Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)
Iya bener kata pakde NF, jawaban A, nah yg C dan B akan otomatis ngikutin ( C dulu baru ketemu B, sebab yg kayak dua sisi koin itu ya A dan C)
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)
yang jawaban untuk D adalah
..............................
dan selamat
lagi ya........ 


dan selamat



- redsky767
- Senior Airman
- Posts: 172
- Joined: 15 May 2009, 11:01
- Location: Banda Aceh
- Contact:
Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)



makasih sekali lagi para suhu....
wah keliatannya sy harus ngambil ground class aeromodelling nih....




dulu kalo mata pelajaran eksakta nilainya merah terus....

tapi nanti sy nanya2 lagi ya suhu...

- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)
...............go on.....................
karena Grage Aeromodeling adalah tempat
dan smoga mbantu dan bermanfaat untuk sehat.............
..., kok rada ga nyambung ya ?????

karena Grage Aeromodeling adalah tempat



- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)
ikutan nimbrung ya om iwan ..
yg namanya pesawat ringan itu ya wingloading nya kecil.
thrust to weight ratio ? ini mah cuman berlaku buat pesawat 3D ...
power loading ? yg ini saya kurang nangkep maksudnya. kalo glider tanpa mesin gimana power loading nya ? apa jadi berat atau ringan kalo powernya nol ?
konsep dasarnya pesawat bisa terbang itu kan karena lift dari sayap. bukan dari power (lagi2 kecuali 3D).
Power digunakan untuk maju, bukan untuk lift. jadi kalau motor yg sama, dg batt yg sama, tentu waktu terbangnya juga sama, nggak perduli beratnya berapa.
perbedaannya begini :
stall speed berbanding lurus sama wing loading.
jadi kalau misalnya sebuah pesawat punya stall speed 10 km/jam (artinya kalau airspeed dibawah 10km/jam itu pesawat nggak bakal bisa terbang) yg mana terjadinya saat throtle pada posisi 30%, lalu ditambahin beratnya jadi 2 kali lipat, stall speed nya bakal jadi 20 km/jam. artinya kalau throtle tetep di 30%, itu pesawat nggak bisa terbang. jadi supaya bisa terbang throtle harus ditambah kira2 jadi 60%.
nah, ini yg bikin batt jadi lebih cepet habis ...
om iwan, mohon koreksinya kalau saya keliru ...
yg namanya pesawat ringan itu ya wingloading nya kecil.
thrust to weight ratio ? ini mah cuman berlaku buat pesawat 3D ...
power loading ? yg ini saya kurang nangkep maksudnya. kalo glider tanpa mesin gimana power loading nya ? apa jadi berat atau ringan kalo powernya nol ?
konsep dasarnya pesawat bisa terbang itu kan karena lift dari sayap. bukan dari power (lagi2 kecuali 3D).
Power digunakan untuk maju, bukan untuk lift. jadi kalau motor yg sama, dg batt yg sama, tentu waktu terbangnya juga sama, nggak perduli beratnya berapa.
perbedaannya begini :
stall speed berbanding lurus sama wing loading.
jadi kalau misalnya sebuah pesawat punya stall speed 10 km/jam (artinya kalau airspeed dibawah 10km/jam itu pesawat nggak bakal bisa terbang) yg mana terjadinya saat throtle pada posisi 30%, lalu ditambahin beratnya jadi 2 kali lipat, stall speed nya bakal jadi 20 km/jam. artinya kalau throtle tetep di 30%, itu pesawat nggak bisa terbang. jadi supaya bisa terbang throtle harus ditambah kira2 jadi 60%.
nah, ini yg bikin batt jadi lebih cepet habis ...
om iwan, mohon koreksinya kalau saya keliru ...
- redsky767
- Senior Airman
- Posts: 172
- Joined: 15 May 2009, 11:01
- Location: Banda Aceh
- Contact:
Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)
christoffel wrote:ikutan nimbrung ya om iwan ..
yg namanya pesawat ringan itu ya wingloading nya kecil.
thrust to weight ratio ? ini mah cuman berlaku buat pesawat 3D ...
power loading ? yg ini saya kurang nangkep maksudnya. kalo glider tanpa mesin gimana power loading nya ? apa jadi berat atau ringan kalo powernya nol ?
konsep dasarnya pesawat bisa terbang itu kan karena lift dari sayap. bukan dari power (lagi2 kecuali 3D).
Power digunakan untuk maju, bukan untuk lift. jadi kalau motor yg sama, dg batt yg sama, tentu waktu terbangnya juga sama, nggak perduli beratnya berapa.
perbedaannya begini :
stall speed berbanding lurus sama wing loading.
jadi kalau misalnya sebuah pesawat punya stall speed 10 km/jam (artinya kalau airspeed dibawah 10km/jam itu pesawat nggak bakal bisa terbang) yg mana terjadinya saat throtle pada posisi 30%, lalu ditambahin beratnya jadi 2 kali lipat, stall speed nya bakal jadi 20 km/jam. artinya kalau throtle tetep di 30%, itu pesawat nggak bisa terbang. jadi supaya bisa terbang throtle harus ditambah kira2 jadi 60%.
nah, ini yg bikin batt jadi lebih cepet habis ...
om iwan, mohon koreksinya kalau saya keliru ...
suhu christoffel makasih atas bimbingannya juga


konteks pertanyaan sy adalah untuk pesawat electric powered
- redsky767
- Senior Airman
- Posts: 172
- Joined: 15 May 2009, 11:01
- Location: Banda Aceh
- Contact:
Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)
duh..sorry double posting 

- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)
christoffel wrote:ikutan nimbrung ya om iwan ..
yg namanya pesawat ringan itu ya wingloading nya kecil.
thrust to weight ratio ? ini mah cuman berlaku buat pesawat 3D ...
power loading ? yg ini saya kurang nangkep maksudnya. kalo glider tanpa mesin gimana power loading nya ? apa jadi berat atau ringan kalo powernya nol ?
konsep dasarnya pesawat bisa terbang itu kan karena lift dari sayap. bukan dari power (lagi2 kecuali 3D).
Power digunakan untuk maju, bukan untuk lift. jadi kalau motor yg sama, dg batt yg sama, tentu waktu terbangnya juga sama, nggak perduli beratnya berapa.
perbedaannya begini :
stall speed berbanding lurus sama wing loading.
jadi kalau misalnya sebuah pesawat punya stall speed 10 km/jam (artinya kalau airspeed dibawah 10km/jam itu pesawat nggak bakal bisa terbang) yg mana terjadinya saat throtle pada posisi 30%, lalu ditambahin beratnya jadi 2 kali lipat, stall speed nya bakal jadi 20 km/jam. artinya kalau throtle tetep di 30%, itu pesawat nggak bisa terbang. jadi supaya bisa terbang throtle harus ditambah kira2 jadi 60%.
nah, ini yg bikin batt jadi lebih cepet habis ...
om iwan, mohon koreksinya kalau saya keliru ...
hihihihihihiii..terima kasih suhu Christ udah dikoreksi ama dibenerin nih, maklum ilmu saya kelas SOTOY..
- redsky767
- Senior Airman
- Posts: 172
- Joined: 15 May 2009, 11:01
- Location: Banda Aceh
- Contact:
Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)
para suhu ....
sore ini rencana murid akan melakukan test flight untuk mengamalkan jurus2 yg telah diberikan...
Data pesawatnya ini :
flight test #1 :
AUW : 1200 gram
Wingloading : 40 gr/sq.dm
ESC : HK 25 - 30 Amp
Motor : twin motor Revox 2808 - 1900 (Max . Permisible Current : 27 A, Running Current 24 A)
Battery : 2250 mAh (3s1p)
Watt Power : 500 watt (over limit) <<< Full Throttle (di tes static pake watt meter)
Load Current : 45 A (over limit) <<< Full Throttle (di tes static pake watt meter) motor lumayan panas, tapi masih bisa dipegang.
flight test #2 :
AUW : 1200 gram
ESC : HK 25 - 30 AmpWingloading : 40 gr/sq.dm
Motor : twin motor Revox 2808 - 1900 (Max . Permisible Current : 27 A, Running Current 24 A)
Battery : 3200 mAh (3s2p) ( 2 batre 1600 mAh di paralel)
Watt Power : 250 watt (over limit) <<< setengah Throttle (motornya adem)
Load Current :22 A (over limit) <<< setengah hrottle
mudah2an flight test nya jadi sore ini
nanti terbangnya (juga buat take off) pake setengah throttle aja(50%)
nanti sy laporin deh gimana lama terbangnya...


sore ini rencana murid akan melakukan test flight untuk mengamalkan jurus2 yg telah diberikan...
Data pesawatnya ini :
flight test #1 :
AUW : 1200 gram
Wingloading : 40 gr/sq.dm
ESC : HK 25 - 30 Amp
Motor : twin motor Revox 2808 - 1900 (Max . Permisible Current : 27 A, Running Current 24 A)
Battery : 2250 mAh (3s1p)
Watt Power : 500 watt (over limit) <<< Full Throttle (di tes static pake watt meter)
Load Current : 45 A (over limit) <<< Full Throttle (di tes static pake watt meter) motor lumayan panas, tapi masih bisa dipegang.
flight test #2 :
AUW : 1200 gram
ESC : HK 25 - 30 AmpWingloading : 40 gr/sq.dm
Motor : twin motor Revox 2808 - 1900 (Max . Permisible Current : 27 A, Running Current 24 A)
Battery : 3200 mAh (3s2p) ( 2 batre 1600 mAh di paralel)
Watt Power : 250 watt (over limit) <<< setengah Throttle (motornya adem)
Load Current :22 A (over limit) <<< setengah hrottle
mudah2an flight test nya jadi sore ini
nanti terbangnya (juga buat take off) pake setengah throttle aja(50%)
nanti sy laporin deh gimana lama terbangnya...


