Budiman wrote:Pak Anelah, Nampaknya Anda hanya berpedoman pada angka2 pada Tx saja. Alasan dan tujuan penggunaan pitch gauge telah saya jelaskan sebelumnya. Pitch gauge sebagai sebuah tool,selalu menunjukkan hasil yg akurat ,bahkan tool ini mampu memberikan indikasi awal pd kita apakah mekanikal pd rotor head assy telah sesuai ato tidak. Sekarang tinggal bagaimana menggunakannya dg benar. Jika heli justru take-off pada posisi full stick throttle/pitch/rudder ,maka kemungkinan yg terjadi: - adjustment pitch main blade yg salah - kesalahan penggunaan pitch gauge - kesalahan panjang pendek linkage rod ato mechanical failure pd rotor head assy. - setting point yg tdk sesuai pd menu swashplate CCPM 'pitch' di Tx.
Saran dari saya: Kembali mencermati setiap bagian dari rotor head assy dan setiap linkage rod, termasuk bearing ball, dimulai dr swashplate hingga ke atas, yaitu rotor housing, main blade grip,feathering shaft,termasuk thrust bearing(jika menggunakan) sesuai dg manual book.Pokoknya satu set rotor head dicek ulang deh.
anelah wrote: walah bahasa indonesia saya susah dimengerti rupanya. throttle =1 itu posisi stick throttle mentok keatas, 1/2 berada ditengah2 dan 0 paling bawah. Jadi normal mode pada settingan heli saya: th=1 pitch=+11 tx-pi-cv=100% th=1/2 pitch=+5 tx-pi-cv=73% th=0 pitch=-4 tx-pi-cv=32%
Dengan melihat angka2 tersebut bahwa pada heli om Anelah telah di setting oleh teknisinya ( yang menyeting ) sebelumnya sebagai berikut :
Jadi seyogyanya... jika pak anelah menyeting curve pada tx linear antara 0 % hingga 100% maka sudah di pastikan akan mendapatkan derajat pitch pada heli -11 s/d +11 derajat.
Akan tetapi..., seyogyanya bila mau kembali menyeting curve pitch pada tx juga mengecek pitch di di heli dengan menggunakan pitch gauge
Yudha wrote:Om anelah kalau sudah nyaman dengan cara itu ya silakan saja, ngga melanggar hukum kok Main heli jangan dibuat bingung, enjoy azaaa....
Setuju... daripada pusing mikir setting tx dan pitch gauge, yang penting heli mabur sesuai feel nya om anelah ya sudah... yg penting enjoy aja, yang penting safety aja