Suhu christoffel, pengen ikut belajar nih boleh kan.
Pada umumnya di pesawat model kan flap nya bukan slotted jadi secara total kan enggak nambah wing area melainkan fungsinya lebih menambah coefficient drag doang kan yg sebetulnya pada power yg sama tapi mengakibatkan gerakan pesawat lebih pelan saja jadi tidak sepenuhnya mengurangi stall speed yg diakibatkan karena berkurangnya power
Gitu enggak ya kira2 suhu, maaf ya kalo pertanyaan atau logika saya tidak benar adanya maklum baru belajar NIH soal penggunaan flap
Salam
tentang flap
Moderator: NGL
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
- fadliputra
- Technical Sergeant
- Posts: 369
- Joined: 21 Jun 2010, 15:17
- Location: aceh utara
- Contact:
Re: tentang flap
sewaktu take off maka flap di buka 40derjat maka posisi elevator'a netra aja apa yg terjadi suhu..?
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: tentang flap
betul suhu toto ...
kalau yg umum dipake, kan cuman seperti aileron aja, cuman arah geraknya searah.
meski nggak nambah wing area, tapi bentuk airfoil nya kan berubah jadi under chambered. AOA nya juga bertambah.
jadi memang Lift-nya juga nambah (drag juga tambah). Efek dari CL yg nambah ini akan bikin stall speed juga berkurang ...
btw, saya pernah baca di majalah MAN, DIY untuk sloted TE flaps, dan juga untuk Leading edge flaps. pake balsa lho ...
%fadliputra
saya nggak bisa comment tentang derajat flap, karena sangat relatif.
biasanya pake persentase. misalnya 40%, disini berarti 40% dari maximum extended, tapi kan nggak tau flap nya sebesar apa, dan max sudutnya berapa ...
sama2 40 derajat, tapi kalau aileronnya (pada system dengan flaperon) pesawat 3D kan bisa sampe 40% chord, sedangkan pada pesawat trainer biasanya aileron cuman 10% chord. beda banget efeknya ...
yg bisa saya bilang, saat flap aktif, biasanya pesawat jadi agak down (munukik) karena bentuk airfoil barunya yg melengkung kebawah menimbulkan penambahan momen putar. jadi biasanya perlu dikoreksi elevator up sedikit.
pada beberapa kasus (jarang terjadi) karena faktor design nya, pesawat malah akan mendongak karena penambahan lift nya lebih dominan dari pada penambahan momen putar nya.
jadi, yg paling gampang dicoba aja dulu saat terbang ...
saat flap di aktifkan biasanya aileron jadi tumpul, jadi perlu waspada biar nggak kaget.
kalau yg umum dipake, kan cuman seperti aileron aja, cuman arah geraknya searah.
meski nggak nambah wing area, tapi bentuk airfoil nya kan berubah jadi under chambered. AOA nya juga bertambah.
jadi memang Lift-nya juga nambah (drag juga tambah). Efek dari CL yg nambah ini akan bikin stall speed juga berkurang ...
btw, saya pernah baca di majalah MAN, DIY untuk sloted TE flaps, dan juga untuk Leading edge flaps. pake balsa lho ...
%fadliputra
saya nggak bisa comment tentang derajat flap, karena sangat relatif.
biasanya pake persentase. misalnya 40%, disini berarti 40% dari maximum extended, tapi kan nggak tau flap nya sebesar apa, dan max sudutnya berapa ...
sama2 40 derajat, tapi kalau aileronnya (pada system dengan flaperon) pesawat 3D kan bisa sampe 40% chord, sedangkan pada pesawat trainer biasanya aileron cuman 10% chord. beda banget efeknya ...
yg bisa saya bilang, saat flap aktif, biasanya pesawat jadi agak down (munukik) karena bentuk airfoil barunya yg melengkung kebawah menimbulkan penambahan momen putar. jadi biasanya perlu dikoreksi elevator up sedikit.
pada beberapa kasus (jarang terjadi) karena faktor design nya, pesawat malah akan mendongak karena penambahan lift nya lebih dominan dari pada penambahan momen putar nya.
jadi, yg paling gampang dicoba aja dulu saat terbang ...
saat flap di aktifkan biasanya aileron jadi tumpul, jadi perlu waspada biar nggak kaget.
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: tentang flap
terima kasih atas pencerahannya suhu christoffel jadi nambah wawasan saya nih
salam
salam
- superman
- Staff Sergeant
- Posts: 259
- Joined: 12 Jul 2007, 19:41
- Location: Bekasi Timur
Re: tentang flap
Kali ajah masih ada yg butuh, saya punya macam2 flaps


Ma'affff rada burem adanya...


Ma'affff rada burem adanya...

- fahreza
- Airman
- Posts: 37
- Joined: 20 Aug 2011, 21:52
- Location: Bengkulu
Re: tentang flap
Om nubie mau nanya nih
.....kalo pada plane yg delta wing,biasanya digunakan setting elevon...nah kalo di samping elevator kita kasi flap,gimana jadinya?bakal menukik kah?
apakah kita harus nyetting pake canard supaya pas flap turun canard jaga posisi nose tetap stabil dan tidak menukik sampai meluncur??
mkasih om...
Salam





Salam


- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: tentang flap
definitely no. not on elevon RC plane...
- madesatya
- Airman First Class
- Posts: 95
- Joined: 24 Apr 2011, 18:58
- Location: Surabaya,Rungkut
- Contact:
Re: tentang flap
permisi om numpang tanya sekalian...saya pake cessna engine .46 dan disertakan flap juga.ini pengalaman pribadi saya,pada saat manuver belok dan flap sudah turun kira" 10% tiba" pesawat STALL karena kehilangan kecepatan dan akhirnya tidak bs di recovery dan crash.nah yg menjadi pertanyaan apakah flap ini hanya di gunakan saat lurus dg runway dan menurun ataukah bisa untuk manuver sebelum kearah runway?kalau untuk take off memang terasa lebih pendek jarak yg digunakan.tolong beri pencerahan supaya tidak crash lg gara" flap...




- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: tentang flap
madesatya wrote:permisi om numpang tanya sekalian...saya pake cessna engine .46 dan disertakan flap juga.ini pengalaman pribadi saya,pada saat manuver belok dan flap sudah turun kira" 10% tiba" pesawat STALL karena kehilangan kecepatan dan akhirnya tidak bs di recovery dan crash.nah yg menjadi pertanyaan apakah flap ini hanya di gunakan saat lurus dg runway dan menurun ataukah bisa untuk manuver sebelum kearah runway?kalau untuk take off memang terasa lebih pendek jarak yg digunakan.tolong beri pencerahan supaya tidak crash lg gara" flap...![]()
![]()
lah iya, kata orang2 tua sbb :
pakelah flap saat pesawat udah lurus ..
jangan pake flap saat masih manuver (kecuali maneuver flap di pesawat tempur beneran)

- madesatya
- Airman First Class
- Posts: 95
- Joined: 24 Apr 2011, 18:58
- Location: Surabaya,Rungkut
- Contact:
Re: tentang flap
iwan21 wrote:lah iya, kata orang2 tua sbb :
pakelah flap saat pesawat udah lurus ..
jangan pake flap saat masih manuver (kecuali maneuver flap di pesawat tempur beneran)
matur nuwun suhu iwan atas petuahnya...besok" ga lg deh pake flap saat masih manuver..


