa, style pattern dan style 3D adalah 2 kemampuan yang wajib dimiliki pilot aeromodelling karena TERBUKTI saling melengkapi. tanpanya….. apa kata dunia???
Kesimpulan :
Bisa terbang pattern gak mampu terbang 3D = nanggung.
Bisa terbang 3D gak mampu terbang pattern = nanggung.
Gak bisa terbang 3D, gak bisa terbang pattern = penonton.
Demikian, kalo ada salah2 kata dan istilah, mohon maaf sebelumnya.
Salam 3D air keras.
Masing-masing sepertinya punya pendapat yang beragam dan tentu berdasarkan pengalaman masing-masing.
Nah…. kali ini saya juga mau berbagi pengalaman yang nantinya temen2 bisa menyimpulkan, apakah memang pattern dan 3D adalah 2 hal yang berbeda, atau malah keduanya sebetulnya 1 kesatuan yang tidak dipisahkan satu sama lain?
Berikut ini, contoh salah satu gaya terbang yang biasa saya lakukan di laguna dengan urutan terbang sbb :
1. take off,
2. low inverted,
3. climbing sayap rolling,
4. stall turn,
5. turun sayap rolling,
6. rolling harrier,
7. rolling harrier sampe pas depan pilot,
8. ganti manuver rolling loop,
9. rolling loop posisi jam 6 ke jam 3 ke jam 12.
10. rolling loop turun posisi jam 12 ke jam 9 ke jam 6.
11. ganti manuver ke rolling harrier,
12. rolling harrier ½ putaran siap ganti posisi manuver,
13. knife edge sambil pelan2 ketinggian dikurangi,
14. kontrol throttle sampai depan kita posisi salah satu sayap 10-15 cm diatas tanah,
15. pertahankan ketinggian terbang tetap lurus,
16. terbang KE rendah lurus, sambil pelan-pelan posisi sayap dikembalikan level,
17. ulangi point 3, point 4, point 5.
18. posisikan level dulu baru inverted,
19. turunkan ketinggian,
20. tetap inverted sampai ujung rudder posisi kira 10-15 cm diatas tanah,
21. pelan-pelan naikkan ketinggian,
22. masuk outside loop 1 kali atau 2 kali,
23. flypass posisi level,
24. masuk manuver split s
25. fly pass,
26. manuver ½ cuban eight,
27. depan kita ganti manuver rolling harrier,
28. rolling harrier figure 8,
29. pas depan kita pesawat climbing,
30. turun dng manuver positif spin,
31. harrier,
32. harrier figure 8,
33. high alpha harrier,
34. mulai cari posisi ujung lapangan,
35. harrier,
36. landing,
Catatan : kalo timer bensin masih nutut, bisa dikombinasi dengan hover 4 posisi di endingkan belly in dan torq roll naik turun naik turun sebentar, krn 2 manuver ini cuman basic 3D, akhir-akhir ini sudah jarang saya praktekkan mengingat sensasinya makin menipis….
Untuk nomor 4 dan 5 kadang saya kombinasikan dengan flat spin, dan nomor 13 s/d nomor 16 kadang saya kombinasikan dengan 4 point roll.
Nah…. dari sedikit manuver yang saya praktekkan di laguna, TERBUKTI bahwa :
Dibutuhkan style pattern supaya terbangnya bagus untuk nomor : 1,2,4,13,14,15,16,18,19,20,21,22,23,24,25,26,29,36
Dan…..
Dibutuhkan style 3D supaya terbangnya bagus untuk nomor : 3,5,6,7,8,9,10,11,12,17,27,28,30,31,32,33,34,35
Jadi….. lepas dari apakah jempol kita masih pas-pasan, lepas apakah pesawat yang kita pake karakternya bisa terbang 3D atau nggak, pendek kata lepas dari hal-hal teknis…… termasuk lepas jika postingan sy ini malah gak nyambung, hehehehe........)
Nyatanya...... terbang terlihat indah dan bagus itu adalah jika kedua kemampuan itu (pattern dan 3D) digabung.
Punya pesawat bisa terbang 3D tapi terbangnya patroli yo eman to ya, punya pesawat pattern tapi terbangnya gaya-gaya hover kan yo ngisin-ngisini. (banyak lho ya msh begini tapi tentunya bukan temen2 di grage).
Sekalian aja terbang pesawat scale, pasti saya no comment…..
Pendeknya….. dari pengalaman praktek terbangin balsa, style pattern dan style 3D adalah 2 kemampuan yang wajib dimiliki pilot aeromodelling karena TERBUKTI saling melengkapi. tanpanya….. apa kata dunia???
Kesimpulan :
Bisa terbang pattern gak mampu terbang 3D = nanggung.
Bisa terbang 3D gak mampu terbang pattern = nanggung.
Gak bisa terbang 3D, gak bisa terbang pattern = penonton.
Demikian, kalo ada salah2 kata dan istilah, mohon maaf sebelumnya.
Salam 3D air keras.
Last edited by pakdesurib on 27 Dec 2010, 23:23, edited 1 time in total.
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: F3A <> 3D kenapa??
quote pakde surip:
Nyatanya...... terbang terlihat indah dan bagus itu adalah jika kedua kemampuan itu (pattern dan 3D) digabung.
Punya pesawat bisa terbang 3D tapi terbangnya patroli yo eman to ya, punya pesawat pattern tapi terbangnya gaya-gaya hover kan yo ngisin-ngisini. (banyak lho ya msh begini tapi tentunya bukan temen2 di grage).
Sekalian aja terbang pesawat scale, pasti saya no comment…..
Pendeknya….. dari pengalaman praktek terbangin balsa, style pattern dan style 3D adalah 2 kemampuan yang wajib dimiliki pilot aeromodelling karena TERBUKTI saling melengkapi. tanpanya….. apa kata dunia???
Kesimpulan :
Bisa terbang pattern gak mampu terbang 3D = nanggung.
Bisa terbang 3D gak mampu terbang pattern = nanggung.
Gak bisa terbang 3D, gak bisa terbang pattern = penonton.
wah cukup lengkap.... thanks suhu pakde surip.... jadi 3D dan F3A harus saling melengkapi ya.... hehe...
siaap suhu....
Musti latihan ngalusin jempol lagi nih...
salam 3D,
AA
Nyatanya...... terbang terlihat indah dan bagus itu adalah jika kedua kemampuan itu (pattern dan 3D) digabung.
Punya pesawat bisa terbang 3D tapi terbangnya patroli yo eman to ya, punya pesawat pattern tapi terbangnya gaya-gaya hover kan yo ngisin-ngisini. (banyak lho ya msh begini tapi tentunya bukan temen2 di grage).
Sekalian aja terbang pesawat scale, pasti saya no comment…..
Pendeknya….. dari pengalaman praktek terbangin balsa, style pattern dan style 3D adalah 2 kemampuan yang wajib dimiliki pilot aeromodelling karena TERBUKTI saling melengkapi. tanpanya….. apa kata dunia???
Kesimpulan :
Bisa terbang pattern gak mampu terbang 3D = nanggung.
Bisa terbang 3D gak mampu terbang pattern = nanggung.
Gak bisa terbang 3D, gak bisa terbang pattern = penonton.
wah cukup lengkap.... thanks suhu pakde surip.... jadi 3D dan F3A harus saling melengkapi ya.... hehe...

