Budiman wrote:Saya mulai menemukan titik terangnya, tapi perlu pembuktian lebih dulu di lapangan...terima kasih segala masukan dan perhatiannya.....
salam,
budiman

Om Budiman sudah bisakah di share titik terangnya...


Budiman wrote:Saya mulai menemukan titik terangnya, tapi perlu pembuktian lebih dulu di lapangan...terima kasih segala masukan dan perhatiannya.....
salam,
budiman
didin wrote:Asyik juga menyimak pembahasan teori tingkat tinggi dari sebuah heli terhadap gerakan yang dilakukan.
Saya hanya berpendapat, gerakan heli yang totally smooth ditentukan oleh power system, setting hardware, setting software dan skill sang pilot.
Kalau yang lain secara teori sudah dirancang sedemikian rupa oleh enggineer nya sesuai peruntukan helinya, apakah untuk terbang presisi atau terbang 3D.
Mohon maaf kalau nggak berkenan, hanya sekedar ngemukakan pendapat.
Maklum, soal rc heli nggak punya pengalaman, apalagi ilmunya.
Salam,
Budiman wrote:Faktor apakah yg mempengaruhi roll-rate heli utk axial roll?..apakah roll rate heli bisa diubah sesuai dgn keinginan kita,tanpa menyebabkan bogging-nya engine?
Mohon pencerahan dan terimakasih sebelumnya?
budi.santoso wrote:Budiman wrote:Faktor apakah yg mempengaruhi roll-rate heli utk axial roll?..apakah roll rate heli bisa diubah sesuai dgn keinginan kita,tanpa menyebabkan bogging-nya engine?
Mohon pencerahan dan terimakasih sebelumnya?
Maaf sebelumnya krn sy baru OL lagi hari ini.
Sy juga masih terus belajar koq.. Main ginian masalah gak ada habisnya. Setiap hari ada aja problem baruu..
Kalo pengertian Roll Rate itu sendiri spt yg disebutkan oleh pak Budi, maka kemampuan Roll Rate itu dipengaruhi pula salah satu faktornya adalah sudut kemiringan dr swashplate.
Kalo di kita2 itu sering pertanyakan "cyclicnya berapa deg?"
Semakin besar sudut yg dihasilkan otomatis akan mempengaruhi kecepatan heli melakukan roll.
Kalo ditanya, apakah roll rate bisa diubah2 sesuai keinginan kita? Tentu saja bisa, dgn catatan sejauh mekanikal tidak ada yg binding..
Faktor2 yg memperngaruhi Roll Rate itu byk, antara lain:
1. Derajat kemiringan SwashPlate.
2. Berat paddle
3. Panjang flybar rod
4. Setting engine yg pas (biasanya kalo setting engine tdk pas gejalanya bogging).
5. Termasuk yg disebutkan oleh pak Budi perihal jarak posisi flybar ke center dr body heli, itu dilihat dr basic design suatu heli.
6. Skill seseorang
7. dll
Untuk faktor no.6, kenapa skill ikut mempengaruhi?
Krn semakin baik/bisa dia melakukan management pitch, semakin ringan pula beban yg bisa dia(pilot) berikan kpd engine.
budi.santoso wrote:@Budiman: Sy kalo ditanya pake berapa? Sy utk Trex600 pake cyclic swashplate 7deg.
Pada Trex700, untuk mendapatkan cyclic yg sama feelingnya sptnya sy pake sudut swashplate yg agak lebih besar.
Secara basic sebenarnya itu disesuaikan dgn habits tangan seseorang dan design dr rotor head setiap heli. Tiap orang dan tiap heli beda2 settingnya.
Soal bogging, sebelumnya sy mau tanya juga, apakah settingan engine sdh benar?
Sebab kalo settingan engine belum maksimal, otomatis berpengaruh sekali terhadap terjadinya bogging engine.
Engine akan bogging krn dia kelebihan beban. Kenapa dia bisa kelebihan/tdk sanggup menerima beban besar? ya balik lagi, krn settingan engine belum pas. Semakin besar pitch yg kita gunakan tentunya semakin besar beban yg akan diterima oleh engine.
Kalo sy lagi adjustment engine, yg sy lakukan tdk hanya pumping saja krn itu belum memberi beban maksimal kpd engine.
