TOLONG KASIHTAU keunikan, keuntungan, beserta kerugian dari masing2 sayap tsb dan jenis2 pesawat yang memakainya, juga airfoilnya yg cocok.... Please ya, karena ini mungkin dapat membantu kita dalam segala hal per- pesawatan...
constant chord -> dari pangkal sampe ujung, lebar sayap sama. Tapered -> dari center gede, mengecil di ujung,
Tapered dan konstant chord sendiri cuman bentuk sayapnya saja. Kalo dilihat dari atas, yang satu persegi panjang, yang satu ngga.
kalo swept ya bisa swept ke depan seperti x-29 ato kebelakang seperti pesawat jet umumnya. Kalo swept bisa jagi constant chord, ato tapered. Swept itu sendiri keuntungannya adalah saat terbang di highspeed dia lebih eficient and less drag. Swept ke belakang sudah tentu less drag, kalo kedepan hasilnya pesawat sangat lincah tapi susah dikendalikan.
Tapi kalo low speed, swept wing kurang bekerja dengan baik, makanya pesawat seperti F-14 bisa di atur derajat sayapnya, kalo lg perlu highspeed, dia swept ke belanakang, kalo perlu kelincahan dalam low speed fighting dia membuka.
stagered kalo gak salah sayap tumpuk. Biasanya sayap lebih pendek dari yang cuman satu sayap. Kalo yang tumpuk 3 udah gak jamannya, paling banter tumpuk 2.
Kalo jaman dulu karena pengetahuan masih kurang, terutama dalam hal performa mesin untuk tenaga, maka mereka bikin yang sayap 3 bahkan lebih, tujuannya untuk menambah daya angkat.