siaap suhu....

Musti latihan ngalusin jempol lagi nih...

salam 3D,
AA
- phyque
- Master Sergeant
- Posts: 433
- Joined: 05 Mar 2010, 23:51
- Location: jakarta-cilegon-mojokerto
Re: F3A <> 3D kenapa??
Kesimpulan :
Bisa terbang pattern gak mampu terbang 3D = nanggung.
Bisa terbang 3D gak mampu terbang pattern = nanggung.
Gak bisa terbang 3D, gak bisa terbang pattern = penonton.
karena bisanya cuma terbang patroli & terbang santai glider...jadi klo pada maen 3D & pattern, mundur teratur dulu deh. nonton aja, duduk paling belakang (jadi minder)
Bisa terbang pattern gak mampu terbang 3D = nanggung.
Bisa terbang 3D gak mampu terbang pattern = nanggung.
Gak bisa terbang 3D, gak bisa terbang pattern = penonton.
karena bisanya cuma terbang patroli & terbang santai glider...jadi klo pada maen 3D & pattern, mundur teratur dulu deh. nonton aja, duduk paling belakang (jadi minder)

- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: F3A <> 3D kenapa??
mana nih oom KULA????
Oom..... saya masuk kategori penonton...... 3D ngga bisa. F3A ngga bisa........ PANGSIUN deh...
Oom..... saya masuk kategori penonton...... 3D ngga bisa. F3A ngga bisa........ PANGSIUN deh...
- kula
- Senior Master Sergeant
- Posts: 695
- Joined: 17 Jan 2007, 19:06
- Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya
Re: F3A <> 3D kenapa??
Maap, jaringan inet berantakan...jd gak baca dari awal sampe akhir.
Tapi kalo aku :
Nonton : seneng nonton F3A
Kompor : seneng ngompori org lain utk 3D (penganut prinsip U hepi, I hepi, U gubrak, I lebih hepi....kaboooorrrrrr......wkwkwk)
Terbang sendiri : patroli foreveeehhhh
Nb : maap blm selevel dgn pakdhe Surib, & blm punya pohon duit, jd blm bisa sependapat
Lha wong aku bisa nerbangin WD aja suenenge puooollll...
Mosok WD ku hrs grounded krn gak bisa pattern or 3D... Kan kasian aku Om...
Hrs terusir dari lapangan krn Jempol & Dompet gak mampu ke 3D or Pattern.
Tapi kalo aku :
Nonton : seneng nonton F3A
Kompor : seneng ngompori org lain utk 3D (penganut prinsip U hepi, I hepi, U gubrak, I lebih hepi....kaboooorrrrrr......wkwkwk)
Terbang sendiri : patroli foreveeehhhh
Nb : maap blm selevel dgn pakdhe Surib, & blm punya pohon duit, jd blm bisa sependapat
Lha wong aku bisa nerbangin WD aja suenenge puooollll...
Mosok WD ku hrs grounded krn gak bisa pattern or 3D... Kan kasian aku Om...
Hrs terusir dari lapangan krn Jempol & Dompet gak mampu ke 3D or Pattern.
- kula
- Senior Master Sergeant
- Posts: 695
- Joined: 17 Jan 2007, 19:06
- Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya
Re: F3A <> 3D kenapa??
Nah, kalo terbang spt yg disarankan pakdhe Surib,
Langkah 1-34... Berarti 3D bukan lagi menjadi funfly.. Tp jg sdh menjadi penuh aturan / pola terbang / pattern...
So, bicara ttg terbang "diatur" kyk nya di dlm aliran manapun aturan itu ada deh,
Di 3D pun kan kalo kompetisi ada urutan manuver yg hrs dijalankan, sama aja kyk F3A, bedanya cuma di jenis manuver nya.