Beban maksimal adalah beban dmana engine menerima pitch paling besar. Dmana pitch yg paling besar? yaitu Pitch maksimum + derajat swashplate. Misalkan, pitch kita setting di +-12deg. Sudut cyclic 7deg. Kalo kita melakukan fast forward trus kita up 50% elevator sampai heli spt melakukan stall turn,, itu pitch masuk sampai hampir 15.5deg. Rumusannya 12+3.5=15.5(coba ukur pake pitch gauge).
Naah, kalo engine sdh sanggup menerima beban ini, berarti engine sdh OK..
Pitch ketika rolling.
Secara teoritis, pitch yg diterima engine ketika heli melakukan rolling satu sumbu lurus adalah sbb:
Ketika heli diposisi normal/invert 5-6deg(kalo lebih dr 5-6deg, heli pasti ngebuang rollingnya).
Ketika heli posisi knife edge, stick throttle hrsnya pada posisi tengah(50%) atau pd 0deg tp kenyataannya dia ada pitch 7 deg, yg timbul akibat dr sudut swashplate krn input aileron(kalo setting sudut swahplate 7deg)..
Naah balik lagi, kalo engine sdh sanggup menerima beban pitch sebesar 15.5deg maka secara matematis dia sanggup melakukan rolling krn beban yg timbul tdk terlalu besar.
Mengenai tipikal Main Blade, kalo yg dimaksud itu adalah berat, bentuk dan bahannya..tentu saja ada memberi pengaruh ke roll rate.
Tapi yg paling signifikan itu adalah di berat paddle, panjang flybar rod dan sudut kemiringan swashplate.
Kurang lebih spt itulah yg sy tau pak.. Mungkin ada senior2 lain yg bisa menambahkan atau mengoreksi penjelasan sy kalo ada yg salah..
Salam,
budi.santoso wrote:@Budiman: Sy kalo ditanya pake berapa? Sy utk Trex600 pake cyclic swashplate 7deg.
Pada Trex700, untuk mendapatkan cyclic yg sama feelingnya sptnya sy pake sudut swashplate yg agak lebih besar.
Secara basic sebenarnya itu disesuaikan dgn habits tangan seseorang dan design dr rotor head setiap heli. Tiap orang dan tiap heli beda2 settingnya.
Soal bogging, sebelumnya sy mau tanya juga, apakah settingan engine sdh benar?
Sebab kalo settingan engine belum maksimal, otomatis berpengaruh sekali terhadap terjadinya bogging engine.
Engine akan bogging krn dia kelebihan beban. Kenapa dia bisa kelebihan/tdk sanggup menerima beban besar? ya balik lagi, krn settingan engine belum pas. Semakin besar pitch yg kita gunakan tentunya semakin besar beban yg akan diterima oleh engine.
Kalo sy lagi adjustment engine, yg sy lakukan tdk hanya pumping saja krn itu belum memberi beban maksimal kpd engine.
Beban maksimal adalah beban dmana engine menerima pitch paling besar. Dmana pitch yg paling besar? yaitu Pitch maksimum + derajat swashplate. Misalkan, pitch kita setting di +-12deg. Sudut cyclic 7deg. Kalo kita melakukan fast forward trus kita up 50% elevator sampai heli spt melakukan stall turn,, itu pitch masuk sampai hampir 15.5deg. Rumusannya 12+3.5=15.5(coba ukur pake pitch gauge).
Naah, kalo engine sdh sanggup menerima beban ini, berarti engine sdh OK..
Pitch ketika rolling.
Secara teoritis, pitch yg diterima engine ketika heli melakukan rolling satu sumbu lurus adalah sbb:
Ketika heli diposisi normal/invert 5-6deg(kalo lebih dr 5-6deg, heli pasti ngebuang rollingnya).
Ketika heli posisi knife edge, stick throttle hrsnya pada posisi tengah(50%) atau pd 0deg tp kenyataannya dia ada pitch 7 deg, yg timbul akibat dr sudut swashplate krn input aileron(kalo setting sudut swahplate 7deg)..
Naah balik lagi, kalo engine sdh sanggup menerima beban pitch sebesar 15.5deg maka secara matematis dia sanggup melakukan rolling krn beban yg timbul tdk terlalu besar.
Mengenai tipikal Main Blade, kalo yg dimaksud itu adalah berat, bentuk dan bahannya..tentu saja ada memberi pengaruh ke roll rate.
Tapi yg paling signifikan itu adalah di berat paddle, panjang flybar rod dan sudut kemiringan swashplate.
Kurang lebih spt itulah yg sy tau pak.. Mungkin ada senior2 lain yg bisa menambahkan atau mengoreksi penjelasan sy kalo ada yg salah..
Salam,