Jadi utk Suhu Budi... Mau F3A, mau 3D, mau jd kuli (gw bgt...) Atau juragan Oli , mohon diterima dgn lapang dada & BESAR hati bhw 7 hari seminggu kita akan selalu diatur ....wkwkwkwk
BERAT juga menanggaapi topik dgb BEBAN sebesar ini via BB yg huruf nya kuecil kuecil
Kabooorrrrr lageeeee....wkwkwkw
Langkah 1-34... Berarti 3D bukan lagi menjadi funfly.. Tp jg sdh menjadi penuh aturan / pola terbang / pattern...
So, bicara ttg terbang "diatur" kyk nya di dlm aliran manapun aturan itu ada deh,
Di 3D pun kan kalo kompetisi ada urutan manuver yg hrs dijalankan, sama aja kyk F3A, bedanya cuma di jenis manuver nya.
Jadi utk Suhu Budi... Mau F3A, mau 3D, mau jd kuli (gw bgt...) Atau juragan Oli , mohon diterima dgn lapang dada & BESAR hati bhw 7 hari seminggu kita akan selalu diatur ....wkwkwkwk
BERAT juga menanggaapi topik dgb BEBAN sebesar ini via BB yg huruf nya kuecil kuecil
Kabooorrrrr lageeeee....wkwkwkw
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: F3A <> 3D kenapa??
kula wrote:Nah, kalo terbang spt yg disarankan pakdhe Surib,
Langkah 1-34... Berarti 3D bukan lagi menjadi funfly.. Tp jg sdh menjadi penuh aturan / pola terbang / pattern...
So, bicara ttg terbang "diatur" kyk nya di dlm aliran manapun aturan itu ada deh,
Di 3D pun kan kalo kompetisi ada urutan manuver yg hrs dijalankan, sama aja kyk F3A, bedanya cuma di jenis manuver nya.
Jadi utk Suhu Budi... Mau F3A, mau 3D, mau jd kuli (gw bgt...) Atau juragan Oli , mohon diterima dgn lapang dada & BESAR hati bhw 7 hari seminggu kita akan selalu diatur ....wkwkwkwk
BERAT juga menanggaapi topik dg BEBAN sebesar ini via BB yg huruf nya kuecil kuecil
Kabooorrrrr lageeeee....wkwkwkw
maksudnya apa ya????
anu.....itu..... gini loh Oom Kula, saya itu bukannya nggak mau diatur.......tapi untuk bisa FUN, saya nggak mau ........
soalnya FUN itu SPONTAN........... nggak ada protokolnya.......nggak ada prosedur......
jadi buat saya...(mengutip Eyang Su-31)....... take off, beldili, tail touch, landing(kalo sempat)......... udah HAPPY banget.....
mau cari apa lagi sih oom Kula?????
catatan: itu pun kalo nggak harus landing juga saya ikhlas.....(terjemahkan sendiri

- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: F3A <> 3D kenapa??
satu lagi......
saya terbang untuk saya sendiri, bukan untuk yang nonton....... jadi ya terbang suka suka saya TOH! yang penting HAPPY......
(genderang perang di tabuh lebih keras
)
kalo terbang buat penonton, saya ngga bisa, .....bisanya nonton Bli Ary, Kak Dimas, Pak De Surib..(sekarang malah oom AA) udah cukup happy dan puaaaas.......
saya terbang untuk saya sendiri, bukan untuk yang nonton....... jadi ya terbang suka suka saya TOH! yang penting HAPPY......
(genderang perang di tabuh lebih keras

kalo terbang buat penonton, saya ngga bisa, .....bisanya nonton Bli Ary, Kak Dimas, Pak De Surib..(sekarang malah oom AA) udah cukup happy dan puaaaas.......